Atasi Kekurangan Vitamin B12 dengan Mengonsumsi Makanan Berikut

Atasi Kekurangan Vitamin B12 dengan Mengonsumsi Makanan Berikut

Apa yang terjadi apabila seseorang kekurangan vitamin B12? Maka kesehatan dan metabolisme tubuh dapat terganggu. Sebab, vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA di setiap sel tubuh. Di samping itu, kekurangan vitamin B12 juga menyebabkan beberapa gejala fisik, seperti: kelelahan, berat badan menurun, kesemutan pada kaki dan tangan, tubuh tidak seimbang, hingga konstipasi. Untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut, penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

Cara Atasi Kekurangan Vitamin B12 dengan Makanan

Pertama, apabila seseorang mengalami kesulitan dalam menyerap vitamin B12, maka dapat diatasi dengan suntikan. Kedua, jika Anda adalah seorang vegan (tidak mengonsumsi produk hewani), pemenuhan vitamin dapat dilakukan dengan memilih makanan berupa biji-bijian maupun sayur yang diperkaya vitamin B12. Hal tersebut dilakukan demi menghindari risiko buruk dari kekurangan vitamin B12. Termasuk melakukan pencegahan berupa mengonsumsi makanan berikut: 

  1. Telur

Journal of Nutritional Science and Vitaminology menemukan bahwa kuning telur mengandung vitamin B12 yang tinggi dibandingkan putih telur. Selain itu, telur adalah sumber protein yang dilengkapi vitamin B12, vitamin B, dan vitamin B2.

  1. Ikan Tuna

Mengonsumsi ikan tuna secara rutin dan secukupnya (tidak berlenihan) dapat mengatasi kekurangan vitamin B12. Ikan tuna mudah didapatkan dan mengandung vitamin B12 cukup tinggi, terutama di bagian otot gelap bawah kulit ikan tuna. 

  1. Olahan Susu

Produk olahan susu dapat Anda temukan pada keju, yogurt, dan susu sapi. Dengan mengonsumsi satu cangkir susu utuh (240 ml), Anda telah memenuhi 46% kebutuhan harian vitamin B12. Sedangkan setiap 22 gram keju terdapat 28% kebutuhan harian vitamin B12. 

  1. Daging Sapi

Ikutilah anjuran untuk mengonsumsi potongan daging sapi rendah lemak Apabila Anda membutuhkan konsentrasi vitamin B12 yang tinggi. Selain itu, ada baiknya untuk mengolah daging sapi dengan cara dipanggang dibandingkan dengan digoreng.

  1. Sereal 

Sereal merupakan salah satu menu makanan yang baik dan efektif bagi vegan maupun vegetarian. Sebab, secara sintetis makanan ini tidak mengandung produk hewani. Sereal diperkaya vitamin B12 dan cocok disantap saat sarapan pagi. 

  1. Sari Laut 

Selain ikan tuna, ternyata sari laut lainnya juga kaya dengan kandungan vitamin B12. contoh sari laut yang direkomendasikan adalah kerang, kepiting, dan ikan salmon. Mengonsumsi kerang dalam jumlah 85 gram terdapat 84 mcg vitamin B12. Sedangkan setiap 85 gram kepiting mengandung 10 mcg dan salmon sekitar 5 mcg. Itu artinya, sari laut mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 mulai dari 15 %.

  1. Daging Ayam

Apabila Anda alergi dengan makanan laut, ada baiknya untuk mengonsumsi daging ayam. Setiap 85 gram daging ayam panggang, terdapat kandungan 0,3 mcg vitamin B12. Kandungan tersebut  mendukung pembakaran lemak dalam tubuh. 

Selain makanan di atas, kekurangan vitamin B12 juga dapat dipenuhi dengan makanan nabati, seperti: tempe, jamur, rumput laut, dan edamame. Upayakan kebutuhan vitamin dan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik, sehingga menghindarkan Anda dari risiko anemia, depresi, kelelahan, dan kesemutan. Apabila gejala tersebut terus menyerang dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *