Anak Demam? Atasi Dengan Anacetin Sirup

Demam dapat didefinisikan oleh kebanyakan penyedia layanan kesehatan sebagai suhu tubuh lebih 38 derajat Celcius atau lebih tinggi ketika suhu diambil dari dubur. Saat demam, anak biasanya akan diberi anacetin sirup sebagai obat yang efektif menurunkan demam. Namun, sesungguhnya demam merupakan sebuah kondisi yang normal pada anak yang sehat. Tubuh memiliki beberapa cara dalam menjaga suhu tubuh normal. Organ tubuh yang terlibat dalam membantu regulasi suhu di antaranya adalah otak, kulit, otot, dan pembuluh darah. Tubuh memberi respon terhadap perubahan suhu dengan cara meningkatkan atau mengurangi produksi keringat, menjauhkan atau mendekatkan darah dari permukaan kulit, membuang atau menyimpan air di dalam tubuh, dan mencari lingkungan yang lebih dingin atau lebih hangat. 

Anacetine Batuk & Flu Sirup 60 ml digunakan untuk meringankan demam, sakit kepala dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Anacetin sirup merupakan obat yang dapat diberikan untuk anak yang menderita demam. Saat anak Anda memiliki demam, tubuh bekerja dengan cara yang sama untuk mengontrol suhu. Namun tubuh sementara akan meningkatkan suhu lebih tinggi. Peningkatan suhu tubuh tersebut disebabkan oleh beberapa alasan, yaitu:

  • Zat kimia, yang disebut cytokines dan mediators, dibuat di dalam tubuh sebagai respon adanya invasi mikroorganisme dan zat asing lainnya. 
  • Tubuh membuat lebih banyak macrophages, yaitu sel yang dapat melawan zat asing yang ada dalam tubuh. Sel-sel tersebut akhirnya akan melawan organisme yang menyerang tubuh. 
  • Tubuh terlalu sibuk dalam membuat antibodi alami, yang mana dapat melawan infeksi. Antibodi tersebut akan mengenal infeksi di kemudian hari saat mikroorganisme berbahaya mencoba untuk menyerang tubuh kembali. 
  • Banyak bakteri tertutup selaput. Saat selaput tersebut pecah atau terganggu, kandungan yang ada di dalamnya terlepas dan dapat beracun untuk tubuh. Oleh karena itu, otak akan terstimulasi untuk meningkatkan suhu tubuh guna membunuh bakteri tersebut. 

Umumnya, demam pada anak bersifat ringan. Namun ada beberapa kondisi serius yang dapat memicu terjadinya demam, seperti penyakit menular, obat-obatan tertentu, suhu udara yang sangat panas, transfusi darah, gangguan pada otak, jenis kanker tertentu, dan penyakit autoimun. Penting untuk diingat bahwa demam bukanlah sebuah penyakit. Demam adalah gejala atau tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi atau penyakit. Demam menstimulasi pertahanan tubuh manusia, mengirim sel darah merah dan sel lainnya untuk melawan dan menghancurkan apa yang menyebabkan infeksi. 

Anak-anak yang menderita demam akan merasa tidak nyaman seiring dengan bertambahnya suhu tubuh. Selain suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, gejala lain dari demam pada anak di antaranya adalah anak menjadi tidak aktif seperti biasanya, anak menjadi lebih rewel dan memiliki nafsu makan yang kurang, serta anak akan terasa hangat ataupun panas. Gejala demam pada anak akan terlihat seperti kondisi kesehatan lainnya. Meurut Akademi Pediatri Amerika, jika anak Anda berusia kurang dari 3 bulan dan memiliki suhu tubuh 38 derajat Celcius atau lebih, Anda harus menghubungi petugas medis secepatnya. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi tubuh anak,, selalu minta bantuan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan diagnosis. 

Pada anak, demam yang membuat anak merasa tidak nyaman harus diobati. Berikan obat pada anak seperti anacetin sirup. Beberapa obat anti demam lainnya adalah acetaminophen dan ibuprofen. Namun, jangan pernah memberi anak aspirin. Karena aspirin telah dihubungkan dengan kondisi serius yang berpotensi menyebabkan kematian, yaitu sindrom Reye. Jika anak tidak kunjung sembuh meskipun telah mendapatkan perawatan, hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *