Ibu Menyusui, Ketahui Hal-hal Penting Seputar Menyusui Bayi

ibu menyusui

Bagi ibu menyusui, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan menyusui bayi, khususnya bayi yang baru lahir. Di masa ini, segala gaya hidup sang ibu akan memberikan dampak terhadap kualitas ASI yang nantinya akan dikonsumsi oleh bayi.

Sebagai ibu, Anda tentu ingin memastikan bayi mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup. Penting bagi Anda untuk memperhatikan gaya hidup yang diterapkan selama masa menyusui. 

Gaya hidup yang perlu diperhatikan ibu menyusui 

Sama seperti selama masa kehamilan, Anda akan dilarang untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman. Karena, segala yang masuk ke dalam tubuh Anda nantinya akan memengaruhi kondisi ASI. 

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda sedang di masa menyusui bayi: 

  • Memakan makanan yang bergizi

Penting sekali bagi Anda untuk meningkatkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda akan memerlukan setidaknya 450-500 ekstra kalori setiap harinya selama menyusui. 

Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya akan protein dan kalsium. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan tidak sehat lainnya, karena akan berdampak pada kualitas ASI ibu menyusui. 

  • Lebih banyak minum air

Anda akan merasa lebih mudah haus di masa menyusui. Oleh sebab itu, sebaiknya selalu sediakan air dalam jumlah yang cukup untuk diminum setiap harinya. Jika tidak, maka tubuh Anda rentan terhadap kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Tubuh yang dehidrasi tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Ini juga akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi ASI. Jadi, sebisa mungkin pastikan untuk minum lebih banyak air setiap harinya di masa menyusui. 

  • Kelola stres dengan baik

Ketahuilah bahwa kesehatan fisik dan mental Anda selama masa menyusui akan berdampak pada kondisi bayi. Sebisa mungkin, hindari hal-hal yang bisa memicu stres pada diri Anda.

Pada dasarnya, stres bisa menyebabkan penurunan kemampuan sel-sel dalam tubuh, sehingga Anda menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Ini juga akan berdampak pada kemampuan tubuh ibu menyusui untuk memproduksi ASI dengan baik.

  • Hindari meminum alkohol

Selama masa kehamilan, Anda mungkin sudah diberi tahu oleh dokter untuk menghindari minuman beralkohol. Hal ini juga sebaiknya tetap dilakukan hingga masa menyusui.

Anda boleh saja meminum alkohol namun hanya dalam jumlah kecil. Selain itu, sebaiknya beri jeda waktu antara meminum alkohol dengan menyusui. Jeda waktu yang dianjurkan minimal 2 jam setelah meminum alkohol hingga Anda boleh menyusui kembali. 

  • Hindari meminum berkafein

Selain alkohol, ibu menyusui juga disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi. Meskipun, tidak masalah jika Anda meminumnya dalam jumlah yang sedikit. 

Sama seperti saat meminum alkohol, beri jeda minimal 2 jam sebelum Anda mulai menyusui kembali. Jika ingin meminum minuman yang mengandung kafein, batasilah konsumsi per harinya, maksimal 2 gelas saja dalam sehari. 

Ingatlah bahwa segala gaya hidup Anda akan memengaruhi kualitas ASI yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang baru lahir akan memerlukan banyak nutrisi dari sang ibu, sehingga sebagai ibu Anda pun harus memastikan tubuh Anda tetap sehat secara keseluruhan.

Ibu menyusui sebaiknya memperhatikan kesehatan fisik serta mentalnya pula. Minta juga dukungan dari orang-orang terdekat, seperti dari pasangan dan keluarga, agar Anda bisa menjaga kesehatan dengan lebih optimal demi kesehatan sang bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *