Ibu Hamil Makan Daging Kambing, Boleh atau Tidak?

ibu hamil makan daging kambing

Ada banyak mitos yang beredar mengenai larangan mengonsumsi makanan tertentu saat hamil. Salah satunya adalah larangan bag ibu hamil makan daging kambing. Tapi, benarkah demikian?

Banyak wanita hamil yang beranggapan bahwa selama hamil, mereka tidak boleh mengonsumsi daging merah, termasuk daging kambing. Akan tetapi, Anda harus bisa membedakan apakah larangan tersebut hanyalah mitos semata atau merupakan fakta. 

Bolehkah ibu hamil makan daging kambing?

Sebenarnya, tidak masalah bagi ibu hamil jika ingin mengonsumsi daging merah seperti daging kambing. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

  • Konsumsi daging kambing dalam keadaan matang

Saat akan memakan daging kambing, Anda harus bisa memastikan bahwa daging tersebut dalam keadaan matang. Jangan memakan daging kambing mentah ataupun setengah matang. Pastikan daging benar-benar sudah matang ketika akan dimakan. 

Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena daging yang mentah atau setengah matang biasanya masih mengandung kadar bakteri dan parasit di dalamnya. Jika dikonsumsi, maka Anda rentan terinfeksi oleh bakteri atau parasit tersebut, dan ini akan memberikan dampak negatif bagi bayi di dalam kandungan. 

  • Makan hanya bagian dagingnya saja

Boleh-boleh saja jika ibu hamil makan daging kambing, tapi pastikan bahwa Anda benar-benar hanya memakan bagian dagingnya saja. Hindari mengonsumsi bagian tubuh lain dari kambing, khususnya bagian organ hati. 

Mengonsumsi hati kambing berisiko membahayakan janin dalam kandungan. Ini bisa terjadi karena banyaknya kandungan vitamin A di dalam hati kambing. Oleh sebab itu, ketika akan memakan menu yang mengandung kambing di dalamnya, pastikan Anda benar-benar hanya memakan dagingnya saja. 

  • Konsumsi dalam jumlah wajar

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan bisa mengakibatkan dampak negatif. Hal ini juga berlaku bagi Anda para ibu hamil makan daging kambing. 

Tidak apa-apa jika Anda ingin makan daging kambing, tapi pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Terlalu banyak mengonsumsi daging kambing berpotensi menyebabkan Anda mengalami batu ginjal. 

Bukan hanya itu, daging kambing juga mengandung kadar kolesterol dan lemak jenuh yang cukup tinggi, sehingga tidak aman bila dikonsumsi terlalu banyak oleh wanita yang sedang hamil. 

Daging kambing sebagai sumber protein

Salah satu nutrisi utama yang bisa didapatkan dari daging kambing adalah protein. Anda sangat memerlukan protein untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat imunitas Anda terjaga, secara otomatis kesehatan bayi dalam kandungan pun juga lebih terjaga. 

Selain itu, ketika bayi dalam kandungan mendapatkan jumlah protein yang memadai, tubuh mereka pun bisa berkembang dengan lebih baik dan membentuk sistem kekebalan bayi yang lebih baik juga. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada manfaat yang bisa didapatkan bagi ibu hamil makan daging kambing. Selain sebagai sumber protein, daging kambing juga bisa memberikan beberapa manfaat tambahan, seperti: 

  • Kaya akan zat besi yang bisa membantu membentuk sel darah merah
  • Kaya akan kandungan vitamin B12 untuk menjaga kesehatan sistem saraf
  • Kaya akan kandungan zinc untuk mendukung pertumbuhan sel dalam tubuh janin secara keseluruhan

Dengan adanya manfaat-manfaat di atas, maka tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging kambing di masa kehamilan. Asalkan Anda selalu mengingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Jika Anda masih merasa ragu untuk memakannya, cobalah konsultasikan pada dokter mengenai keamanan bagi ibu hamil makan daging kambing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *