Ini Perawatan dan Pengobatan Kelainan Deviasi Septum Nasal

Sistem pernafasan memiliki hidung sebagai organ pernafasan yang berfungsi menghirup atau mengambil udara dari sekitar. Hidung terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh tulang rawan yang disebut dengan septum. Peran septum mirip dengan penanda jalur di jalan raya yang sibuk. 

Septum ini memungkinkan udara yang dihirup melalui lubang hidung mengalir langsung dari ujung hidung ke bagian belakang hidung dan ke paru-paru. Tanpa septum, udara yang kita hirup mungkin “tersesat” di hidung kita.

Septum yang ideal memiliki bentuk dinding lurus yang mengarah ke atas dan ke bawah. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang memiliki septum menyimpang baik itu kecil maupun besar. Kelainan atau penyimpangan ini disebut juga deviasi septum nasal.

Deviasi septum nasal yang sudah muncul gejala, harus segera diperiksakan untuk menghindari risiko buruk ke depannya.

Bagaimana gejala deviasi septum nasal?

Deviasi septum nasal yang ringan atau kecil jarang menimbulkan gejala. Tapi jika penyimpangan yang terjadi pada septum cukup besar, mungkin akan menggangu pernafasan dan menimbulkan penyakit lain.

Jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau gejala yang memengaruhi aktivitas atau kehidupan Anda, segera temui penyedia layanan kesehatan atau dokter Anda. Mereka akan memeriksa kondisi Anda untuk melihat apakah benar ada penyimpangan dan seberapa parah penyimpangan tersebut.

Gejala-gejala dari deviasi septum nasal yang patut Anda waspadai adalah:

  • Kesulitan bernapas atau hidung tersumbat 
  • Hanya satu sisi hidung yang terasa lebih mudah untuk bernafas
  • Infeksi sinus atau radang sinus (sinusitis)
  • Kekeringan di satu lubang hidung
  • Mimisan
  • Mendengkur atau bernapas keras saat tidur
  • Tidur terganggu
  • Sakit kepala 
  • nyeri/sakit wajah

Bagaimana pengobatan dan perawatan deviasi septum nasal?

Banyak kasus deviasi septum nasal yang tidak memerlukan pengobatan. Semetara untuk perawatan dan pengobatan bagi septum yang menyimpang cukup parah dapat dilakukan dengan konsumsi obat-obatan. Hal ini bukan mengatasi tapi untuk mengurangi gejala, obat yang mungkin direkomendasikan dokter adalah dekongestan, antihistamin, semprotan steroid hidung, dan strip hidung.

Opsi lain atau cara lain adalah dengan pembedahan atau operasi yang dinamakan septoplasty. Biaya, risiko dan faktor lain dari operasi ini membuat beberapa pasien deviasi septum nasal memilih untuk tidak menjalani operasi. 

Apa itu operasi septoplasty?

Septoplasty adala operasi untuk meluruskan septum dan saluran hidung Anda. Para dokter dan ahli bedah akan membuat sayatan kecil di septum dan kemudian membuang kelebihan tulang atau tulang rawan yang diperlukan untuk meratakan ruang pernapasan di lubang hidung. Belat silikon juga dapat dimasukkan di setiap lubang hidung untuk menopang septum, kemudian luka sayatan ditutup dengan jahitan.

Sebelum operasi disarankan, ada beberapa hal yang dievaluasi untuk pasien dapat benar-benar bisa menjadi kandidat operasi ini. hal tersebut adalah sekat hidung yang mengalami deviasi, usia, kesehatan, faktor risiko, kondisi yang sudah ada sebelumnya, operasi sebelumnya, dan apakah pasien penggunaan alkohol, obat-obatan dan tembakau.

Setelah operasi selesai, Anda mungkin akan dimonitor untuk beberapa waktu dan jika aman boleh dapat pulang bahkan di hari yang sama. Hidung Anda mungkin sakit, memar dan bengkak selama beberapa minggu setelah operasi. Tapi kebanyakan operasi ini termasuk aman. Meski begitu tetap ada komplikasi atau risiko yang menyertainya seperti:

  • Perubahan bentuk pada hidung
  • Pendarahan 
  • Penurunan fungsi indra penciuman
  • Mati rasa pada gusi dan gigi atas untuk sementara waktu
  • Hematoma septum (kumpulan darah di septum)
  • Infeksi
  • Muncul lubang pada septum atau perforasi

Dokter biasanya akan memberikan obat selama pemulihan pasca operasi.

Apa saja komplikasi deviasi septum nasal?

Deviasi septum nasal yang tak segera ditangani atau diobati dapat menimbulkan komplikasi seperti penyumbatan salah satu atau kedua lubang hidung. Hal- ini dapat menyebabkan:

  • Mulut kering, karena pernapasan sering dari mulut sehingga terjadi pernafasan mulut kronis
  • Perasaan tertekan atau tersumbat di saluran hidung Anda
  • Tidur terganggu, karena ketidaknyamanan bernafas akibat dari masalah sinus kronis, bisa juga mendengkur, atau Anda hanya dapat tidur di satu sisi
  • Terjadi mimisan atau pendarahan
  • Sakit atau nyeri pada wajah

Deviasi septum pernafasan memang menjadi kondisi yang umum dialami. Kondisi ini tidak banyak berdampak bila ringan atau kecil, tapi akan menjadi buruk jika kondisi penyimpangan parah. 

Gejala pun akan muncul yang bila tidak lekas ditangani dapat membahayakan dan membuat kehidupan terganggu. Pengobatan atau perawatan dari deviasi septum nasal bisa dengan obat untuk mengurangi gejala dan disarankan juga untuk mengambil operasi septoplasty. 

Anda bisa segera periksan ke dokter bila terjadi gejala-gejala seperti di atas, terlebih bagi Anda yang pernah mengalami cedera hidung. Pemeriksaan dan penanganan yang tepat akan menghindarkan Anda dari risiko buruk atau komplikasinya.

Temukan lebih banyak informasi mengenai deviasi septum nasal di website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa chat dengan dokter melalui aplikasi SehatQ tentang deviasi septum ini. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *