Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa, Salah Satunya Sebagai Produk Kecantikan

baby oil

Baby oil telah ada di pasaran selama lebih dari 100 tahun dan telah lama menjadi bahan pokok yang wajib digunakan untuk merawat bayi. Baby oil biasanya tidak mengandung zat kimia berbahaya, seperti paraben, pewarna, pewangi, dan phthalate (bahan pelunak plastik). Oleh karena itu, kegunaan baby oil tergolong aman.

Tidak hanya baik untuk bayi, baby oil juga dipercaya memiliki banyak manfaat lain yang berguna untuk orang dewasa. Beberapa diantaranya menggunakan baby oil sebagai produk kecantikan dan juga produk untuk merawat rambut.

Beberapa orang dewasa juga menggunakan baby oil di tubuhnya untuk meredakan kulit kering. Baby oil dikatakan mampu membuat kulit wajah terasa lebih halus dan bercahaya.

Selain itu baby oil memiliki beberapa manfaat lainnya yang bisa digunakan oleh orang dewasa. Inilah manfaat baby oil yang jarang diketahui dan sangat berguna untuk orang dewasa:

  1. Sebagai moisturizer untuk melembabkan kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau menderita kulit kering hingga sangat kering, baby oil dapat menjadi moisturizer atau pelembab sempurna yang dapat Anda gunakan. Bahan-bahan alami yang terkandung dalam baby oil dapat menenangkan kulit dan mengatasi masalah sensitivitas.

Dibandingkan dengan etanol, gliserin, dan air, kombinasi air dan baby oil merupakan kandungan pelembap yang paling baik untuk kulit. Formula yang kaya di dalam baby oil juga bagus untuk menembus kulit secara mendalam dan mengembalikan kelembapan di kulit Anda.

Cara penggunaannya yaitu oleskan baby oil ke kulit yang baru dibersihkan, saat pori-pori terbuka agar baby oil dapat menyerap dengan lebih baik.

  1. Sebagai pembersih makeup

Formula baby oil yang kaya tidak hanya memberi nutrisi pada kulit dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan, tetapi juga dapat digunakan untuk menghapus riasan di wajah secara menyeluruh. 

Caranya adalah dengan menuangkan baby oil pada kapas dan usapkan di wajah dengan perlahan. Selain mampu menghapus makeup, baby oil juga dapat melembabkan kulit. Setelah selesai membersihkan makeup, Anda pasti akan merasa memiliki kulit yang lebih lembut dan lembab.

  1. Mengatasi masalah tumit kering dan pecah-pecah

Vitamin E yang terkandung dalam baby oil dapat membantu mengatasi masalah tumit yang kering dan pecah-pecah. Penggunaannya yang dilakukan secara teratur akan membantu menjaga kelembapan kaki.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanaskan baby oil terlebih dahulu sebelum kemudian dioleskan ke seluruh bagian tumit yang kering dan pecah-pecah. Pedikur juga bisa mengatasi masalah tumit kering dan pecah-pecah seperti ini, namun penggunaan baby oil yang rutin di bagian yang kering dan pecah-pecah dapat melembapkan kulit dan merawatnya agar tidak mudah kering.

  1. Sebagai lip scrub untuk merawat bibir agar tetap kenyal

Bibir kering dan pecah-pecah tentu dapat mengganggu penampilan. Penggunaan lipstik pun jadi tidak terasa maksimal karenanya. Maka dari itu menggunakan baby oil dan mencampurkannya dengan beberapa bahan lainnya sebagai lip scrub dapat membantu Anda merawat bibir kering dan pecah-pecah.

Cara membuat lip scrub adalah dengan cara mencampurkan 1 sendok teh baby oil, 1 sendok teh gula dan beberapa tetes jus lemon. Lakukan scrub setiap malam sebelum tidur dengan mengoleskannya secara lembut di bibir untuk menghilangkan kulit mati dan menjaga bibir agar tetap kenyal.

  1. Mengurangi bekas luka

Bagi Anda yang memiliki bekas luka di wajah, penggunaan baby oil bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kemunculan bekas luka. Mengoleskan beberapa tetes baby oil secara rutin diyakini mampu mengurangi tampilan bekas luka dan kulit wajah terasa kenyal. 

  1. Melembabkan rambut dan menghilangkan ketombe membandel

Baby oil dapat menciptakan barrier atau lapisan penghalang kulit sehingga mencegah hilangnya kelembapan akibat penguapan. Dengan demikian, penggunaan baby oil dipercaya dapat mengunci setiap kutikula rambut. 

Pada bayi, minyak mineral seperti baby oil diyakini dapat membantu masalah kulit kepala pada bayi, seperti kulit kepala bayi berkerak. Cara menghilangkan ketombe dengan baby oil berpotensi untuk mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa.

  1. Membasmi kutu di rambut

Manfaat baby oil untuk rambut berpotensi mengatasi kutu rambut dan telurnya pada anak-anak dan orang dewasa. Cara menggunakan baby oil untuk rambut ini bisa dioleskan beberapa tetesnya pada kulit kepala dan akar rambut. Diamkan selama 8 jam, lalu bilas dengan air sampai bersih. 


Baby oil adalah produk perawatan kulit populer yang awalnya dibuat untuk digunakan pada bayi, tetapi juga digunakan oleh orang dewasa. Ini dapat membantu menutrisi, menghaluskan, dan melembabkan kulit dengan mengunci kelembapan pada wajah dan seluruh tubuh.

Meskipun ini adalah minyak sintetis, minyak ini cukup lembut dan jarang menyebabkan reaksi alergi. Namun jika Anda memiliki kulit berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan produk ini di wajah Anda, karena dapat menyebabkan jerawat.

Salah satu produk baby oil yang bisa Anda gunakan adalah Zwitsal Natural Baby Oil yang terbuat dari minyak mineral, vitamin E, parfum, minyak zaitun, serta ekstrak lidah buaya sehingga memiliki manfaat yang sangat baik.

Temukan Zwitsal Natural Baby Oil di toko SehatQ yang dapat diakses melalui website atau aplikasi SehatQ dan nikmati berbagai fitur menarik lainnya yang tersedia di SehatQ untuk lengkapi kebutuhan kesehatan Anda setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *