Penyebab Demam Anak dan Cara Mengatasinya dengan Novaxifen

Novaxifen Sirup Rasa Strawberry 60 mL harga terbaik 10007

Demam adalah terjadinya peningkatan sementara suhu tubuh, dan bisa terjadi karena suatu penyakit. Demam juga menjadi suatu pertanda bahwa ada yang tidak biasa sedang terjadi pada tubuh. Ana-anak juga sering mengalami demam dari waktu ke waktu. Anda bisa mengatasinya dengan memberikannya obat demam yang dijual bebas seperti Novaxifen.

Demam pada anak pada umumnya tidak berbahaya dan bisa menjadi hal yang baik, karena menjadi pertanda bahwa tubuhnya dapat melawan infeksi. Demam sendiri juga bukan merupakan penyakit, namun bisa menjadi pertanda adanya gejala dari penyakit lain.

Penyebab Demam

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan demam pada anak-anak atau bayi.

  • Infeksi virus, hal ini termasuk demam yang menjadi gejala dari flu biasa, flu, rosola, atau infeksi pernapasan seperti virus pernapasan atau croup virus.
  • Terjadi infeksi pada telinga
  • Penyakit pneumonia yang dapat disebabkan karena virus atau bakteri
  • Infeksi pada otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan karena virus atau bakteri seperti penyakit meningitis
  • Demam dengan suhu 38 derajat Celcius atau lebih tinggi sebelum usia 3 bulan. Pada usia tersebut, infeksi bakteri apapun dapat berkembang dengan cepat dan dapat menimbulkan sepsis, sehingga bayi harus mendapat perawatan medis segera
  • Demam setelah vaksinasi dan terjadi dalam 12 jam usai disuntik dan biasanya berlangsung selama 2 sampai 3 hari.
  • Selain itu, bayi juga dapat memiliki suhu yang tinggi akibat masih kurang efektif dalam mengontrol suhu tubuh dibanding orang dewasa. Hal ini dapat membuatnya rentan terkena demam jika terkena cuaca yang sangat panas. Anda juga perlu memberikan pakaian pada bayi sesuai dengan cuaca agar terhindar dari terik matahari dan menjaga mereka tetap di dalam ruangan saat cuaca sedang panas untuk membantu mengatur suhu tubuhnya.
  • Infeksi saluran kemih yang dapat disebabkan karena bakteri yang terkadang dapat menimbulkan demam pada bayi.

Cara Merawat Anak-anak yang Demam

The American Academy of Pediatrics (AAP) memberikan rekomendasi bahwa orang tua dan pengasuh sebaiknya berfokus untuk membuat anak-anak nyaman saat mereka sedang demam. Anda juga bisa membantu pengobatan mereka dengan menggunakan obat yang dijual bebas seperti Novaxifen.

Untuk mengobati anak-anak atau bayi yang sedang demam, orang tua bisa melakukan hal-hal sebagai berikut.

  • Tetap memantau tingkat aktivitas bayi dan kenyamanannya 
  • Pastikan bayi tetap terhidrasi dengan baik, dengan cara memberikan susu sesuai permintaannya
  • Pantau keadaan bayi jika muncul tanda-tanda dehidrasi seperti tidak buang air kecil sesering biasanya, mata menjadi cekung, bibir pecah-pecah, dan kulit menjadi kering atau pucat
  • Jangan membangunkan bayi saat sedang tidur saat ingin memberikan obat anti demam kecuali jika dokter telah memberi instruksi untuk melakukan hal ini
  • Berikan obat anti demam yang sesuai dengan anjuran dokter. Dosis yang diberikan kepada anak bisa disesuaikan dengan berat badannya dan tetap ikuti petunjuk di label dengan hati-hati. 
  • Bantu membatasi penyebaran infeksi. Batasi kontak bayi yang sedang sakit kepada orang lain, jangan dibawa ke tempat penitipan anak karena dapat menyebarkan infeksi.

Anda juga bisa memberikan obat Novaxifen kepada anak Anda untuk membantu menurunkan demam yang dialami serta meringankan nyeri yang timbul. Hal ini karena obat Novaxifen memiliki kandungan ibuprofen sebanyak 100 mg setiap 5 mL. Oleh karena itu, obat ini dapat digunakan untuk meredakan demam dan mengatasi nyeri atau inflamasi yang dapat disebabkan karena berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit punggung, sakit gigi, arthritis, kram saat haid atau luka minor.

Berikan obat ini ke anak Anda sesuai dengan petunjuk yang diberikan dan diminum sesudah makan. Anda bisa mendapatkan obat Novaxifen sirup dengan harga Rp 10.708 untuk kemasan isi 60 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *