Akibat Kurang Minum Air Putih Setelah Berolahraga

Banyak orang tidak menyadari pentingnya minum cukup air dan akibat kurang minum air putih pada kesehatan, kebiasaan makan, dan penurunan berat badan. Studi terbaru menunjukkan pentingnya hidrasi dan bahkan menekankan bagaimana minum 2 gelas air sebelum makan dapat membantu pelaku diet menurunkan hingga 5 pon lebih banyak dalam setahun dan mempertahankan penurunan berat badan yang sehat. Air putih sangat membantu mempercepat laju metabolisme tubuh dan dapat membantu mengontrol makan. 

Orang yang kurang minum air putih sering mengeluh sakit kepala, merasa lelah, tidak maksimal saat gym dan kesehatan kulit yang buruk. Uniknya, masih banyak orang yang kerap mengabaikan akibat kurang minum air putih saat berolahraga. Padahal, tubuh terdiri dari 60% air, yang oleh karena itu, sangat penting untuk tetap terhidrasi agar tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Tubuh sangat bergantung pada air untuk bertahan hidup. Setiap sel, jaringan dan organ membutuhkan air untuk berfungsi. Tubuh menggunakan air untuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, mengangkut nutrisi, melumasi sendi dan membuang limbah kotor di dalam usus.

Air dibutuhkan untuk kesehatan yang baik dan kinerja yang maksimal terutama saat berada di tempat olahraga. Tubuh umumnya akan kehilangan air sepanjang hari, karena berkeringat dan bergerak. Kita akan kehilangan air lebih cepat saat cuaca panas atau kita aktif secara fisik sehingga kita perlu mengisi ulang agar tetap terhidrasi.

Apakah Anda menderita kram otot, pusing, atau kelelahan setelah berolahraga?

Dalam satu jam latihan, tubuh bisa kehilangan lebih dari seperempat air. Dehidrasi menyebabkan kelelahan otot dan kehilangan koordinasi. Tanpa suplai air yang cukup tubuh akan kekurangan energi dan otot bisa kram. Jadi, minumlah sebelum, selama dan setelah berolahraga.

Jaringan otot tanpa lemak mengandung lebih dari 75 persen air, sehingga ketika tubuh kekurangan H2O, otot lebih mudah lelah. Tetap terhidrasi membantu mencegah penurunan kinerja, kekuatan, daya, kapasitas aerobik dan anaerobik selama berolahraga. Jadi, ketika otot Anda merasa terlalu lelah untuk menyelesaikan latihan, minumlah air sebelum kembali berolahraga.

Pentingnya minum air sebelum, selama dan setelah berolahraga

Tahukah Anda bahwa jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke otot-otot yang bekerja? Ketika tidak ada cukup air dalam darah, volume darah dan tekanan darah turun, mengakibatkan pusing dan kelelahan. Jadi, ingin terlihat, merasa, dan berlatih lebih baik? Minumlah lebih banyak air.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda minum lebih banyak cairan vital yang sangat penting:

– Minum air setiap kali makan

Pastikan Anda menyediakan sebotol air putih dan minum terutama pada saat makan siang.

– Minum di pagi dan malam hari

Biasakan kebiasaan baik dan minum segelas air sebelum tidur dan hal pertama di pagi hari

Tidak suka rasanya? Coba infus water. Menambahkan buah segar untuk menambah rasa baru yang dicampur dengan lemon segar, sehingga tidak terasa membosankan dan tetap sehat. Jika Anda makan di luar, pastikan Anda minum segelas air setiap kali sesudah makan. Apabila Anda masih merasa lapar, coba minum segelas air dan tunggu 15 menit. 

Minumlah air sebelum, selama dan setelah berolahraga

Air adalah pilihan terbaik untuk tetap terhidrasi tetapi kita bisa terhidrasi dengan makanan dan cairan lainnya. Tapi ingat beberapa mungkin mengandung lebih banyak kalori daripada H2O. Buah dan sayuran, utuh atau dijus akan berkontribusi pada asupan air Anda. Teh buah dan teh atau kopi tanpa kafein juga bisa menjadi bagian dari asupan Anda (tetapi semuanya dalam jumlah sedang)

Minuman olahraga, juga mengandung karbohidrat dan elektrolit yang akan meningkatkan energi Anda. Ini biasanya lebih bermanfaat jika Anda berlatih dengan intensitas tinggi atau untuk waktu yang lama. Pilih minuman olahraga dengan bijak karena sering mengandung tambahan gula atau garam.

Minuman olahraga dan minuman energi berbeda! Minuman energi biasanya mengandung kafein atau stimulan lain dan bisa mengandung banyak gula tambahan, jadi cobalah beberapa pilihan lain yang lebih sehat jika Anda bisa. Anda tidak bisa mengganti H2O untuk rehidrasi, jadi ketika tubuh mengalami kehilangan cairan, ambil segelas air dingin yang menyegarkan. Dan jangan menunggu sinyal tubuh kurang cairan, minumlah sebelum tubuh memberikan Anda memperingatan, supaya akibat kurang minum air putih tidak Anda rasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *