Tekanan Darah Normal dan Penyakit yang Mengintai

Tekanan Darah Normal dan Penyakit yang Mengintai

Pernah dengar anjuran untuk mengurangi konsumsi garam agar tekanan darah normal? Soalnya jika jumlahnya berlebihan, garam bisa membuat tekanan darah seseorang naik. Tekanan darah normal menjadi sangat penting jika Anda tidak ingin terkena masalah kesehatan serius. Wajarnya ukuran tekanan darah normal adalah 120/90. Jika lebih daripada itu, Anda bisa tergolong tekanan darah tinggi. Sebaliknya jika jauh di bawah ambang normal, Anda terklasifikasi sebagai pengidap tekanan darah rendah. 

Berhati-hatilah apabila Anda memiliki tekanan darah yang jauh dari normal. Ini karena tekanan darah yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah bisa menyeret Anda ke berbagai penyakit komplikasi yang serius. Bahkan kadang-kadang ditemukan kasus adanya kematian mendadak yang dipicu oleh tekanan darah yang tidak normal. 

Agar Anda lebih mawas diri, mengetahui beragam penyakit yang merupakan komplikasi dari masalah tekanan darah sangatlah penting. Berikut ini beberapa penyakit serius yang kerap berhubungan dengan masalah tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah. 

  1. Serangan Jantung 

Kematian mendadak banyak berasal dari kasus serangan jantung. Untuk mencegahnya, salah satu antisipasi terbaik adalah menjaga tekanan darah normal. Ini karena serangan jantung kerap terpicu oleh tekanan darah yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Pasalnya, kondisi tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penebalan arteri. Sementara itu, tekanan darah rendah bisa mengacak-acak irama jantung Anda. 

  1. Gagal Jantung 

Masalah jantung lainnya yang mengintai seseorang dengan tekanan darah tinggi adalah gagal jantung. Pasalnya ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi, pompa jantung bekerja lebih keras sehingga kemungkinan rusak akan semakin besar. Maka ketika gagal jantung Anda alami, organ vital ini bisa tidak mampu memenuhi kebutuhan darah dan oksigen organ-organ tubuh yang lain. 

  1. Stroke 

Ketika Anda mengalami tekanan darah tinggi, bersiaplah dengan kemungkinan terburuk bahwa akan banyak pembuluh darah di tubuh Anda yang mengalami pengerasan. Tentunya pengerasan tidak hanya terjadi pada jantung, melainkan juga sangat rentan menyasar otak Anda. Jika pembuluh darah otak mengalami penebalan akibat tekanan darah Anda tidak normal, kemungkinan mengalami stroke pun bisa semakin besar. 

  1. Aneurisma 

Aneurisma merupakan kondisi ketika penonjolan pembuluh darah akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang lemah sangat mungkin disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi. Penonjolan tersebut bisa sangat mengancam jiwa. Pasalnya jika pembuluh darah pecah di bagian organ vital, seperti otak, jantung, maupun paru-paru, kesempatan Anda bertahan hidup bisa sangat tipis. 

  1. Demensia 

Tekanan darah normal sangat berhubungan dengan kemampuan Anda mengingat sesuatu. Pasalnya ketika tekanan darah terlalu tinggi, pembuluh darah akan menyempit sehingga kebutuhan darah dan oksigen ke otak bisa tidak terpenuhi. Begitupun ketika tekanan darah terlalu rendah, tubuh akan kehilangan cukup banyak oksigen sehingga tidak mampu menyuplai otak secara optimal. Alhasil, berbagai penyakit gangguan memori, khususnya demensia, siap menyerang Anda. 

  1. Diabetes 

Tekanan darah yang terlalu tinggi akan membuat Anda mengalami sindrom metabolisme. Berbagai gangguan metabolisme tubuh rentan Anda alami, tidak terkecuali kadar kolesterol tinggi hingga kadar insulin tinggi. Anda pun mesti bersiap-siap mengalami kadar gula darah tinggi alias diabetes apabila tekanan darah sulit dikembalikan ke kondisi normal. 

  1. Kebutaan 

Pernah membayangkan tekanan darah bisa sangat berpengaruh pada fungsi indra penglihatan Anda? Nyatanya, tekanan darah tinggi menimbulkan potensi kebutaan. Ini karena tekanan darah yang tinggi membuat pembuluh darah menebal dan bisa robek. Jika pembuluh darah yang robek berada di mata, Anda pun akan mengalami kehilangan penglihatan. 

*** 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada harus berhadapan dengan berbagai penyakit serius yang mengintai, menerapkan pola hidup sehat agar tekanan darah normal selalu Anda dapatkan adalah pilihan yang jauh lebih bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *