Bagaimana Cara Mengobati Glossophobia?

Glossophobia merupakan salah satu fobia sosial, dimana hal tersebut membuat perasaat takut yang berlebih terhadap situasi sosial. Glossophobia ini tidak terlalu menunjukkan gejala seperti pada fobia sosial yang lain, jika hanya berdiri saja di depan umum. Namun, berbeda lagi jika penderita glossophobia ini disuruh untuk berbicara di depan umum, maka rasa takut tersebut akan muncul.

Apabila rasa takut jika berbicara di depan umum sangatlah parah sehingga dapat mengganggu Anda dalah kehidupan sehari-hari, maka konsultasikan hal ini dengan dokter, sehingga Anda akan diperiksa dan diobati atau diberi perawatan sesuai dengan kendala yang Anda miliki.

Bagaimana pengobatan pada glossophobia?

Berikut merupakan pengobatan atau perawatan yang dapat Anda lakukan untuk mengobati glossophobia, diantaranya yaitu:

Psikoterapi

Glossophobia ini dapat diatasi dengan perilaku kognitif untuk setiap orang yang menderitanya. Melakukan pengobatan atau perawatan dengan terapis mampu membantu Anda untuk mengidentifikasi akar penyebab ketakutan dan juga kecemasan Anda, seperti Anda mungkin sangat ketakutan karena Anda takut dihina atau di ejek sat berbicara di depan umum, atau bahkan di tolak.

Bersama-sama Anda dan terapis Anda  mengeksplorasi ketakutan Anda dan pikiran negatif yang terkait dengannya. Terapis Anda dapat mengajari Anda cara mengubah pikiran negatif Anda. Berikut ini beberapa contohnya: 

  • Alih-alih berpikir “Saya tidak bisa membuat kesalahan”, semua orang menerima kesalahan dan kelalaian saat memberikan presentasi. Tidak masalah. Penonton seringkali tidak menyadari hal ini. 
  • Fokus pada fakta bahwa audiens ingin Anda sukses, daripada “semua orang berpikir saya tidak kompeten”. Kedua, jangan lupa bahwa materi yang Anda siapkan sangat bagus dan familiar. 

Setelah Anda mengidentifikasi ketakutan Anda, berlatihlah memberikan presentasi dalam kelompok pendukung kecil. Bangun untuk audiens yang lebih besar saat kepercayaan diri Anda tumbuh.

Mengonsumsi obat-obatan

Jika pengobatan tidak meredakan gejala, dokter  mungkin meresepkan salah satu dari beberapa obat  untuk mengobati gangguan kecemasan. Beta blocker sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit jantung. Mereka juga  membantu  mengendalikan gejala fisik fobia publik. 

Antidepresan digunakan untuk mengobati depresi, tetapi mereka juga efektif dalam mengendalikan kecemasan sosial. Dokter Anda mungkin  meresepkan benzodiazepin seperti Ativan dan Xanax jika kecemasan Anda begitu parah sehingga mengganggu rutinitas harian Anda.

Glossophobia atau fobia publik dapat diobati, dan  perawatan dan olahraga berbasis paparan umumnya paling berguna. Dalam terapi pemaparan,  individu diajarkan strategi koping dan, seiring waktu, belajar menghadapi situasi yang menyebabkan rasa takut. Terapi perilaku kognitif berguna karena membantu individu  mengelola gejala mereka secara efektif. 

Orang dengan glossophobia atau fobia publik juga dapat mengambil manfaat dari manajemen kecemasan dan teknik relaksasi, dan kombinasi dari beberapa perawatan mungkin direkomendasikan.

Alternative lain untuk mengatasi glossophobia

Terdapat beberapa alternative atau strategi yang bisa Anda gunakan atau Anda terapkan dengan kombinasi antara pengobatan tradisional atau pengobatan sendiri. Seperti misalanya, melakukan hal yang mungkin menurut Anda bermanfaat seperti mengikuti kelas atau lokarya berbicara di depan banyak orang atau di depan umum. 

Adapaun tips untuk membantu Anda dalam mengatasi glossophobia dalam hal persiapan presentasi. Yaitu:

  • Anda harus mengetahui materi yang akan Anda presentasikan terlebih dahulu. Hal ini bukan berarti Anda harus menghafalkan materinya, namun Anda harus menguasai materi seperti poin-poinnya secara garis besar. Berikan fokus khusus pada saat penahuluan, karena pendahuluan merupakan hal yang sangat membuat Anda gugup atau takut.
  • Buat skrip untuk presentasi Anda. Kemudian latih bicara Anda hingga lancar, dan latihan tanpa menggunakan skrip.
  • Sering berlatih untuk berbicara. Berlatih secara terus menerus dengan nyaman akan membantu Anda untuk berbicara sesuai dengan apa yang akan Anda katakan. Berlatih terus menerus juga akan meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum.
  • Merekan video presentasi. Dengan merekam video presentasi, Anda dapat mengoreksi dan mencatat hal yang perlu ditingkatkan lagi kedepannya.
  • Masukkan pertanyaan audiens ke dalam rutinitas Anda. Catat daftar pertanyaan yang mungkin ditanyakan kepada Anda  dan bersiaplah untuk menjawabnya. Jika perlu, ajukan pertanyaan dan rencanakan agar audiens terlibat dalam presentasi.

Itulah beberapa pengobatan atau perawatan untuk mengatasi glossophobia yang bisa Anda lakukan. Jika glossophobia masih belum bisa diatasi dengan cara yang mandiri, Anda harus segera mengkonsultasikan diri Anda ke dokter atau ke spesialis untuk ditindak lanjuti secara medis.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *