Rasakan Ciri-ciri Varises, Apa Saja Pemicunya?

Anda mendapati kaki Anda ada pembuluh darah yang menonjol, terlihat bengkok, dan menghasilkan warna biru atau ungu tua? Itu ciri-ciri varises! Ini merupakan penyakit di mana pembuluh darah mengalami pembengkakan yang akan mempersempit aliran darah jika terus dibiarkan. 

Penyebab varises salah satunya adalah jarang bergerak

Karena alasan inilah, orang yang mengalami ciri-ciri varises sebaiknya segera meredakan gejala tersebut dengan pergi ke dokter ataupun perawatan rumah, seperti mengangkat posisi kaki sejajar atau lebih tinggi dari jantung sampai menggunakan stoking kompresi. Jika tidak, bersiaplah menghadapi komplikasi varises, mulai dari bisul sampai gumpalan darah. 

Ciri-ciri varises yang Anda alami sendiri sampai saat ini belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, sejumlah kondisi berpengaruh cukup besar dalam memicu terjadinya ciri-ciri varises. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko varises yang sebaiknya Anda ketahui. 

Pertambahan Usia 

Risiko mengalami ciri-ciri varises meningkat seiring bertambahnya usia. Orang-orang dengan usia di atas 50 tahun lebih mudah mengalami pembengkakan pembuluh darah ini. Pasalnya, penuaan menyebabkan keausan pada katup di pembuluh darah Anda yang membantu mengatur aliran darah. Akhirnya, keausan itu menyebabkan katup memungkinkan beberapa darah mengalir kembali ke pembuluh darah Anda di mana ia terkumpul alih-alih mengalir ke jantung Anda.

Kegemukan 

Berat badan ternyata berpengaruh ke kondisi pembuluh darah Anda. Orang-orang dengan berat badan berlebih, mulai dari kegemukan sampai obesitas, cenderung akan mudah mengalami ciri-ciri varises. Ini terjadi karena kelebihan berat badan menambah tekanan pada pembuluh darah sehingga ia berpotensi menonjol, bengkok, dan membengkak. 

Berdiri atau Duduk Lama 

Pekerjaan Anda juga sangat menentukan seberapa risiko Anda akan mengalami ciri-ciri varises. Orang-orang dengan pekerjaan yang mengharuskan berdiri atau duduk dalam posisi lama cenderung lebih mudah mengalami varises. Ini karena pada saat diam pada posisi yang sama selama berjam-jam dengan kaki menggantung ke bawah akan membuat darah Anda tidak mengalir dengan baik. 

Menopause 

Ciri-ciri varises lebih banyak menyambangi perempuan dibandingkan laki-laki. Khususnya, penyakit ini lebih rentan terjadi pada perempuan yang sudah menopause. Terjadinya perubahan hormon yang lumayan ekstrem pasca menopause mengendurkan dinding vena. Hal inilah yang pada akhirnya memicu terjadinya varises pada perempuan tersebut. 

Kehamilan

Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh Anda meningkat. Perubahan ini mendukung pertumbuhan janin, tetapi juga dapat menghasilkan efek samping yang tidak menguntungkan. Di mana salah satunya Anda akan mengalami ciri-ciri varises karena pembuluh darah yang membesar di kaki Anda. Perubahan hormonal selama kehamilan juga berperan dalam memicu terjadinya ciri-ciri varises tersebut. 

Histori Keluarga 

Bersiaplah menghadapi kemungkinan mengalami ciri –ciri varises apabila ada anggota keluarga yang pernah mengalami penyakit ini. Pasalnya sering dijumpai fakta, seseorang dengan anggota keluarga lain menderita varises, ia pun ikut merasakan gejala varises tersebut di kesempatan berbeda. 

Sering Angkat Beban 

Perhatikanlah beban yang sering Anda angkat atau bawa tiap harinya. Jangan bayangkan angkat beban adalah mengangkat barbell atau peralatan olahraga saja. Membawa tas yang berat, misalnya, juga tergolong mengangkat beban. Terlalu sering mengangkat beban yang berat akan membuat tekanan ke pembuluh darah bagian bawah akan semakin besar. Hal inilah yang pada akhirnya memicu terjadinya ciri-ciri varises pada diri Anda. Sebaiknya, kurangi beban yang sering Anda bawa tiap hari. Idealnya untuk tas pun, isinya tidak menyentuh 5 persen dari berat badan Anda. Bisakah demikian? 

Jika mengalami ciri-ciri varises, jangan langsung panik. Lakukan penanganan rumah dengan segera untuk mencegah pemburukan terjadi. Jika memang tonjolan pembuluh darah sudah parah bahkan sampai menimbulkan pendarahan, ke dokter adalah satu-satunya solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *