Perawatan Gigi Behel Ketika Pertama Kali Menggunakannya

Behel merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki masalah pada gigi seperti gigi berlapis, gigi tidak sejajar, gigi miring dan tak beraturan. Selain memang untuk kesehatan, bonus yang diberikan pada pengguna behel adalah tampilan wajah yang jadi lebih baik. Sebab behel mampu membenarkan struktur rahang dan gigi yang mengakibatkan gigi jadi rapi, simetris, dan lebih enak dipandang. Sayangnya, menggunakan behel terasa cukup menyakitkan. Bahkan sejak pemasangan pertama, tak jarang area mulut sudah mulai mengalami masalah karena mulut yang harus menyesuaikan dengan keadaan behel gigi yang terpasang. Namun terlalu khawatir berlebihan juga tidak baik, Anda hanya perlu melakukan perawatan gigi behel dengan benar setelah pemasangan behel agar kondisi gigi tetap dalam keadaan baik saat menggunakan behel.

ganti karet behel

1. Makan makanan lembut

Setelah pemasangan pertama, gigi biasanya sudah mulai goyang serta bergerak dan tak jarang hal ini menimbulkan rasa sakit di area gigi. Untuk memudahkan mulut makan, Anda dapat mengkonsumsi makanan lembut dan lunak. Bubur, oatmeal, olahan yogurt, smoothies, hingga telur orak-arik bisa dijadikan beberapa pilihan makanan lembut untuk dimakan.

2. Kumur air garam

Setelah pemasangan behel gigi, tak jarang area mulut mengalami beberapa masalah. Sebut saja seperti gusi yang berdarah hingga area mulut yang terluka dan tergores akibat kawat. Menjadikan air garam sebagai larutan untuk berkumur dinilai mampu mempercepat penyembuhan luka atau bahkan mencegah luka di area mulut akibat pemasangan behel. Untuk membuatnya, cukup campurkan sedikit garam ke dalam air hangat lalu kumur setelah menyikat gigi pada pagi dan malam. 

3. Bersihkan gigi dengan ekstra

Behel gigi jelas dapat membuat gigi semakin beresiko untuk terkena penumpukan plak gigi. Sebab saat menggunakan behel, makanan yang dimakan akan mudah tersangkut di sela-sela behel. Sikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari wajib dilakukan. Dan bila perlu bersihkan gigi menggunakan sikat gigi khusus sehabis makan untuk membantu membersihkan makanan yang tersangkut di sela-sela behel.

4. Harus tau lakukan apa saat urgent

Tiba-tiba merasakan masalah pada behel di awal-awal pemasangan pasti membuat membuat pasien panik. Ada baiknya Anda mencatat nomor dokter gigi langganan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada gigi. 

5. Siapkan perlengkapan gigi cadangan untuk dibawa-bawa

Saat bepergian, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan gigi seperti sikat gigi, pasta gigi berfluoride, hingga obat kumur agar area mulut tetap bisa dijaga kesehatannya meski bepergian. 

6. Siapkan pereda nyeri

Tak ada salahnya menyiapkan obat pereda nyeri dirumah untuk berjaga-jaga. Sebab setelah pemasangan, gigi bisa mulai mengalami rasa sakit akibat gigi yang mulai bergerak dan bergeser secara perlahan. Jika sakitnya sangat mengganggu, Anda bisa meminum pereda nyeri untuk meredakan rasa sakitnya. 

7. Permen karet bebas gula

Meski permen karet sering dianggap buruk untuk kesehatan gigi, tanggapan tersebut sepertinya kurang tepat untuk produk permen karet bebas gula. Permen karet bebas gula dinilai tidak sebabkan kerusakan pada gigi sebab kandungannya yang tak mengandung banyak gula. Teksturnya pun tidak terlalu lengket sehingga tak mudah terselip pada gigi. Kemudian banyak juga yang beranggapan bahwa permen karet bebas gula malah dapat membersihkan bakteri serta sisa makanan yang terdapat pada gigi sehingga mengurangi resiko terkena gigi berlubang. Yang perlu diingat adalah batasi jumlah penggunaan permen karet dan jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan. 

8. Ingat tujuan awal memakai behel

Saat sakit yang dirasa cukup memusingkan dan menyita perhatian, ingat tujuan awal Anda menggunakan behel. Bayangkan hasil yang ingin dapatkan dan ini mungkin akan membantu untuk menguatkan Anda. 

Perawatan gigi behel sedikit banyak memang cukup menyita waktu dan perhatian. Namun saat melakukan perawatan gigi behel dengan benar, hasil yang didapat pun akan sesuai dengan rasa sakit yang dirasakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *