Tips Memilih Lokasi Swab PCR Terdekat 

swab pcr terdekat

Anda tentu tahu bahwa Swab PCR adalah salah satu cara mendeteksi apakah seseorang terinfeksi dengan virus Covid-19 atau tidak. Anda bebas memilih lokasi Swab PCR terdekat untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

Ada banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan Swab PCR, mulai dari rumah sakit, klinik, sampai dengan laboratorium medis. Dimanapun lokasi yang Anda pilih, pastikan Anda melakukan persiapan dengan baik.

Mempersiapkan diri sebelum mendatangi lokasi Swab PCR Terdekat

Prosedur tes Swab PCR sebenarnya cukup singkat dan mudah. Karena itu, tidak ada persiapan khusus yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan tes tersebut.

Akan tetapi, Anda mungkin perlu mempersiapkan diri untuk memilih lokasi Swab PCR terdekat yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini pertimbangan yang perlu Anda persiapkan: 

  • Berapa harga Swab PCR?

Setiap fasilitas kesehatan menetapkan harga yang beragam untuk prosedur Swab PCR. Kecuali jika Anda memilih fasilitas kesehatan milik pemerintah, maka kemungkinan besar harganya relatif sama.

Perbedaan harga Swab PCR ditentukan oleh durasi yang diperlukan untuk menanti hasil pemeriksaan. Ada rumah sakit yang menyediakan pilihan durasi selama kurang dari 24 jam, satu hari, dua hari, atau ada juga yang sampai tiga hari.

Semakin lama durasi yang Anda perlukan untuk menanti hasil, maka semakin rendah tarif Swab PCR-nya. Akan tetapi, semakin cepat durasinya, maka akan semakin tinggi biayanya. 

  • Bagaimana metode tesnya?

Pada dasarnya, Swab PCR dilakukan dengan cara pengambilan sampel menggunakan alat usap khusus. Metode ini jelas berbeda dengan rapid test yang menggunakan darah sebagai sampel.

Akan tetapi, ada perbedaan lain pada metode pengambilan sampel untuk Swab PCR. Ada rumah sakit yang menyediakan layanan Swab PCR secara drive thru dan ada yang tidak.

Bila Anda ingin proses pemeriksaan yang lebih simpel. Anda bisa memilih layanan swab drive thru. Jadi, Anda tidak perlu turun dari mobil dan tidak perlu takut melakukan kontak fisik secara tidak sengaja dengan orang lain. 

Pertimbangkan kedua hal di atas sebelum menentukan lokasi Swab PCR terdekat yang Anda inginkan. 

Akurasi Swab PCR

Tes ini bekerja dengan mendeteksi materi genetik virus yang menyebabkan Covid-19. Fragmen virus tetap bisa dideteksi melalui Swab PCR, bahkan setelah Anda pulih dari infeksi sekalipun.

Prosedur tes dilakukan dengan pengujian sampel. Sampel akan diambil dari cairan pernapasan atau lendir yang diusap dari saluran pernasan atau tenggorokan Anda. 

Petugas medis akan memasukkan alat usap khusus melalui lubang hidung atau mulut Anda untuk mengambil sampel tersebut. 

Swab PCR memang bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan guna mendeteksi keberadana virus dalam tubuh Anda. Akan tetapi, dibandingkan dengan jenis pemeriksaan yang lain, Swab PCR memiliki tingkat akurasi yang paling tinggi. 

Pemeriksaan dengan Swab PCR dijadikan sebagai standar terbaik oleh organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO). Jadi, Anda bisa mempercayai hasil yang ditunjukkan oleh Swab PCR. 

Salah satu kelemahan dari Swab PCR adalah durasi yang dibutuhkan untuk menunjukkan hasil dari pemeriksaan. Tidak seperti rapid test yang hanya memakan waktu 10-15 menit, Swab PCR memerlukan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Ketika akan memilih lokasi Swab PCR terdekat, pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *