Gejala Benjolan di Testis dan Cara Mengobatinya

Benjolan merupakan sebuah tonjolan yang bisa muncul di bagian tubuh mana pun dan sebagian besarnya tidak berbahaya. Benjolan ini dapat disebabkan oleh banyak hal, baik itu infeksi, peradangan, tumor, atau trauma. Benjolan juga dapat muncul tunggal atau ganda, bertekstur lunak atau keras, dan menimbulkan nyeri atau tidak nyeri.

Kenali penyebab benjolan di penis, mulai dari dari jerawat, kutil, kista, hingga kanker.

Benjolan bisa hilang sendiri atau dengan beberapa pengobatan. Tapi bila itu tidak lekas hilang dan menimbulkan gejala yang lebih parah, segera periksa ke dokter. Salah satu benjolan yang akan dibahas adalah benjolan di testis. Kondisi ini cukup umum dan dialami oleh orang dewasa, remaja atau anak-anak. 

Benjolan dapat terjadi di satu atau dua testis dengan gejala tersendiri. untuk mengetahui selengkapnya, Anda bisa membaca artikel ini sampai habis.

Apa itu benjolan di testis

Testis adalah bagian dari alat reproduksi laki-laki yang berbentuk telur terbungkus dalam skrotum untuk menghasilkan dan hormon. Benjolan di testis sendiri merupakan massa abnormal di testis. Biasanya ini merupakan kondisi yang jinak atau non-kanker, tapi dalam jarang kasus kanker juga bisa terjadi bila benjolan mengeluarkan gejala yang parah.

Penyebab dari benjolan ini bisa dari banyak faktor, seperti cedera, cacat lahir, infeksi, dan lain sebagainya. Varikokel adalah penyebab yang paling umum yang terjadi karena pembesaran pembuluh darah. 

Penumpukan cairan di testis seperti hidrokel dan kista epididimis, serta peradangan atau infeksi epididimis dan orkitis juga bisa menyebabkan benjolan di testis. Kondisi paling parah yang menyebabkan benjolan di testis adalah kanker testis.

Apa saja gejala benjolan di testis

Mengutip Healthline, hampir semua benjolan di testis bisa menyebabkan pembengkakan dan perubahan tekstur testis. Tergantung penyebabnya, gejala benjolan di testis dapat bervariasi, seperti: 

  • Benjolan yang disebabkan varikokel jarang menyebabkan gejala, tapi bisa saja Anda merasakan testis yang lebih berat daripada testis lainnya, atau benjolan terasa seperti kantong kecil cacing
  • Benjolan hidrokel tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi, tetapi pada anak laki-laki yang lebih besar dan pada orang dewasa bisa menyebabkan perasaan tekanan perut dan pembengkakan yang cukup terlihat 
  • Benjolan karena kista epididimis juga umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun pada beberapa pria, salah satu testis mungkin terasa lebih berat dari biasanya.
  • Benjolan karena Infeksi dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, atau nyeri baik di salah satu atau kedua testis, ditambah gejala lainnya seperti demam, mual dan muntah
  • Untuk benjolan yang disebabkan torsis testis, merupakan darurat medis dan bisa menyakitkan. Gejalanya bisa berupa demam, sering buang air kecil, sakit perut, mual dan muntah, pembengkakan skrotum, posisi testis yang tidak biasa,entah itu lebih tinggi dari normal atau miring secara aneh
  • Benjolan yang disebabkan oleh kanker testis dapat menghasilkan gejala, meliputi sakit tumpul di perut atau selangkangan, pembengkakan atau nyeri di payudara, rasa berat di skrotum, kumpulan cairan secara tiba-tiba di skrotum serta rasa nyeri.

Bagaimana pengobatan benjolan di testis

Mengatasi benjolan di testis sama seperti mengklasifikasikan gejalanya. Ini tergantung pada penyebab dari benjolan itu sendiri. di beberapa kasus, benjolan dapat hilang sendiri dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Terapi standar umum yang bisa Anda lakukan untuk benjolan di testis dan nyeri testis meliputi:

  • Resep obat antibiotik untuk benjolan karena infeksi 
  • Resep obat pereda nyeri
  • Mendorong bagian hernia yang menonjol kembali ke tempatnya semula
  • Pembedahan untuk mengangkat, mengeringkan, atau memperbaiki benjolan
  • Operasi pengangkatan testis dan kemoterapi, untuk kanker testis

Benjolan di testis biasanya jinak dan bukan kanker testis, namun jika itu lebih sakit, terjadi dalam waktu yang lama, serta muncul gejala lainnya Anda harus segera periksa ke dokter. Gejala akan bervariasi sesuai dengan penyebabnya, begitu pula dengan pengobatannya. 

Beberapa tidak perlu diobati secara khusus, tapi bisa juga dilakukan dengan konsumsi obat, pembedahan hingga operasi dan kemoterapi untuk kanker testis. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang benjolan di testis, Anda bisa mengunjungi artikel-artikel di laman SehatQ atau berkonsultasi pada dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *