Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Makan Makanan Ini

Selain mengonsumsi obat cara mengatasi mual saat hamil bisa dengan konsumsi jahe

Mual dan muntah saat hamil merupakan gejala yang cukup sering terjadi di alami oleh mereka yang baru saja hamil. Gejala ini dapat memengaruhi Anda kapan saja, baik pagi, siang, atau pun malam. Mual saat hamil merupakan sebuah gejala yang sangat tidak nyaman, bahkan dapat memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Namun, mual saat hamil biasanya akan reda dalam usia kehamilan 16 hingga 20 minggu, dan gejala ini tidak akan menempatkan kesehatan janin dalam risiko apapun. Jika Anda merasa terganggu dengan gejala ini, ada beberapa cara mengatasi mual saat hamil, yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu. 

Tidak ada perawatan yang cepat untuk semua orang dalam mengatasi gejala mual saat hamil mereka. Ini dikarenakan setiap kehamilan memiliki kondisi yang berbeda. Namun cara mengatasi mual saat hamil lewat perubahan diet dan kebiasaan hidup sehari-hari dapat membantu meringankan gejala yang Anda derita. 

  • Applesauce atau saus apel. Ini adalah makanan yang populer sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Faktanya, applesauce merupakan salah satu bagian dari diet BRAT. Diet ini, bersama dengan pisang, nasi, dan toast, direkomendasikan untuk digunakan secara rutin untuk mereka yang memiliki gangguan pencernaan, khususnya untuk anak-anak. Meskipun beberapa orang menganggap diet ini sangat membatasi, banyak dari mereka menganggap komponen yang ada dalam diet BRAT sangat membantu. Satu studi pada orang-orang yang menjalani chemotherapy menemukan bahwa diet hambar dan ringan, seperti applesauce, keju cottage, dan es krim rasa vanilla, menyebabkan membaiknya asupan makanan dan berkurangnya episode mual dan muntah. Applesauce juga merupakan sumber karbohidrat yang baik dan lembut untuk lambung Anda. Setengah cup applesauce tanpa pemanis mengandung 50 kalori dan 14 gram karbohidrat. Applesauce juga tinggi kandungan serat pectin, yang mana dapat bermanfaat jika Anda mengalami diare dan merasa mual. 
  • Nasi atau kentang. Makanan hambar bertepung seperti kentang dan nasi merupakan pilihan yang baik apabila Anda merasa mual akibat hamil. Makanan ini mudah untuk disiapkan, tinggi kalori, dan membantu mengisi lambung. Makanan tanpa bau, tanpa warna, dan tanpa rasa sering mudah untuk ditoleransi lambung Anda saat mual. Karena makanan jenis ini tidak memicu mual dibandingkan dengan makanan yang kaya bumbu dan rasa. Nasi dan kentang dapat dimakan dingin atau panas. 
  • Makanan tinggi protein. Beberapa studi telah menginvestigasi efek dari komposisi nutrisi makro dari makanan sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Satu studi menemukan makanan tinggi protein dapat mengurangi gejala mual, dibandingkan dengan makanan yang tinggi kandungan lemak ataupun karbohidrat. Minuman tinggi protein terbukti paling efektif dalam meredakan gejala mual. Studi lain pada orang-orang yang menjalani chemotherapy menemukan bahwa kombinasi antara jahe dan suplemen protein efektif dalam mengurangi gejala mual. Masih belum jelas mengapa protein memiliki efek ini terhadap mual. Protein dianggap dapat membantu menormalkan aktivitas lambung. Hal ini terjadi dengan cara meningkatkan sekresi hormon gastrin. 

Mual adalah sensasi yang terasa sangat tidak nyaman dan membuat seseorang kesulitan untuk makan, minum, atau menjaga makanan tetap berada di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut di atas sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Selain mengonsumsi applesauce, nasi atau kentang, dan makanan tinggi protein, Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya mual, seperti makanan tinggi bumbu, berbau menyengat, dan produk-produk dairy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *