Inilah Gejala, Penyebab Serta Perawatan Operasi Mata Juling

Operasi mata juling pada anak untuk kembalikan rasa percaya diri

Strabismus (mata juling) adalah suatu kondisi di mana mata tidak sejajar satu sama lain, dengan kata lain, satu mata diputar ke arah yang berbeda dari mata yang lain.

Apabila di kondisi normal, enam otot yang menjadi pengontrol gerakan mata akan bekerja sama untuk mengarahkan kedua mata di arah yang bersamaan. Pasien dengan strabismus memiliki masalah dengan kontrol gerakan mata dan tidak dapat menjaga keselarasan mata normal (posisi mata).

Strabismus bisad dikategorikan sesuai dengan arah mata yang berputar maupun tidak sejajar:

  • Pembalikan ke dalam (esotropia)
  • Pembalikan ke luar (eksotropia)
  • Memutar ke atas (hipertropia)
  • Putar ke bawah (hipotropia)

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan yang membantu menentukan penyebab dan pengobatan strabismus atau operasi mata juling:

  • Apakah masalahnya datang tiba-tiba atau seiring waktu?
  • Apakah itu hadir dalam 6 bulan pertama kehidupan, atau apakah itu terjadi di kemudian hari?
  • Apakah derajat beloknya kecil, sedang, atau besar?
  • Apakah selalu ada, atau hanya sebagian dari waktu?
  • Apakah ada riwayat keluarga strabismus?

Bagaimana mata juling didiagnosis?

Dalam mencegah hilangnya penglihatan, harus melakukan diagnosa sedini mungkin serta pengobatan bagi mata juling sangat penting. Lakukan konsul kepada dokter jika Anda mengalami mata juling. Mereka akan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa kesehatan mata Anda yang mungkin termasuk:

  • tes dengan melakukan refleks cahaya kornea ketika pemeriksaan mata juling
  • tes ketajaman visual dalam penentuan apakah masih baik dalam membaca dari kejauhan 
  • tes cover/uncover untuk mengukur pergerakan dan deviasi mata Anda
  • pemeriksaan retina untuk memeriksa bagian belakang mata Anda

Apabila Anda mempunyai gejala di fisik lain yang bersamaan dengan mata juling, maka dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan otak serta sistem sarah Anda pada kondisi lain. Contohnya seperti mereka melakukan tes untuk pemeriksaan cerebral palys maupun sindrom Guillain-Barre. 

Adalah umum bagi bayi yang baru lahir untuk memiliki mata juling. Jika bayi Anda memiliki mata juling yang bertahan lebih dari usia 3 bulan, buatlah janji dengan dokter mereka. Anak kecil harus menjalani pemeriksaan mata sebelum usia 3 tahun.

Siapa yang berisiko mengalami mata juling?

Anda lebih mungkin mengalami mata juling jika Anda:

  • memiliki anggota keluarga yang juling
  • memiliki kelainan otak atau tumor otak
  • pernah mengalami stroke atau cedera otak
  • memiliki mata malas, rabun dekat, atau kehilangan penglihatan
  • memiliki retina yang rusak
  • menderita diabetes

Tujuan utamanya adalah untuk menyelaraskan mata dan mengembalikan penglihatan binokular. Perawatan tergantung pada jenis strabismus, jadi hanya setelah pemeriksaan mata lengkap dapat ditentukan terapi optik, medis atau bedah yang tepat.

Pengobatan Strabismus Non-bedah

Penggunaan kacamata standar dapat memperbaiki beberapa bentuk strabismus. Kacamata dengan prisma – lensa kacamata yang menggeser gambar dari satu mata ke mata lainnya – mungkin juga berguna pada jenis strabismus tertentu, terutama pada orang dewasa.

Penting untuk dicatat bahwa beberapa profesional perawatan mata menganggap penggunaan prisma untuk mengobati strabismus menjadi kontroversial. Namun, prisma dalam gelas jarang mengakibatkan keselarasan yang memburuk dari waktu ke waktu.

Latihan mata telah digunakan untuk mengobati bentuk strabismus yang dikenal sebagai insufisiensi konvergensi, tetapi sebaliknya tampaknya tidak membantu dalam mengobati bentuk penyakit lainnya.

Tidak ada obat yang tersedia untuk mengobati sebagian besar bentuk strabismus. Perawatan mata juling harus dengan operasi mata juling. 

Perawatan Bedah Strabismus

Jika kacamata tidak memperbaiki ketidaksejajaran, operasi bisa menjadi pilihan yang berhasil. Pembedahan sering melibatkan kedua mata, yang dapat diluruskan melalui pembedahan dengan memperpendek atau memperpanjang otot yang mengontrol gerakan mata.

Dokter bedah Anda dapat memilih untuk menggunakan jahitan yang dapat disesuaikan. Dalam prosedur ini, operasi dilakukan untuk menempatkan satu atau lebih otot pada katrol. Katrol kemudian disesuaikan keesokan harinya dengan pasien terjaga sehingga meningkatkan kemungkinan keberhasilan penyelarasan mata. Hanya ada sedikit ketidaknyamanan yang terlibat dengan prosedur penyesuaian ini.

Orang-orang pulih dengan cepat dari prosedur ini dan dapat kembali ke aktivitas normal dalam beberapa hari. Dalam beberapa kasus, operasi tambahan mungkin diperlukan untuk menjaga mata tetap sejajar. Operasi strabismus biasanya merupakan pengobatan yang aman dan efektif.

Operasi strabismus atau operasi mata juling memiliki sedikit komplikasi serius. Pada sejumlah kecil pasien, mata tetap tidak sejajar setelah operasi. Komplikasi langka termasuk perdarahan, perforasi mata, infeksi, ablasi retina, dan diplopia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *