Penis Terasa Panas Belum Tentu Bahaya, Begini Mengetahuinya

penis terasa panas

Penis terasa panas merupakan salah satu tanda umum dari penyakit menular seksual, yang disertai dengan klamidia dan kencing nanah. Beberapa penyebab lain dari penis yang terasa terbakar adalah infeksi saluran kemih.

Namun Anda tak perlu khawatir karena ketidaknyamanan yang Anda rasakan mungkin tidak memerlukan penanganan khusus. Berikut ini cara mengetahui dan mengobatinya.

Penyebab penis terasa panas

Beberapa penyebab penis terasa panas antara lain:

  • Infeksi saluran kemih (ISK)

Disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kandung kemih. Beberapa orang mengembangkan ISK setelah melakukan hubungan seksual oral, vagina atau anal, yang dapat membuat uretra terkena bakteri.

Beberapa gejala ISK antara lain urin berwarna coklat kemerahan dan berbau tajam, tekanan di perut, nyeri di punggung atas dan samping.

  • Uretris

Uretris atau radang uretra dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual dan iritasi sederhana pada ujung uretra. Wanita yang menderita kondisi ini terkadang tidak menunjukkan gejala apapun, sementara pria cenderung menunjukkan tanda dalam beberapa hari hingga sebulan setelah terinfeksi.

Indikasi medis yang umum terjadi adalah keluarnya nanah dari uretra, penis mengeluarkan bau, nyeri dan bengkak di salah satu atau kedua testis, dan iritasi di sepanjang penis.

  • Batu ginjal

Penumpukan garam dan mineral dapat menyebabkan batu ginjal. Gejalanya meliputi nyeri yang kuat di bagian samping dan punggung, nyeri yang berpindah-pindah ke perut bagian bawah dan selangkangan, demam dan mengigil, sering buang air kecil, serta urin keruh dan berbau busuk.

  • Striktur uretra

Striktur uretra atau jaringan parut mempersempit uretra sehingga menghasilkan sensasi penis terasa panas. Kondisi ini bisa akibat dari prosedur medis, namun seringkali penyebabnya tidak diketahui.

Gejalanya berupa infeksi saluran kemih, mengejan saat berkemih, dan aliran urin lemah.

  • Prostatitis atau pembengkakan pada kelenjar prostat

Penyebab prostatitis cenderung tidak diketahui, namun kondisi ini dapat terjadi akibat infeksi bakteri atau kerusakan saraf di saluran kemih bagian bawah.

Beberapa gejala prostatitis meliputi keluarnya darah saat berkemih, nyeri saat ejakulasi, dan memiliki gejala seperti flu.

Apabila hanya ujung penis yang terasa seperti terbakar, besar kemungkinan Anda menderita balanitis. Balanitis terjadi akibat gesekan intens pada penis, baik saat berhubungan seksual atau masturbasi.

Gejala balanitis lainnya meliputi kulit penis merah, bengkak, dan terasa gatal.

Faktor risiko balanitis

Balanitis tak selalu dikaitkan dengan aktivitas seksual. Kecelakaan motor atau mobil yang membuat penis terbentur dapat menyebabkan balanitis.

Pria juga lebih mungkin terkena balanitis apabila:

  • Keringat berlebih sehingga area genital terlalu lembab
  • Tidak disunat
  • Area genital terlalu kering
  • Mengeringkan penis dengan menggosok kain bertekstur kasar atau dengan sangat kuat
  • Menderita diabetes sehingga meningkatkan risiko infeksi jamur penis

Cara mengobati dan mencegah balanitis

Balanitis tidak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu istirahat dan luka gesekan akan sembuh dalam seminggu.

Selama waktu penyembuhan, Anda disarankan mengenakan pakaian dalam longgar dan berbahan lembut untuk meringankan iritasi pada penis. Oleskan juga pelembab seperti petroleum jelly atau gel lidah buaya ke area yang terluka.

Untuk sementara waktu hindari melakukan aktivitas seksual dan masturbasi.

Untuk menghindari penis terasa panas akibat gesekan, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu:

  • Cuci area penis secara menyeluruh, dan keringkan penis dengan cara menepuk lembut.
  • Bersikap lembut saat melakukan masturbasi atau berhubungan seksual. Jika penis terasa sakit hentikan aktivitas atau kurangi intensitasnya.
  • Gunakan pelumas berbahan dasar air selama melakukan hubungan seksual.

Catatan

Penis terasa gatal juga bisa menjadi tanda infeksi menular seksual. Jika rasa panas disertai dengan timbulnya luka di area penis dan keluarnya cairan dari penis, maka segeralah menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Anda bisa menanyakan seputar penis terasa panas dengan dokter melalui aplikasi kesehatan SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *