Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Aman

Ada berbagai cara memanjangkan bulu mata yang dapat dilakukan

Ketika Anda ingin memanjangkan bulu mata, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Cara memanjangkan bulu mata bisa dimulai dari perawatan secara alami hingga penggunaan produk atau riasan wajah khusus. 

Kondisi bulu mata yang pendek dan mudah rontok sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Tapi, apapun faktor penyebabnya, Anda tetap bisa berupaya untuk memanjangkan bulu mata kembali secara aman. 

Cara memanjangkan bulu mata dengan riasan 

Cara memanjangkan bulu mata pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan riasan wajah. Anda tentu tahu bahwa produk seperti mascara dan eyelash extension dirancang secara khusus untuk memberikan efek bul mata yang lebih panjang dan bervolume. 

Ketika Anda menggunakan mascara maupun eyelash extension, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping berupa kerontokan bulu mata. 

  1. Jangan menggosok mata

Baik ketika menggunakan mascara ataupun eyelash extension, jangan pernah menggosok mata Anda. Selain berpotensi menyebabkan riasan tersebut hilang, tindakan ini juga bisa melukai bulu mata, membuat bulu mata cepat rontok dan menipis. 

  1. Jangan dibawa tidur

Jangan pernah tidur sambil menggunakan riasan bulu mata. Selalu hapus dan bersihkan semua riasan sebelum beristirahat. Gunakanlah penghapus riasan mata yang berbahan lembut. Ketika menghapuskan, gunakan kapas dengan cara menepuknya secara perlahan ke bulu mata, bukan dengan cara ditarik atau digosok.

  1. Jangan menarik kelopak mata

Sebelum menggunakan riasan mata, Anda pasti akan menggunakan penjepit bulu mata lebih dulu. Gunakan alat tersebut secara perlahan. Pastikan tidak ada kelopak mata yang terjepit. 

Memanjangkan bulu mata dengan bahan alami

Selain menggunakan riasan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai cara memanjangkan bulu mata. Berikut ini bahan-bahan alami tersebut. 

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya mampu mencegah kerontokan rambut dan mendukung produksi folikel rambut dengan lebih maksimal. Ini juga berlaku untuk rambut pada bulu mata. 

Oleskan sedikit minyak kelapa ke bulu mata secara rutin. Jangan gunakan terlalu banyak, karena akan membuat bulu mata jadi berminyak dan sulit dinaikkan.

  • Minyak zaitun

Bukan cuma minyak kelapa, Anda juga bisa memanjangkan bulu mata dengan minyak zaitun. Tuangkan 3-4 tetes minyak zaitun ke kapas, kemudian oleskan ke bulu mata. Biarkan minyak meresap dengan baik dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat.

  • Teh hijau

Ada juga cara memanjangkan bulu mata secara alami lainnya, yaitu dengan memanfaatkan teh hijau. Cukup dengan meminum teh hijau alami, Anda akan mendapatkan asupan antioksidan yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut dan bulu mata. 

 Memanjangkan bulu mata dengan produk perawatan khusus

Selain dengan riasan dan bahan-bahan alami, Anda juga bisa memanjangkan bulu mata dengan memanfaatkan produk perawatan khusus. Contohnya seperti:

  • Vaseline

Vaseline sering digunakan sebagai produk pelembab, khususnya pada bibir. Tapi, selain pelembab, produk ini juga bisa dipakai sebagai pemanjang bulu mata. Caranya cukup dengan mengoleskan vaseline ke bulu mata secara rutin setiap malam. 

  • Suplemen biotin

Biotin merupakan vitamin H. Asupan Biotin yang memadai akan mendukung pertumbuhan rambut dan bulu mata. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba mengonsumsi suplemen Biotin khusus agar bisa mendapatkan asupan vitamin H dalam jumlah cukup. 

Anda bisa memilih salah satu dari berbagai cara memanjangkan bulu mata di atas, jika ingin memiliki bulu mata yang lebih sehat, panjang, dan tampak tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *