Kelebihan Highlight Rambut dan Cara Merawatnya

Kelebihan Highlight Rambut dan Cara Merawatnya

Jika Anda ingin memiliki warna rambut yang lebih tren, berdimensi, dan tetap cantik, Anda dapat memilih metode highlight rambut. Metode ini memberi Anda tampilan alami yang cerah dengan transisi warna rambut yang lembut. Selain itu, highlight rambut juga memiliki risiko yang lebih sedikit dibanding mewarnai rambut secara keseluruhan.

Keuntungan Memilih Highlight Rambut

1. Perawatan highlight rambut lebih mudah

Perawatan hairlight rambut lebih mudah dilakukan daripada model rambut lainnya. Anda dapat menambahkan hair oil dan hair serum untuk menjaga kelembapan dan memberikan nutrisi pada akar rambut secara maksimal. Selain itu, highlight rambut juga membuat pertumbuhan rambut lebih halus dibandingkan dengan teknik pewarnaan rambut lainnya. 

2. Membuat tampilan rambut lebih alami dan trendi

Anda dapat memilih highlight rambut yang tipis jika ingin tampilan yang lebih natural maupun lebih gelap untuk memberikan efek dimensi. Hal ini membuat tampilan Anda menjadi natural namun tetap trendi. Padukan dengan model potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Dengan begitu, tampilan Anda akan lebih memukau. 

3. Risiko kerusakan rambut lebih kecil dibanding mewarnai semua rambut

Mewarnai rambut tentu menggunakan bahan kimia yang dapat merusak rambut Anda. Dengan metode highlight rambut berarti Anda hanya mewarnai sebagian helai rambut saja. Metode ini tentu dapat mengurangi risiko kerusakan seperti rambut rontok, bercabang, kering, mengembang, dan lain-lain. Namun akan Anda tetap perlu melakukan perawatan agar rambut Anda tetap sehat dan bervolume.

4. Membuat warna kulit terlihat lebih cerah

Dengan mengombinasikan warna yang tepat, highlight rambut akan menghasilkan hasil akhir yang memukau. Rambut jadi tampak lebih bercahaya, berdimensi, dan bervolume sehingga tampilan Anda tampak lebih segar. Selain itu, highlight rambut di sekitar wajah juga dapat menonjolkan mata dan rahang wajah Anda agar terlihat lebih menarik.

Cara Highlight Rambut di Rumah

Langkah I

Pilihlah pewarna rambut sesuai selera. Jika Anda menginginkan tampilan yang natural pilihlah warna seperti brown, grey, dan ash brown. 

Langkah II

Persiapkan seluruh alat dan bahan. Mulai dari mangkuk kecil, sisir khusus untuk cat rambut, sarung tangan, aluminium foil, pewarna rambut, pemutih rambut, dan hair treatment.

Langkah III

Lindungki kulit kepala dan pakaian, serta siapkan pemutih rambut. Anda dapat menggunakan pakaian yang jarang dipakai, pakaian bekas, atau kaos berwarna hitam. Letakkan handuk di bahu dan gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari zat pemutih. Setelah itu, Anda dapat memilih bagian rambut yang ingin diwarnai. Pastikan tutup bagian rambut lainnya agar tidak terkena zat pemutih menggunakan aluminium foil atau kertas.

Langkah IV

Aplikasikan pemutih rambut pada area yang diinginkan. Hindari memutihkan rambut yang terlalu terang karena dapat menciptakan efek bergaris pada rambut Anda, sehingga terlihat tidak alami. Untuk mengurangi risiko kerusakan rambut, lakukanlah bleaching dalam beberapa sesi dengan jeda waktu, setidaknya 14 hari di antara setiap sesi bleaching.

Langkah V

Aplikasikan pewarna rambut dari akar rambut. Semakin tipis highlight-nya, semakin natural warnanya. Berusahalah untuk mengecat seperti Anda mewarnai untuk menciptakan gradasi rambut yang alami. Setelah itu, diamkan cat rambut beberapa menit hingga zat pewarna benar-benar terserap. 

Langkah IV

Bilas rambut hingga bersih

Langkah V

Kurangi risiko kerusakan rambut dengan perawatan rambut dengan hair toner, hair oil, hair vitamin, dan hair serum yang mampu menjaga kelembapan dan nutrisi rambut. Setelah itu, keringkan rambut kembali dan sisir rambut. Selain itu, perawatan rambut ini sangat bagus untuk menjaga kelembapan alami dan kilauan rambut. 

Langkah VI

Setelah melakukan perawatan rambut, keringkan rambut Anda secara menyeluruh dengan pengering rambut atau biarkan hingga kering dengan sendirinya. Kemudian rapikan rambut menggunakan sisir.

Perhatian

Gunakanlah kondisioner setelah keramas. Dapat dilakukan sebulan sekali. Tujuannya untuk menjaga kelembutan rambut Anda. Selain itu, gunakan produk perawatan rambut khusus highlight rambut untuk menjaga warna rambut tahan lama dan merawat rambut secara intensif. 

Untuk menghindari kerusakan berlebih hindari penggunaan catokan dan hairdryer yang terlalu sering. Selain itu, hindari paparan sinar matahari yang dapat membuat rambut kering. Pastikan untuk menggunakan pelindung kepala seperti topi dan memakai produk rambut yang mengandung UV filter. Untuk menjaga warna highlight tetap bagus, Anda dapat melakukan hair retouch. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *