Fakta-Fakta yang Mesti Diketahui dari Hypnobirthing

Fakta-Fakta yang Mesti Diketahui dari Hypnobirthing

Anda sedang deg-degan menghadapi waktu persalinan yang semakin dekat. Bagaimana jika Anda mencoba memilih metode persalinan dengan hypnobirthing? Sesuai namanya metode persalinan ini menggunakan hipnosis sebagai kunci untuk melahirkan si kecil. Hipnosis positif kepada diri sendiri diyakini membuat Anda sebagai ibu menjadi lebih nyaman dan mempermudah persalinan. 

Kebanyakan orang yang menjalani metode hypnobirthing mengakui cara ini bisa mengurangi rasa takut, cemas, tegang, maupun takut akan pernikahan. Ujung-ujungnya karena rasa takut yang dapat dikendalikan, proses melahirkan dapat berlangsung dengan minim trauma. Tentunya ini menguntungkan bagi Anda dan bagi bayi karena trauma yang kecil memberi kesempatan lebih besar agar bayi lahir sehat. 

Persalinan hypnobirthing, melahirkan tanpa rasa sakit?

Anda tertarik menjalani persalinan dengan menggunakan metode hypnobirthing? Sebelum memutuskannya, pahami dulu fakta-fakta seputar metode persalinan yang satu ini, yuk. 

Metode Persalinan Alami 

Anda mungkin masih sedikit bingung mengenai metode persalinan hypnobirthing. Pada dasarnya, ini merupakan metode persalinan alami atau secara pervaginam. Hipnosis positif diberikan agar proses melahirkan pervaginam bisa berlangsung lebih mudah. Namun jika terdapat komplikasi dan mengharuskan Anda melakukan persalinan secara operasi, metode hypnobirthing pun bisa berperan membuat persalinan caesar menjadi lebih tidak menakutkan. 

Bebas Rasa Takut 

Pada dasarnya, metode melahirkan secara hypnobirthing dapat membantu para ibu yang hendak melahirkan untuk melawan ketakutannya. Banyak ketakutan yang kerap dipikiran para wanita ketika hendak bersalin, seperti vagina yang robek sampai adanya risiko pendarahan mata ketika salah mengejan. Namun ujung-ujungnya, rasa takut bisa membuat berbagai risiko tersebut lebih mungkin terjadi. Sebaliknya dengan melepaskan rasa takut, rahim bisa berfungsi lebih efektif dan persalinan terasa lebih mudah serta cepat.  

Lebih Ampuh daripada Morfin 

Ketika Anda melakukan metode hypnobirthing dalam mempersiapkan kelahiran sang buah hati, Anda akan lebih mudah mengelola perasaan Anda. Rasa takut dapat ditepis, sementara perasaan nyaman dan senang dapat ditingkatkan. Perasaan nyaman yang tinggi ketika hendak melahirkan pada akhirnya bisa merangsang produksi hormone endorfin ketika persalinan tiba. Inilah yang pada akhirnya membuat persalinan dengan metode hypnobirthing menjadi minim rasa sakit. Soalnya, hormon endorfin memiliki kemampuan menahan sakit yang kekuatannya setara dengan 200 kali dosis morfin. Luar biasa, bukan? 

Relaksasi adalah Kunci 

Sebenarnya apa kunci dari metode hypnobirthing? Intinya hanyalah relaksasi. Dalam melakukan metode ini, Anda sebagai ibu hamil akan diajari mengenai berbagai teknik relaksasi, fisiologi, pijat, saran praktis mengenai pilihan kelahiran mereka. Dengan mempelajari itu semua, tubuh dirancang dengan sempurna untuk melahirkan menggunakan pernapasan yang dalam akibat relaksasi yang terjadi secara maksimal. Karena pernapasannya bisa optimal, proses mengejan sampai mengeluarkan si kecil pun menjadi lebih kilat. 

Mandiri atau Kelas  

Ada dua pilihan melakukan metode hypnobirthing dalam melahirkan. Umumnya, peminat hypnobirthing akan mengikuti kelas khusus untuk membantu proses relaksasi dan hipnosis menjelang persalinan. Kelas untuk metode persalinan ini umum dianjurkan diikuti sejak usia kehamilan 32 minggu. Namun, Anda juga bisa berlatih hypnobirthing secara mandiri dengan mempelajarinya lewat sumber-sumber visual, seperti konten di Youtube maupun buku. Tentunya semua harus yang terpercaya. 

Pendamping Mesti Ikut Serta  

Bukan hanya Anda yang perlu mempelajari kunci relaksasi dalam menghadapi persalinan dengan metode hypnobirthing. Pendamping atau partner Anda pun harus ikut serta. Partner Anda harus belajar untuk mengerti cara menenangkan Anda ketika proses persalinan berlangsung. Jangan sampai ketika Anda sudah tenang karena hipnosis, partner Anda justru panik dan menghadirkan ketakutan bagi Anda. 

Dimulai dari Buku 

Penasaran tidak bagaimana awalnya metode hypnobirthing ditemukan sampai menjadi populer seperti saat ini? Jawaban ringkasnya, metode ini pertama kali diperkenalkan lewat buku berjudul Childbirth Without Fear. Buku yang didapuk oleh Dr.Grantley Dick-Reid, dokter bersalin dari Inggris, pada tahun 193 ini menyatakan, ketakutan wanita saat melahirkan akan membuat asupan oksigen dan volume darah ke arah rahim semakin minim. Jadi persalinan semakin sakit. Dari sinilah, dimulailah metode ini untuk mengurangi ketakutan tersebut lewat jalur hipnosis positif. 

*** 

Jangan ragu untuk melakukan metode hypnobirthing. Konsultasikan rencana  Anda dengan dokter Anda karena metode ini sejatinya bisa dilakukan di mana saja, baik persalinan di bidan maupun di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *