Cara Menjaga Tekanan Darah Normal Ibu Hamil

tekanan darah ibu hamil

Saat masa kehamilan tekanan darah ibu harus dijaga pada angka normal. Ketika tekanan darah menjadi sangat tinggi atau sangat rendah, hal ini perlu perhatian medis. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi ibu maupun si bayi. Karena itu, penting sekali untuk menjaga tekanan darah normal ibu hamil.

Tekanan darah orang normal bekisar di angka 90/60 milimeter merkuri (mmHG) atau 120 mmHg. American Heart Association (AHA) menyebutkan, orang yang sehat harus memiliki tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg. 

Angka di atas yang menyebut 120 disebut dengan sistolik atau tekanan tertinggi ketika jantung berdetak dan mendorong darah ke seluruh tubuh. Sementara angka yang di bawah, 80 disebut dengan diastolik. Diastolik merupakan tekanan terendah ketika jantung berisitirahan di antara setiap detak.

Tekanan darah yang tinggi, lebih dari 120/80 mmHg disebut dengan hipertensi. Sedangkan tekanan darah rendah kurang dari 90/60 mmHg disebut dengan hipotensi. Lalu berapa tekanan darah normal ibu hamil?

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyebutkan, tekanan darah normal ibu hamil juga harus berada dalam kisaran kurang dari 120/80 mmHg. Tenanan darah ini harus dijaga dalam batas normal. Sebab, ketika ibu hamil mengalami hipertensi atau hipotensi bisa membahayakan ibu maupun calon bayi.

Misalnya, jika pembacaan tekanan darah lebih tinggi, seorang ibu hamil mungkin akan mengalami peningkatan tekanan darah atau hipertensi. Jika tekanan darah tinggi terjadi selama kehamilan, hal ini bisa mengindikasikan komplikasi yang seirus seperti preeklamsia.

Ibu hamil juga dapat mengalami tekanan darah rendah. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormin dan peningkatan alirah darah ke janin. Tekanan darah rendah pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti anemia, dehidrasi, kurang asupan nutrisi, infeksi atau pengaruh obat. Seseorang dapat memililiki tekanan darah rendah secara alami, tetapi penurunan mendadak bisa menyebabkan kondisi medis yang serius.

Untuk menjaga tekanan darah normal ibu haml, begini beberapa cara yang dapat dilakukan.

Menjaga agar tekanan darah tidak tinggi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi serius yang bernama preeklampsia atau keracunan kehamilan. Ini merupakan kondisi yang biasa terjadi pada 5% ibu hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan kejang, kelahiran prematur, hingga kematian. 

Supaya tekanan darah normal ibu hamil terjaga dan tidak mengalami tekanan darah tinggi, ibu bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Memeriksa kandungan ke dokter secara rutin
  • Mengonsumi makanan yang sehat dan bergizi, serta membatasi konsumi garam agar tekanan darah tidak terlalu tinggi
  • Melakukan olahraga secara rutin untuk selalu aktif
  • Tidak minum alkohol, merokok, serta sembarangan mengomsumsi obat-obatan selama masa kehamilan.
  • Pantau berat badan dan jangan sampai berat badan naik terlalu cepat dan drastis.

Menjaga agar tekanan darah tidak rendah

Ibu hamil yang menderita tekanan darah rendah biasanya tidak membutuhkan pencegahan tertentu. Namun, jika seorang ibu hamil memiliki kecenderungan untuk mengalami tekanan darah rendah, sebaiknya melakukan pencegahan untuk menjaga kesehatan janin. Berikut beberapa yang bisa dilakukan seorang ibu.

  • Banyak beristirahat
  • Menaikkan jumlah sodium dalam diet, tapi tetap dalam kadar yang dianjurkan
  • Minum lebih banyak cairan, terutama air putih
  • Melakukan olahraga ringan hingga sedang
  • Berdiri dari posisi duduk atau berbaring secara perlahan
  • Mengubah pila makan menjadi lebih sering, tetapi dalam porsi yang lebih kecil.

Itulah beberapa cara untuk menjaga tekanan darah normal ibu hamil. Jika ibu sering mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya terus memantau tekanan darah di rumah. Dan, jika ibu memiliki gejala preeklampsia, harus langsung menemui dokter untuk diberikan tindakan medis sesegera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *