Pentingnya Kesehatan Mental Untuk Penyembuhan Covid

Pandemi Covid sendiri mempengaruhi berbagai kehidupan manusia mulai dari kesehatan, ekonomi, hiburan, sosial, hingga ranah pribadi seseorang. Covid-19 tidak hanya memberikan penyakit dalam bentuk fisik namun juga mental. Menurut survei yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), hasilnya menyebutkan 68% masyarakat mengalami gangguan kesehatan jiwa. Hal ini berdasarkan pada data masyarakat yang melakukan swap periksa masalah psikologi di laman resmi PDSKJI. 

Reinfeksi COVID-19 terjadi ketika seseorang yang telah sembuh dari infeksi virus Corona kembali positif

Banyak dari mereka yang mengalami gangguan kecemasan, depresi, stres pasca trauma, waspada, merasa kesepian dan terisolasi bahkan menyebutkan ingin melukai diri dan mati. Kondisi tersebut dialami oleh anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Kesehatan mental merupakan hal yang tak kalah pentingnya untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Berbagai macam gangguan mental akibat Covid

Kesehatan mental yang terganggu akibat Covid telah menghambat berbagai laju kehidupan bahkan kesejahteraan hidup banyak orang. beberapa penelitian melaporkan selama pandemi persentase gangguan kesehatan mental meningkat lebih banyak dibanding sebelum pandemi. Berbagai gangguan mental selam pandemi Covid adalah:

  • Cemas, khawatir, gelisah, takut
  • Kesulitan tidur (insomnia)
  • Depresi, frustasi, stres
  • Stres pasca trauma
  • Rasa kesepian dan isolasi
  • Rasa ingin melukai diri
  • Rasa ingin bunuh diri
  • Peningkatan konsumsi tembakau, alkohol dan narkoba
  • Mudah marah, sedih dan tersinggung
  • Perubahan nafsu makan
  • Masalah kesehatan kronis yang memburuk serta gangguan kesehatan fisik seperti sakit kepala, nyeri tubuh, sakit perut

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental saat Covid

Permasalahan yang ditimbulkan akibat pandemi Covid masuk dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi penyebab kesehatan mental masyarakat baik para penderita Covid maupun tidak menjadi terganggu. Bagi mereka yang menderita Covid, faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka dapat berupa:

  • Risiko penularan kepada anggota keluarga dan tidak dapat bertemu dengan orang terdekat
  • Kehilangan pekerjaan
  • Ketakutan akan stigma negatif masyarakat 
  • Rasa isolasi dan kesepian
  • Risiko meninggal dunia

Sedangkan untuk masyarakat yang tidak terpapar, faktor penyebab mereka mengalami gangguan kesehatan mental adalah:

  • Kehilangan pekerjaan/pendapatan
  • Pola pengasuhan dan pembelajaran anak terlebih akibat penutupan sekolah
  • Risiko tidak dapat bersosialisasi
  • Takut akan terkena virus
  • Berbagai konspirasi yang berkembang di dunia maya yang tidak mendasar
  • Perubahan rutinitas harian

Pentingnya kesehatan mental untuk penyembuhan Covid

Kesehatan mental adalah hal yang sama pentingnya dengan nutrisi yang baik bagi tubuh dalam proses penyembuhan Covid. Hati yang gembira adalah obat yang manjur, seperti itulah kondisi tubuh terpengaruh. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca kalimat tersebut dari seseorang atau terkutip dalam kitab suci, namun dalam bidang medis pun hal tersebut terbukti. 

Para pakar kesehatan berpendapat bahwa stres adalah sumber penyakit. Stres tak hanya membawa gangguan kesehatan mental tapi juga kesehatan fisik. Untuk itu, kesehatan mental sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membantu sembuh dari Covid. Tetaplah berpikir positif serta bahagia. Cemas, khawatir dan takut adalah hal yang alami dan lumrah, namun jika sudah berlebihan tidak akan baik. 

Berpikir positif dan bergembira sangat direkomendasikan, mengapa? Hal tersebut karena tubuh akan memproduksi hormon yang bisa menguatkan imun saat muncul perasaan senang. Hormon tersebut seperti dopamin, serotonin, relaksin, dan oksitosin. 

Hormon-hormon tersebut merangsang tubuh memproduksi sel imun yang lebih banyak. Menurut sebuah penelitian, orang yang tertawa selama lima menit saja dapat meningkatkan jumlah sel darah putihnya sehingga mampu melenyapkan pemicu penyakit masuk ke tubuh.

Konseling psikologi dan cara menjaga kesehatan mental untuk penyembuhan Covid

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama masa penyembuhan Covid. Hal tersebut di antaranya:

  • Tetap berkomunikasi

Tetap berkomunikasi dengan orang terdekat baik itu keluarga, teman, dan pasangan. Hal ini akan membuat Anda mengurangi rasa kesepian dan terisolasi. Anda juga bisa berkomunikasi dengan perawat yang merawat Anda.

  • Mengurangi penggunaan media sosial

Mengurangi berselancar di media sosial dan kurangi menerima informasi mengenai Covid. Jangan terpengaruh pada informasi yang Anda terima dari sumber yang tidak kredibel. Anda juga bisa melihat konten hiburan yang dapat membuat Anda tertawa. Disarankan juga untuk memperbanyak kegiatan untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan membaca kitab suci.

  • Menjaga tubuh

Menjaga tubuh dapat dilakukan dengan cara berolahraga, jika Anda cukup kuat. Lakukanlah olahraga ringan. Ambil nafas panjang, melakukan peregangan atau bermeditasi. Pastikan Anda cukup tidur, makan yang teratur dan bergizi serta mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter. 

  • Berpikir positif

Berpikir positif amat disarankan, perkatakan hal-hal positif tentang diri Anda, kondisi saat ini, keluarga Anda dan sebagainya. Ketika hal negatif mulai muncul, usir dan buang semua, biarlah optimisme tertanaman dalam pikiran Anda. Percaya dan imani bahwa kesembuhan terbuka untuk Anda.

Metode hipnotik 5 jari adalah salah satu metode yang dapat Anda lakukan. Caranya adalah dengan menyatukan jempol dan keempat jari lainnya secara bergiliran. Saat jempol bersatu dengan telunjuk, bayangkan kondisi tubuh Anda yang sehat. Saat jempol bertemu dengan jari tengah, bayangkan orang-orang yang sayang dan perhatian. 

Berikutnya satukan jempol dengan jari manis Anda sambil membayang prestasi, penghargaan ataupun pujian yang pernah Anda dapatkan. Terakhir, satukanlah jempol dengan kelingking Anda sambil membayangkan tempat paling indah yang pernah dikunjungi serta bayangkan keindahan panoramanya.

  • Konseling psikologi

Selain cara di atas, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan konseling psikologi dengan para psikolog. Anda dapat melakukannya secara online baik melalui chat maupun video call. Ceritakan semua keluhan atau isi hati Anda.

Perawatan untuk kesehatan fisik dalam proses penyembuhan Covid memang amat diperlukan. Namun, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Untuk itulah, tetap berpikir positif serta bahagia walau Anda sedang dalam kondisi kurang baik. Tetap jalin komunikasi dengan orang terdekat dan Anda dapat mengikuti konseling psikologi melalui telemedicine. SehatQ sebagai platform kesehatan menyediakan fitur konsultasi online secara gratis dengan dokter tanpa batasan waktu. Anda dapat melakukan konseling melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Info lain tentang Covid juga telah tersedia dalam kanal Tanggap Covid. Unduh sekarang aplikasinya di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *