8 Mitos Mengenai Penggunaan Retinoid pada Wajah

Retinoid adalah turunan vitamin A yang dikenal ampuh atasi kerutan

Retinoid menjadi salah satu bahan utama perawatan kulit yang sedang banyak digunakan belakangan ini. Tentunya hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang didapat dari penggunaan retinoid, seperti mencegah tanda-tanda penuaan dini, menghilangkan jerawat, meningkatkan produksi kolagen, dan lainnya.

Namun, ada sebagian orang yang takut menggunakan kandungan retinoid karena efek samping dan mitos-mitos yang beredar tentang kandungan dengan segudang manfaat ini. Jadi, inilah beberapa mitos mengenai retinoid yang perlu Anda ketahui faktanya.

Mitos-mitos seputar retinoid

Menurut Healthline, ada beberapa mitos tentang retinoid dan bagaimana penjelasan faktanya.

  1. Semua jenis retinoid sama

Retinoid merupakan keluarga besar senyawa yang berasal dari turunan vitamin A. Ada beberapa jenis retinoid, seperti asam retinoat, adalpene, retinol, dan banyak lagi. Jenis-jenis retinoid ini sering kali ditemukan dalam bentuk serum, krim mata, dan juga pelembap malam. 

Faktanya, semua jenis retinoid berbeda, baik dari segi kekuatan cara kerja dan juga manfaat yang akan didapat. Salah satu contohnya adalah retinol yang saat ini sedang banyak digunakan. 

Retinol memiliki efek samping yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis asam retinoat. Cara kerja retinol berada di tingkat sel kulit sehingga memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk mendapatkan hasil retinol pada kulit Anda.

  1. Membuat kulit menipis

Banyak orang yang percaya akan mitos ini. Mereka meyakini bahwa salah satu efek samping saat pertama kali memulai menggunakan retinoid adalah kulit menjadi mengelupas dan menipis.

Padahal, retinoid bekerja sebaliknya. Retinoid akan merangsang produksi kolagen dan membantu menebalkan kulit. Dengan meningkatnya kolagen Anda bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dini, salah satunya adalah penipisan kulit.

  1. Tidak bisa digunakan anak muda

Pada awalnya, retinoid digunakan sebagai bahan aktif yang bisa mengatasi jerawat, di mana ini sangat identik dengan permasalahan kulit remaja.

Namun, pada tahun 1980-an, retinoid ini mulai dipasarkan secara gencar dengan branding “anti penuaan dini”. Inilah yang menimbulkan pemikiran bahwa retinoid hanya dikhususkan untuk orang-orang dewasa yang sudah memiliki masalah penuaan dini.

Jadi, tidak ada batasan usia untuk menggunakan retinoid. Akan tetapi, batasan ini akan muncul sesuai dengan kondisi kulit dan juga campuran-campuran bahan lainnya.

  1. Retinoid sensitif terhadap cahaya

Mitos selanjutnya adalah bahwa ketika Anda menggunakan retinoid maka akan membuat kulit menjadi rentan terhadap sinar matahari. Hal ini tidak sepenuhnya salah, akan tetapi tidak semua jenis retinoid memiliki reaksi seperti itu.

Adapalene dan tazarotene merupakan jenis retinoid yang lebih stabil dan bisa digunakan pada siang hari. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakan retinoid ketahuilah jenis apa yang digunakan.

  1. Retinoid memberikan hasil yang instan

Anda harus menghilangkan pemikiran ini. Sebab, retinoid bekerja pada bagian terdalam kulit, sehingga Anda membutuhkan setidaknya 3-6 bulan untuk merasakan manfaatnya. 

Namun, bagi sebagian orang tentu akan memberikan reaksi yang berbeda. Ada yang telah merasakan menfaat retinoid hanya dalam satu bulan pemakaian.

  1. Retinoid harus digunakan setiap hari

Hal ini tidak dibenarkan apalagi jika Anda baru mencoba untuk menggunakan retinoid. Baik digunakan setiap hari, dua kali seminggu, atau satu kali seminggu, retinoid akan tetap memberikan hasil pada kulit. Jadi, yang terpenting adalah menyesuaikan kondisi kulit Anda dengan dosis pemakaian retinoid ini.

  1. Akan membuat kulit mengelupas

Hal ini bisa dibilang sebagai kesalahpahaman yang diyakini secara meluas. Padahal efek samping kulit mengelupas ketika menggunakan retinoid muncul karena adanya iritasi dan kekeringan kulit sehingga kulit Anda akan menyesuaikan diri dan terjadilah kulit yang mengelupas.

Jadi, selama Anda memerhatikan bagaimana cara menggunakan retinoid yang benar, termasuk menggunakan pelembap setelah memakai retinoid, maka kulit Anda tidak akan mengering dan mengelupas.

  1. Semakin banyak digunakan akan semakin baik

Faktanya, bila Anda menggunakan retinoid dalam jumlah yang terlalu banyak dalam satu kali pemakaian, maka Anda hanya akan mendapatkan kulit yang mengering dan juga mengelupas. Anda hanya diperbolehkan menggunakan setetes retinoid untuk seluruh wajah.

 Jadi, itulah 8 mitos mengenai retinoid. Masih banyak lagi mitos-mitos yang diyakini oleh banyak orang mengenai retinoid ini. Maka dari itu, jika Anda merasa ragu karena mitos, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter untuk mendapatkan jawaban dari mitos-mitos tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *