Tak Perlu Diragukan Lagi, Inilah 7 Manfaat Hula Hoop Bagi Kesehatan

Olahraga hula hoop merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa Anda coba dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Hula hoop merupakan mainan berbentuk lingkaran yang bulat dengan ukuran diameter berbeda-beda. Umumnya, hula hoop terbuat dari rotan. Bermain hula hoop bisa sangat menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah sendirian. Selain menyenangkan, berikut ini merupakan 7 manfaat yang akan Anda dapatkan dari bermain hula hoop. 

  1. Meningkatkan keseimbangan 

Manfaat hula hoop yang pertama adalah meningkatkan keseimbangan. Tubuh yang seimbang dapat membantu memperbaiki postur yang menunjang Anda berolahraga dengan gerakan tepat. Selain itu, dengan bermain hula hoop Anda dapat mengontrol gerakan tubuh dengan lebih baik lagi. 

  1. Melatih otot inti

Tidak hanya meningkatkan keseimbangan tubuh saja, bermain hula hoop ternyata bermanfaat untuk melatih otot inti. Selain keterampilan dalam menggerakan hula hoop, diperlukan pula otot inti yang kuat agar hula hoop dapat berputar secara seimbang dengan ritme terjaga. Otot bagian pinggul dan perut juga akan semakin kuat dengan bermain hula hoop. 

  1. Membakar kalori

Bermain hula hoop tentunya dapat membantu tubuh membakar kalori. Untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, bermain hula hoop dapat dicoba. Selain mengatur pola makan dan tidur, olahraga menjadi hal penting agar berat badan dapat turun. Apabila Anda bermain hula hoop selama 30 menit saja, maka Anda telah membakar 165 kalori untuk wanita, dan 200 kalori pada laki-laki. 

  1. Menggerakkan otot tubuh bagian bawah 

Ternyata saaat Anda bermain hula hoop, otot yang bekerja bukan hanya otot pinggul dan perut saja. Manfaat hula hoop adalah dapat menggerakan otot tuuh bagian bawah seperti otot paha depan (quadriceps), otot paha belakang (hamstring), betis, dan bokong. Seluruh otot yang disebutkan di atas akan ikut terlatih dan semakin kuat karena Anda bermain hula hoop. 

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Akan tetapi Anda dapat mengurangi risiko tersebut dengan bermain hula hoop. Olahraga bermain hula hoop akan meningkatkan detak jantung dan kinerja paru-paru sehingga aliran sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Akan tetapi pastikan Anda bermain dengan ritme yang stabil. Selain itu, sirkulasi oksigen di tubuh akan menjadi lancar karena bermain hula hoop sehingga membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. 

  1. Mengecilkan lingkar pinggul dan pinggang

Manfaat hula hoop lainnya ketika Anda rutin memainkannya adalah dapat mengecilkan lingkar pinggul dan pinggang. Banyak wanita yang menginginkan pinggul dan pinggang kecil demi penampilan. Bermain hula hoop dapat membantu mewujudkan hal tersebut. 

  1. Meningkatkan fungsi otak dan mengurangi stres

Bermain hula hoop juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi stres. Hal itu dikarenakan ketika Anda bermain hula hoop maka tubuh Anda akan menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini berfungsi untuk membuat tubuh rileks dan mampu mengurangi stres yang sedang dirasakan. 

hula hoop

Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat hula hoop di atas secara maksimal, maka Anda perlu berolahraga dengan rutin. Berikut ini beberapa tips bermain hula hoop yang bisa Anda terapkan. Pertama, pastikan Anda memilih ukuran dan berat hula hoop yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Kedua, pelajari gerakan hula hoop sedikit demi sedikit dari menonton video di YouTube. Ketiga, Anda bisa mulai berolahraga dengan durasi singkat. Apabila sudah mulai terbiasa, maka waktu berolahraga dapat Anda tingkatkan secara bertahap. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *