Manfaat Adas Beragam, Kenali Tumbuhan Ini Lebih Dalam

Biji adas dapat mengurangi nafsu makan

Manfaat adas sebagai salah satu rempah-rempah yang bisa sangat mendukung kesehatan makin mencuat belakangan ini. Walaupun memang mesti diakui, popularitasnya masih tetap kalah dibandingkan jenis-jenis rempah lain yang dianggap lebih umum, seperti kunyit, cengkih, ataupun kayu manis. 

Anda pun mungkin dulunya tidak mengetahui khasiat yang bisa dikeluarkan oleh biji adas yang luar biasa. Di mana rempah-rempah yang sering dipakai sebagai campuran bumbu gula ini dapat memelihara kesehatan jantung Anda, memperlancar sistem pencernaan, sampai menjadi salah satu obat alternatif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Di luar manfaat adas yang luar biasa dan sudah terbukti secara ilmiah, mungkin Anda masih belum mengenali apa sebenarnya tumbuhan ini.  Fakta-fakta apa saja yang menarik dari biji adas sedari dulu sampai sekarang. Berikut ini adalah berbagai fakta menarik soal biji afas yang bisa membuat Anda mengenali tumbuhan ini lebih dalam. 

Rempah-rempah Pohon Tinggi 

Rempah-rempah umumnya tergolong sebagai tumbuhan dengan pohon rendah atau bahkan merambat. Namun, hal berbeda terjadi pada adas. Ini merupakan jenis rempah-rempah yang pohonnya tinggi. Anda bisa menemukan pohon adas yang memiliki ketinggian sampai lebih dari 2 meter. Tinggi rata-rata pohon adas sendiri adalah 1,5—2,1 meter. 

Asal Mula Obat Olimpiade 

Tanaman adas disebut-sebut sebagai tanaman yang menjadi asal mula tradisi obat pada perhelatan olahraga akbar, Olimpiade. Konon cerita dalam kisah Yunani kuno, Prometheus mengambil api dari Gunung Olympus, tempat berdiam pada dewa.  Api tersebut ia ambil karena Zeus telah mengambil api dan cahaya dari Bumi untuk menghancurkan umat manusia. Prometheus kemudian menyembunyikan api yang ia curi tersebut di tangkai adas yang berlubang sehingga tidak ketahuan oleh dewa para dewa, Zeus, Dengan cara inilah, akhirnya Prometheus berhasil mengembalikan api dan cahaya ke bumi dengan membawa api di dalam tangkai adas dengan berlari. 

Menjadi Pengusir Serangga 

Sebelum populer digunakan sebagai obat herbal karena manfaat adas yang memang luar biasa, rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai salah satu bumbu gula ini ternyata diperuntukkan sebagai tanaman pengusir serangga. Adalah orang-orang Yunani dan Romawi kuno yang menjadikan adas sebagai tanaman pengusir serangga yang ampuh, selain memanfaatkan pula sebagai bumbu masakan agar rasa makanan menjadi lebih lezat. 

Pengobatan Mesir Kuno 

Kebanyakan penggunaan rempah-rempah untuk dijadikan obat herbal dimulai dari zaman China kuno. Namun berdasarkan sejarah yang ada, manfaat adas sebagai obat mulai marak dilakukan pada masa Mesir kuno. Kandungan antioksidan dan antimikroba yang terdapat pada biji adas membuat rempah-rempah ini kerap digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai masalah gangguan pencernaan, seperti sakit perut, maag, ataupun gejala mual dan muntah. 

Mitos Menolak Roh Jahat 

Manfaat adas tidak berhenti pada kemampuannya untuk menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh ataupun membuat rasa makanan menjadi lebih enak. Ternyata, adas juga pernah digunakan sebagai alat untuk mengusir dan menolak roh jahat. Pemanfaatan biji adas untuk menolak roh jahat dilakukan pada masa abad pertengahan di Eropa. Pada saat itu, biji adas digantung di depan pintu rumah untuk mengusir roh jahat yang dipercaya bisa mengganggu ketenteraman, rezeki, sampai keselamatan anggota keluarga. 

Mesir Penyuplai Utama 

Adas sebenarnya merupakan tanaman asli Eropa bagian selatan. Namun, tanaman ini juga banyak dibudidayakan di Eropa bagian utara, Amerika bagian utara, sampai Australia pada perkembangannya. Meskipun demikian, kenyataannya mayoritas biji adas yang diperjualbelikan di dunia berasal dari Mesir. Bahkan bisa jadi, biji adas yang Anda gunakan sebagai bumbu masakan saat ini berasal dari wilayah sekitar Sungai Nil, Mesir. 

*** 

Selain manfaat adas yang menarik dan luar biasa, fakta-fakta terkait rempah-rempah yang satu ini juga sayang jika dilewatkan, bukan? Dari berbagai fakta soal manfaat dan penggunaan adas di atas, mana yang paling membuat Anda terkesan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *