Dari Cranky Jadi Hepi, Begini Cara Memperbaiki Mood Saat PMS

Selama menstruasi, wanita akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang membuat mood bisa berubah dengan cepat. Wanita juga jadi lebih sensitif dari biasanya, inilah alasan lain yang membuat suasana hati mereka berganti dengan mudahnya. 

Orang-orang yang berhadapan dengan mereka pasti akan merasakan jengkel. Bagi wanita, mood swing yang mereka rasakan selama menstruasi juga membuat mereka kesulitan dan tidak nyaman. Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana perubahan hormon mempengaruhi mood dan bagaimana cara memperbaiki mood selama menstruasi.

Mengapa wanita lebih sensitif saat menstruasi?

Kebanyakan wanita di masa subur pernah mengalami sindrom pramenstruasi (PMS), sekumpulan gejala fisik dan emosional yang terjadi sejak satu minggu sebelum menstruasi. Menjelang menstruasi, seorang wanita akan mengalami beberapa perubahan pada fisiknya seperti kram perut, nyeri pada payudara, bisa juga mempengaruhi nafsu makan. 

Hal yang paling menjengkelkan dari PMS adalah perubahan emosional. Wanita jadi lebih mudah marah dan tersinggung tanpa alasan yang jelas atau karena masalah sepele. Mereka juga mungkin jadi lebih murung, merasa sedih dan menangis secara tiba-tiba, depresi, gugup, dan cemas.

Meskipun hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti PMS, peneliti meyakini bahwa perubahan mood wanita saat menstruasi berkaitan erat dengan perubahan hormon, khususnya estrogen dan progesteron, sepanjang siklus haid. Tingkat estrogen meningkat perlahan setelah periode menstruasi berakhir, lalu meningkat dua minggu kemudian, dan kembali turun tepat sebelum hari pertama menstruasi. 

Penurunan kadar estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi kadar serotonin yang bertanggung jawab terhadap siklus tidur, suasana hati, dan nafsu makan. Tingkat serotonin yang rendah akan menyebabkan seseorang merasa sedih, mudah tersinggung, depresi, mudah marah, meningkatkan keinginan untuk mengidam, sulit tidur, dan gejala umum PMS lainnya. 

Apakah perubahan mood selama menstruasi bisa diperbaiki?

Berikut ini beberapa cara memperbaiki mood saat PMS menyerang:

1. Olahraga

Aktivitas fisik, seperti olahraga dapat memicu pelepasan endorfin di otak yang dapat membuat perasaan lebih senang, memperbaiki suasana hati, dan meringankan depresi. Olahraga juga dapat meningkatkan energi dan mencegah sekaligus mengurangi kram dan kembung selama menstruasi. Beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan selama menstruasi adalah jogging, berlari, bersepeda, dan berenang. 

2. Makan lebih sering dalam jumlah kecil

Saat haid, wanita sering mengalami mengidam makanan manis, terlebih lagi makanan manis seperti es krim atau coklat diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah dan efektif meningkatkan suasana hati. Namun makan dalam porsi besar, terutama yang tinggi karbohidrat, dapat memperburuk PMS. 

Cobalah untuk makan enam kali sehari dalam porsi kecil untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Untuk cemilan yang sehat, kamu bisa memilih coklat hitam yang kaya antioksidan. Untuk ide hidangan, pilihlah makanan yang kaya magnesium dan lemak sehat seperti kacang-kacangan, bayam, keju, ikan, dan alpukat.

3. Tidur siang

Tidur dapat membantu menata suasana hati dan memberikan energi yang dibutuhkan saat bangun. Saat tidur, tubuh akan memproduksi serotonin untuk membuatmu merasa lebih baik.

4. Teknik relaksasi

Meditasi atau yoga efektif menenangkan tubuh dan pikiran, terutama saat gejala PMS datang. Keduanya juga dapat membantu mengelola stres, yang jika tidak diatasi bisa memperburuk suasana hati. 

Selain meditasi dan yoga, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang dapat membantumu tenang seperti mendengarkan musik tenang, berjalan-jalan di taman saat pagi hari, mandi air hangat, dan menyalakan lilin aromaterapi. Itu tadi beberapa cara memperbaiki mood saat menstruasi yang bisa dicoba. Jika setelah melakukan berbagai cara masih dirasa kurang efektif, kamu bisa menemui dokter untuk mendapat pilihan pengobatan. Antidepresan, suplemen, dan pil KB dapat mengurangi gejala PMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *