Hal yang Harus Anda Hindari Saat Mengonsumsi Clofen

“Ekstrak daun ungu, ekstrak pepaya, dan ekstrak pohon pagoda adalah tiga kandungan utama Clofen yang diyakini mampu atasi gejala-gejala wasir. Dikategorikan sebagai jamu sehingga aman digunakan untuk pengobatan wasir secara alami.”

Wasir bisa terjadi pada siapa saja, dan biasanya terjadi karena adanya peradangan pada area anus akibat mengejan feses yang keras. Bila wasir terjadi, banyak orang akan mengonsumsi obat untuk mengatasi permasalah tersebut. Clofen dengan kandungan alaminya bisa mengatasi wasir dan melancarkan buang air besar.

Apa itu wasir?

Wasir adalah kondisi ketika pembuluh darah vena pada area anus mengalami peradangan atau bengkak. Hal ini sangat umum terjadi di berbagai kalangan sehingga ketika wasir atau ambeien ini terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir.

Wasir atau hemorrhoid ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi banyak yang merasa terganggu dan tidak nyaman sehingga ingin segera diatasi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi clofen tablet.

Namun, bila ambeien tidak kunjung hila, maka Anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut, seperti operasi ambeien. Maka dari itu, mengapa penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Atasi gejala wasir dengan clofen

Clofen dapat mengatasi beberapa gejala yang timbul karena adanya wasir, di antaranya:

  • Sembelit atau susah buang air besar (BAB)
  • Feses pada saat buang air besar berdarah dan berwarna merah 
  • Terdapat lendir pada saat BAB
  • Timbulnya benjolan di luar anus
  • Adanya pembengkakan pada area anus dan ditandai dengan rasa nyeri dan kemerahan
  • Timbul rasa gatal-gatal di sekitar anus.

Gejala-gejala di atas bisa diobati dengan Clofen karena mengandung tiga bahan utama yang alami.

Manfaat 3 kandungan clofen

Clofen termasuk ke dalam kategori obat jamu, yakni obat dengan kandungan tradisional yang menjadi penyusun jamu tersebut. 

1.Ekstrak Graptophyllum

Graptophyllum atau daun ungu ini berfungsi sebagai antiradang pada Clofen. Antiradang diperlukan karena pada umumnya wasir akan diikuti dengan munculnya tonjolan pada anus dan dibarengi dengan peradangan yang menimbulkan rasa nyeri.

2.Ekstrak Sophora japonica

Ekstrak sophora merupakan nama latin dari pohon pagoda. Clofen menggunakan ekstrak pohon pagoda sebagai salah satu kandungannya karena bermanfaat untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah vena yang ada di anus. Pada saat pembuluh darah ini menjadi lentur kembali, maka aliran darah menjadi lebih lancar dan tidak mudah terkena iritasi.

3.Ekstrak Carica papaya

Kandungan terakhir dari clofen adalah ekstrak buah pepaya yang sudah terkenal mampu mengatasi sembelit. Adanya pepaya di dalam obat ini akan berfungsi untuk melunakkan feses agar mudah dikeluarkan pada saat buang air besar.

Feses yang keras dapat memicu terjadinya iritasi hingga pendarahan pada anus.

Perpaduan ketiga bahan alami di atas membuat clofen mampu mengatasi gejala-gejala yang timbul karena adanya wasir. Namun, selain mengonsumsi obat, ada hal lain yang harus Anda lakukan agar masa pengobatan berjalan dengan baik.

Hindari hal ini selama pengobatan

  • Selama Anda mengobari ambeien dengan clofen, hindarilah makanan yang banyak mengandung cabai atau sambal. Sebab, rasa pedas yang muncul akan membuat penderita wasir merasakan sakit saat BAB. Selain itu, kandungan capsium pada cabai juga dapat memperparah pendarahan pada anus.
  • Hindari makanan berlemak tinggi, seperti daging, telur, dan lainnya. Lemak cenderung akan sulit dicerna sehingga sistem pencernaan Anda akan bekerja lebih keras. 
  • Perbanyaklah mengonsumsi air putih karena tubuh yang dehidrasi bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya wasir atau ambeie.

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai kandungan obat clofen dan hal yang harus dilakukan agar wasir cepat teratasi.

Meskipun clofen mudah Anda temui, namun penggunaan pada ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu. Sebab, meskipun clofen termasuk ke dalam jenis obat jamu karena menggunakan bahan-bahan yang alami, dosis pemakaiannya tetap lebih baik diawasi oleh dokter.

Sedangkan, clofen aman dikonsumsi oleh anak-anak dengan perhatian khusus dari orang tua dan dosis yang telah ditentukan. Jika gejala dan sakit wasir tidak kunjung mereda, maka Anda harus segera mengonsultasikan kondisi anak Anda kepada dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *