Cara Perawatan Dari Eksim dishidrotik atau Pompholyx

Pompholyx adalah kondisi kulit yang mirip dengan dermatitis atopik atau dermatitis kontak yang terutama mempengaruhi tangan, jari, telapak tangan dan kaki. Kadang-kadang disebut sebagai eksim tangan, dishidrosis atau pompholyx dan lokasinya membuatnya sulit untuk diobati. Gejalanya meliputi lepuh yang sangat gatal dan menyakitkan yang dapat mengelupas, bersisik, dan membelah kulit. Beberapa orang menyamakan eksim dishidrotik dengan puding tapioka.

Eksim dishidrotik sering dianggap sebagai manifestasi dari kondisi seperti eksim. Riwayat dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi, paparan iritan, merokok, sinar matahari, dan hiperhidrosis (keringat berlebihan) telah dikaitkan.

Siapa yang paling mungkin menderita eksim Dishidrotik?

Orang yang sangat stres mungkin memiliki peluang lebih tinggi terkena eksim dishidrotik atau dari reaksi alergi. Ini juga umum terjadi pada orang yang kaki atau tangannya selalu berada di dalam air atau selalu lembab.

Gejala

  • Lepuh kecil di jari kaki, telapak kaki, telapak tangan atau sisi jari
  • Lepuh penuh nanah
  • Sangat gatal
  • Lepuh besar mungkin muncul
  • Mungkin sulit untuk menggerakkan jari atau berdiri di atas kaki Anda

Pengobatan baru yang potensial untuk eksim dishidrotik.

Journal of Drugs in Dermatology (JDD) telah menerbitkan laporan kasus hasil termasuk keberhasilan pengobatan eksim dyshidrotic dengan dupliumab. Meskipun studi klinis terkontrol tambahan diperlukan, dupliumab telah terbukti berguna dalam pengelolaan beberapa pasien dengan eksim dishidrotik. Dupilumab adalah antagonis reseptor-α interleukin 4 yang menghambat aksi IL-4 dan IL-13, sehingga memblokir dua sitokin penting yang bertanggung jawab untuk peradangan yang dimediasi Th2.

Perawatan

Untuk kasus ringan, salep atau krim dapat digunakan. Namun untuk wabah yang parah hubungi dokter Anda, mereka mungkin meresepkan steroid topikal, suntikan atau pil yang harus Anda minum. Penting juga untuk dicatat jenis eksim ini dapat terinfeksi dengan mudah karena lepuh terbuka dan menangis, jadi segera mengatasinya akan mencegah hal ini.

Sementara itu, ada beberapa perawatan sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah untuk mengurangi rasa sakit. Perendaman tangan atau kaki Anda dalam air dingin yang diisi dengan minyak alami selama sekitar 15 menit akan memungkinkan minyak menembus jauh ke dalam lapisan kulit menciptakan lapisan pelindung pada kulit. Setelah keringkan kulit dan oleskan krim emolien alami Anda di atasnya. Tergantung pada seberapa parah Anda, dianjurkan untuk ini setidaknya dua-empat kali sehari.

Karena kondisi kulit berasal dari dalam, penting untuk menjaga pola makan Anda selama ini dan mengonsumsi suplemen minyak internal untuk memperbaiki bagian dalam.

Jika Anda menderita eksim dishidrotik, kulit Anda membutuhkan perawatan kulit yang lembut dan perlindungan dari apapun yang dapat mengiritasinya. Inilah yang direkomendasikan oleh dokter kulit untuk melakukan hal itu:

1.Lepaskan cincin Anda SEBELUM Anda:

  • Cuci tanganmu
  • Oleskan pelembab
  • Pergi tidur

Cincin dapat mengiritasi kulit sensitif Anda. Melepaskan cincin Anda seperti yang tercantum di atas dapat mencegah iritasi.

2.Cuci kulit dengan eksim dyshidrotic dengan lembut. Saat mencuci, Anda ingin:

  • Lepaskan cincin: Selalu lepaskan ini sebelum mencuci tangan. Jika kulit di bawahnya basah dan tetap lembap, ini bisa menyebabkan peradangan.
  • Gunakan air hangat: Menggunakan air hangat setiap kali dapat membantu mencegah flare.
  • Cuci dengan pembersih ringan dan bebas pewangi: Lewati sabun antibakteri, dan sabun deodoran, yang dapat menyebabkan eksim dishidrotik berkobar.

Mintalah dokter kulit Anda untuk merekomendasikan pembersih tangan. Jika Anda memiliki hipersensitivitas terhadap bahan dalam pembersih tangan, itu dapat menyebabkan flare-up.

3.Oleskan pelembab (atau krim pelindung penghalang) sesering mungkin sepanjang hari Anda. Eksim dishidrotik membuat Anda memiliki kulit yang sangat kering. Waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap atau krim pelindung penghalang Anda adalah:

  • Setelah dicuci
  • Setiap kali kulit Anda terasa kering

Dokter kulit Anda mungkin merekomendasikan menggunakan produk yang disebut krim perbaikan penghalang yang mengandung dimethicone. Produk ini memungkinkan kulit Anda untuk bernapas sekaligus menciptakan penghalang yang melindungi kulit Anda dari iritasi.

4.Belajarlah untuk mengelola stres dengan sangat baik. Beberapa pasien menemukan bahwa kulit mereka bersih dengan pengurangan stres yang efektif dan pengobatan yang ditentukan oleh dokter kulit mereka.

Salah satu teknik pengurangan stres telah terbukti sangat efektif dalam penelitian kecil. Ini disebut terapi biofeedback. Beberapa pasien dapat membersihkan kulit mereka — dan membuatnya tetap bersih — dengan mempraktikkan terapi biofeedback.

5.Cobalah untuk menghindari goresan. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi garukan sangat membantu karena garukan cenderung memperburuk eksim dishidrotik.

Lakukan tindakan pencegahan dalam kondisi yang sangat kering atau panas. Panas, kekeringan, dan keringat diketahui memicu eksim dishidrotik. Cobalah untuk menghindari kepanasan dengan tetap tenang. Untuk melindungi kulit Anda dari menjadi terlalu kering, oleskan pelembab sesering mungkin.

6.Hindari apa yang menyebabkan reaksi alergi atau mengiritasi kulit Anda. Jika alergen atau iritan adalah masalahnya, menghindarinya mungkin diperlukan untuk membersihkan kulit Anda – dan membuatnya tetap bersih.

Jika Anda tidak yakin tentang apa yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau mengiritasi kulit Anda, temui dokter kulit Anda. Pengujian dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus dihindari.

7.Lindungi tangan Anda dengan sarung tangan. Banyak hal yang menyentuh kulit Anda dapat menyebabkan eksim dishidrotik meradang. Air, deterjen, dan pembersih rumah tangga adalah beberapa di antaranya. Bahkan mencuci piring atau mengecat dapat menyebabkan eksim dishidrotik berkobar.

Untuk melindungi tangan Anda, dokter kulit menyarankan agar Anda mengenakan sarung tangan sebelum tangan Anda basah dan sebelum menyentuh sesuatu yang dapat mengiritasi kulit Anda.

Anda juga ingin memakai sarung tangan yang tepat untuk pekerjaan itu:

  • Tangan Anda akan tetap kering: 100% sarung tangan katun
  • Pekerjaan basah: 100% sarung tangan katun di bawah sarung tangan tahan air. Mengenakan sarung tangan katun di bawah sarung tangan tahan air membantu mencegah iritasi.

Kenakan kaus kaki yang menyerap kelembapan. Jika Anda memiliki pompholyx pada kaki Anda, ini akan membantu menjaga kaki Anda tetap kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *