Bedak Tabur untuk Kulit Berjerawat, Perlu atau Tidak?

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Beberapa orang yang memiliki kulit berjerawat harus lebih berhati-hati ketika menggunakan riasan wajah. Lantas, apakah perlu memakai bedak tabur untuk kulit berjerawat?

Sebenarnya, bedak tabur memiliki banyak sekali manfaat. Bagi pemilik kulit berjerawat sekalipun, Anda tetap bisa merasakan manfaat maksimal dari menggunakan bedak tabur. 

Manfaat Bedak Tabur untuk Kulit Berjerawat

Pemilik kulit berjerawat juga bisa menggunakan bedak tabur setiap harinya. Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda rasakan:

  • Menyerap minyak berlebih

Salah satu penyebab kulit mudah berjerawat adalah produksi minyak yang berlebihan. Minyak yang berlebih akan dengan mudah memicu timbulnya jerawat baru.

Memakai bedak tabur bisa membantu Anda menghindari hal ini. Karena, bedak tabur pada dasarnya memang memiliki kemampuan untuk menyerap dan mengontrol minyak.

Dengan begitu, Anda bisa menurunkan risiko timbulnya jerawat yang parah secara terus-menerus. Inilah manfaat utama pemakaian bedak tabur untuk kulit berjerawat. 

  • Hasil riasan lebih tahan lama

Karena mampu menyerap minyak, maka bedak tabur juga bisa membuat riasan di wajah Anda menjadi lebih tahan lama. Biasanya, salah satu penyebab riasan yang mudah luntur adalah minyak pada wajah.

Munculnya minyak akan dengan mudah menggeser posisi riasan wajah Anda. Hal ini membuat riasan mudah luntur, pudar, serta tampak berantakan di wajah.

Menggunakan bedak tabur bisa membantu Anda menghindari hal ini. Karena itu, bedak tabur seringkali dipakai sebagai langkah akhir dalam memakai riasan wajah.

  • Riasan tampak natural

Anda tentu tidak ingin memakai riasan yang terlalu tebal, sampai membuat wajah Anda terlihat palsu. Riasan yang terlalu tebak akan membuat wajah kurang segar dan make up menjadi cakey.

Hal seperti ini tidak akan Anda alami ketika menggunakan bedak tabur untuk kulit berjerawat. Karena bedak tabur memiliki tekstur yang ringan, maka hasil akhir dari pemakaiannya juga lebih ringan dan natural.

  • Sesuai dengan warna kulit

Beberapa produk bedak tabur hadir dalam warna putih atau transparan. Warna seperti ini memungkinkan Anda menggunakan bedak tanpa meninggalkan hasil akhir berupa warna tertentu.

Jadi, apapun warna kulit Anda, Anda bisa tetap menggunakan bedak tabur. Anda tidak perlu khawatir dengan hasil akhir pemakaian bedak tabur yang tampak tidak menyatu dengan warna kulit normal Anda. 

Dampak negatif pemakaian bedak tabur

Memang, bedak tabur memiliki banyak manfaat bagi kulit Anda. Akan tetapi, pemakaian bedak tabur untuk kulit berjerawat juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi beberapa pengguna. Dampak itu berupa:

  • Menyumbat pori-pori

Bedak tabur seringkali memiliki kemampuan untuk memudarkan pori-pori yang tampak besar. Butiran bedak tabur bisa menutupi pori-pori yang terbuka. Akan tetapi, hal ini juga akan memicu pori-pori menjadi tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat jika tidak dibersihkan bisa mengalami peradangan atau inflamasi. Karena itu, penting untuk membersihkan wajah dengan maksimal setelah memakai bedak tabur.

  • Membuat kulit menjadi kering

Di antara semua jenis riasan wajah, bedak tabur memiliki tekstur yang paling kering. Ini jugalah yang memberikan kemampuan bedak tabur untuk mengurangi tampilan minyak di wajah.

Akan tetapi, bila dipakai terus menerus, bedak tabur bisa membuat kulit Anda menjadi sangat kering. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda rutin memakai pelembab sebelum memakai bedak tabur.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar pemakaian bedak tabur untuk kulit berjerawat.  Bila muncul reaksi alergi, maka Anda bisa berkonsultasi ke dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *