Kepribadian Orang Berubah? yang Perlu Anda Ketahui

Kepribadian orang dapat berubah di sepanjang hidup mereka. Fluktuasi suasana hati dari waktu ke waktu merupakan sebuah hal yang normal. Akan tetapi, perubahan kepribadian orang yang tidak biasa dapat menjadi sebuah tanda adanya gangguan mental atau medis. Perubahan kepribadian dapat didemonstrasikan lewat beragam cara. Misalnya, perilaku yang tidak konsisten dengan bagaimana Anda biasanya bereaksi akan suatu kejadian dapat mengindikasikan adanya perubahan kepribadian. Seseorang yang berperilaku dengan agresif dan tidak konsisten dengan perilaku mereka sehari-hari dalam situasi yang sama juga dapat menunjukkan adanya perubahan kepribadian. 

Meskipun perubahan kepribadian orang dengan bertahap bukanlah suatu hal yang tidak biasa, perubahan yang tiba-tiba dapat disebabkan karena penyakit atau cidera. Carilah tanda atau gejala seperti denyut nadi yang lemah, detak jantung yang cepat, pernapasan yang cepat, pernapasan yang pendek, tekanan darah rendah, bingung, pusing, sulit berbicara, rasa nyeri di dada, dan perubahan penglihatan. Apabila Anda atau orang yang Anda kenal mengalami hal tersebut di atas, hubungi dokter dan dapatkan perawatan kedawatdaruratan secepatnya. 

Penyebab perubahan kepribadian

Seseorang yang tadinya terlihat senang dapat berubah menjadi sedih akibat rasa kecewa ataupun duka. Terkadang, suasana hati seseorang akan berubah selama beberapa minggu hingga bulan setelah mendengar kabar yang menyakitkan. Namun, suasana hati yang berubah berbeda dengan kepribadian orang yang berubah. Seseorang dapat mengalami perubahan perilaku setelah mengalami situasi trauma atau menyaksikan kejadian yang tidak mengenakkan. Perubahan kepribadian orang ini dapat disebabkan karena kondisi kesehatan mental, seperti:

  • Kecemasan. Kecemasan terjadi ketika seseorang merasa cemas dan tidak nyaman akan suatu situasi. Merasa cemas merupakan sebuah pengalaman yang normal, namun ketika kecemasan terjadi secara terus menerus tanpa adanya pemicu tertentu, kondisi ini dapat menjadi tanda Anda menderita gangguan kecemasan umum. 
  • Serangan panik. Serangan panik adalah periode rasa takut ekstrim. Terkadang, rasa takut tersebut terasa tidak rasional. Contohnya, seseorang dapat menderita serangan panik saat melihat elevator atau berbicara di depan publik. 
  • Gangguan stres pasca trauma. Juga dikenal dengan sebutan PTSD, ini adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan rasa takut esktrim, flashback, dan dalam beberapa kasus, halusinasi. PTSD dipicu oleh ingatan tentang trauma, misalnya serangan teroris atau kecelakaan mobil. 
  • Gangguan bipolar. Gangguan bipolar menyebabkan seseorang mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim. Perubahan suasana hati dapat melibatkan euphoria dan depresi ekstrim dan dapat mengubah cara seseorang memberikan respin terhadap interaksi atau situasi tertentu, tergantung dengan kondisi suasana hati mereka. 
  • Schizophrenia. Schizophrenia membuat berpikir dengan jelas sulit untuk dilakukan. Selain itu, Anda akan kesulitan dalam memahami situasi dengan efektif, berperilaku secara normal dalam situasi sosial, dan kesulitan memahami apa yang nyata dan apa yang tidak. 

Kondisi medis yang menyebabkan perubahan kadar hormon juga dapat menyebabkan kepribadian orang dan perilaku yang tidak biasa dan aneh. Kondisi medis tersebut di antaranya adalah menopause, PMS, andropause, hyperthyroidism atau hypothyroidism. Kegawatdaruratan medis juga dapat menyebabkan kepribadian orang yang aneh dan tidak biasa, seperti serangan jantung, stroke, dehidrasi, dan malnutrisi. 

Perubahan kepribadian orang yang disebabkan karena gangguan mental dapat dirawat menggunakan kombinasi obat perubah suasana hati dan terapi. Penyedia layanan kesehatan biasanya meresepkan obat-obatan untuk merawat kondisi seperti gangguan kecemasan, gangguan panik, PTSD, dan gangguan bipolar. Apabila Anda khawatir tentang kesehatan mental, hubungi dokter secepatnya. Dokter juga dapat merekomendasikan psychotherapy atau terapi bicara untuk membantu Anda memahami dan mengatasi situasi yang sulit dan penuh stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *