Cara Mengatasi Testis Turun Sebelah

Cara Mengatasi Testis Turun Sebelah

Testis atau juga biasa disebut dengan pelir atau biji kemaluan ini merupakan organ berbentuk oval yang terdapat di dalam kantung sebelah kanan dan kiri belakang penis. Fungsi utama dari penis adalah memproduksi dan menyimpan sperma serta memproduksi testosteron. Memiliki fungsi yang vital bagi proses produksi, ada kalanya testis turun sebelah.

Ukuran testis besar sebelah merupakan hal yang normal, jika tidak disertai dengan rasa sakit yang menyerang. Namun, jika perbedaannya cukup jauh kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan bahaya. Testis pria dewasa pada umumnya berukuran 15 ml (seukuran telur burung) hingga 35 ml (seukuran telur ayam).

Testis Turun Sebelah

Ukuran testis bisa bertambah besar tepat sebelum ejakulasi, bahkan ukurannya bisa meningkat hingga 50 persen tepat sebelum ejakulasi karena peningkatan aliran darah. Namun testis juga bisa menyusut ketika suhu dingin, sperma dapat dihasilkan jika testis berada pada suhu yang tepat, ketika kedinginan skrotum akan mengerut untuk menjaga panas.

Penanganan kondisi ini harus disesuaikan dengan penyebabnya, jika karena infeksi maka bisa ditangani dengan pemberian obat terapi. Tetapi jika karena hernia, varikokel, hidrokel maka diperlukan terapi operatif untuk bisa mengatasinya. Usahakan untuk tidak mengangkat beban berat, tidak banyak mengejan dan kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat.

Sementara itu, untuk memastikan kondisi di atas diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli, khususnya dokter spesialis Urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan wawancara gejala, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Cara mengatasi sementara bisa dengan melakukan senam kegel.

Cara Alami Penyembuhan

  1. Mandi Air Hangat

Berendam dengan air hangat memberi kesegaran dan ketenangan hingga dapat meningkatkan sirkulasi darah, ini merupakan salah satu cara mudah untuk meredakan nyeri pada testis. Testis akan mendapatkan perlakukan panas yang dibutuhkan, memberi panas lokal ke daerah skrotum agar memberi efek yang sama dari peningkatan sirkulasi darah penghilang rasa sakit.

  1. Istirahat

Istirahat menjadi cara pengobatan kedua, hal ini mampu menjadi pereda nyeri testis dengan cara berbaring dan mencoba rileks. Bisa dilakukan di siang hari, tidak fokus pada rasa sakit dan melakukan satu posisi selama 15 hingga 30 menit. Hindari kegiatan berat, karena ketegangan di perut bagian bawah bisa meningkatkan rasa sakit.

  1. Kenakan Pakaian Plastik

Hal ini penting karena bisa digunakan untuk melindungi diri, dengan menggunakan pakaian pendukung khususnya saat berolahraga. Pakaian olahraga bisa mencegah dan mengurangi intensitas nyeri pada testis.

  1. Kompres dengan Es

Mengompres skrotum menggunakan air es atau es menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan testis yang terjadi. Es dapat meredakan pembengkakan yang kemudian menghentikan rasa sakit, jangan lakukan kompres lebih dari 20 menit karena testis bisa mati rasa ketika dikompres terlalu lama.

  1. Angkat Skrotum

Menempatkan skrotum dalam posisi tidur akan mengurangi rasa sakit pada testis, hindari gesekan antara kaki dan testikel untuk menghindari rasa sakit yang bisa muncul sewaktu-waktu dan tidak diduga.

  1. Minum Air

Infeksi saluran kencing yang diakibatkan dehidrasi merupakan salah satu penyebab umum munculnya rasa nyeri pada testis. Konsumsi air putih sebanyak delapan hingga 10 gelas air, konsumsi jus buah, hindari soda berkafein dan gula. 

  1. Gunakan Diuretik Alami

Testis turun sebelah bisa diatasi dengan menggunakan diuretik alami, fungsinya dapat meningkatkan frekuensi urine untuk membersihkan infeksi dengan cepat, jika digabungkan dengan asupan cairan yang lebih tinggi. Ini menjadi cara terbaik mengatasi infeksi saluran kemih dan menyembuhkan nyeri testis yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *