Daftar Penyakit Dengan Gejala Pucat yang Perlu Diwaspadai

Apakah Anda sedang mengalami gejala pucat? Pucat pada merupakan suatu kondisi dimana warna kulit berubah menjadi tidak normal seperti biasanya. Gejala pucat biasanya tampak pada seluruh tubuh namun sering kali terjadi pada salah satu bagian saja seperti wajah, ataupun bibir.

Apa Saja Penyakit yang Memiliki Gejala Pucat?

Secara umum penyebab dari pucat adalah karena berkurangnya aliran darah seperti tubuh yang tengah pingsan, kurangnya paparan sinar matahari, paparan udara dingin, dan kadar gula yang terlalu rendah. Namun pada situasi tertentu pucat juga dapat menjadi indikator dari masalah kesehatan yang cukup serius. 

Untuk mengetahuinya simak penjelasan di bawah ini.

1. Anemia Kronis

Anemia dapat terjadi karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga akibatnya sel-sel lain dalam tubuh tidak bisa memperoleh oksigen yang cukup dan tidak dapat berfungsi secara normal. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa penyebab dari anemia adalah produksi sel darah merah yang sedikit, kehilangan banyak darah, atau hancurnya sel darah merah terlalu cepat.

Gejala dari penyakit anemia antara lain lemas dan cepat lelah, sakit kepala dan pusing, sering mengantuk, kulit terlihat pucat, nafas pendek, detak jantung tidak teratur, dingin di tangan dan kaki. Anda yang mengalami gejala seperti ini atau yang bahkan yang lebih buruk dari ini wajib untuk segera berkonsultasi ke dokter.

2. Radang Dingin

Pada umumnya, penyakit radang dingin terjadi ketika terdapat cedera yang disebabkan oleh pembekuan kulit serta jaringan yang ada di bawahnya. Ketika mengalami radang dingin, kulit Anda akan menjadi sangat dingin kemudian memerah, lalu menjadi mati rasa dan mengeras sekaligus berubah menjadi putih pucat.

Pada kondisi radang dingin yang serius (frostbite) dapat merusak kulit, jaringan, otot, dan tulang. Kemungkinan terburuk dari kompilasi radang dingin yang parah adalah adalah infeksi serta kerusakan saraf. Radang dingin paling sering terjadi pada bagian jari tangan, kaki, dagu, pipi, telinga, dan hidung.

3. Blackfan Diamond Anemia

Ini merupakan salah satu penyakit langka dan jarang didengar oleh sebagian orang. Padahal penyakit yang satu ini berpotensi untuk menyerang siapa saja dan gejala akan mudah dikenali lewat fisik pengidapnya. Penyakit ini merupakan gangguan darah yang disebabkan oleh kegagalan sumsum tulang belakang dalam menghasilkan sel darah merah yang cukup.

Gejala dari penyakit ini dapat dijumpai sejak lahir dan tampak pada pertumbuhan anak yang lambat. Para pengidap juga akan merasakan kelelahan yang tidak normal, wajah yang pucat, tulang belikat yang menonjol, dan leher yang lebih pendek.

4. Koagulasi Intravaskuler Diseminata

Penyakit ini ditandai dengan pengentalan darah yang berlebihan sehingga menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah di berbagai organ dalam tubuh. Pada kasus tertentu, penyakit ini tergolong berat dan dapat menyebabkan kematian, yaitu ketika terjadi penyumbatan di suatu organ lalu dibarengi dengan pendarahan pada organ lain.

Pada umumnya penyakit ini merupakan kelanjutan yang disebabkan oleh penyakit berat lainnya, seperti infeksi berat, kanker, peradangan pankreas, sirosis hepatis, cedera pada otak dan saraf, reaksi dari transfusi darah, dan lain-lain.Nah itulah beberapa penyakit yang memiliki gejala pucat. Jika Anda mengalami pucat yang tak berkesudahan dan didukung oleh gejala-gejala lain dari salah satu penyakit yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *