6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

vertigo

Vertigo merupakan penyakit dengan gejala umum berupa kepala yang pusing, berputar-putar, dan kehilangan keseimbangan tubuh. Vertigo yang kambuh menyebabkan ketidaknyamanan karena berdampak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa penyebab vertigo kambuh juga bisa dari faktor makanan? Makanan yang mengandung garam berlebih dinilai tidak baik untuk penderita vertigo. Selain itu, makanan dan minuman apa saja yang menyebabkan vertigo kambuh? Berikut ulasannya!

Makanan dan Minuman Penyebab Vertigo Kambuh

Mengetahui makanan dan minuman yang harus dihindari, diharapkan dapat membantu Anda untuk waspada dan mencegah kambuhnya vertigo. Berikut jenis minuman dan makanan yang sebaiknya Anda hindari:

  1. Makanan mengandung garam berlebih

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak menyebabkan vertigo kumat. Penderita vertigo pada umumnya hanya boleh menerima asupan garam sebesar 1,000-1,500 mg per hari. Garam dapat menyebabkan retensi air berlebih dan menimbulkan tekanan cairan pada tubuh serta memengaruhi keseimbangan. Contoh makanan mengandung garam berlebih, misalnya: keju, keripik kentang, popcorn, makanan kaleng olahan, acara, saus kedelai, dan makanan fermentasi lainnya. 

  1. Minuman dan makanan tinggi gula

Selain garam, makanan dan minuman mengandung gula berlebih tidak disarankan bagi penderita vertigo. Kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan naik turunnya volume cairan dalam telinga dan menyebabkan vertigo kambuh. Contoh minuman dan makanan tinggi gula, misalnya:minuman soda, sirup maple, jus buah mengandung gula, madu, serta makanan yang mengandung pemanis tambahan. 

  1. Minuman dan makanan mengandung tyramine

Tyramine merupakan asam amino yang dapat Anda temukan pada minuman dan makanan yang  diketahui mampu memicu pusing, migrain, dan vertigo. Contoh minuman dan makanan yang mengandung tyramine di antaranya adalah:

  • Daging asap
  • Pisang
  • Cokelat
  • Buah-buahan citrus 
  • Selai kacang
  • Keju 
  • Red wine
  • Buah ara
  1. Makanan mengandung monosodium glutamate (MSG)

Selain garam dan tyramine, makanan yang mengandung MSG (asam glutamat alami) juga memicu kambuhnya migrain dan vertigo. Apabila Anda suka mengonsumsi makanan ringan, fast food (makanan cepat saji), hingga saus, patut untuk waspada dan menguranginya. Sebab, makanan yang mengandung MSG dikonsumsi penderita vertigo dapat merangsang neurotransmitter dan menimbulkan serangan kambuh. 

  1. Makanan pemicu peradangan 

Selanjutnya yang harus dihindari penderita vertigo adalah makanan yang memicu peradangan. Hal itulah yang menyebabkan fungsi vestibular pada telinga bagian dalam dan vertigo menjadi lebih parah. Contoh makanan pemicu peradangan adalah gorengan, daging merah, margarin, aneka jenis pastry dan roti, serta daging olahan (misalnya daging asap, nugget, dan sosis). 

  1. Minuman tinggi kafein

Hal yang sewajarnya apabila dalam kehidupan sehari-hari kita mengonsumsi teh, kopi, minuman soda, dan minuman berenergi. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah yang besar, maka dapat meningkatkan risiko vertigo kambuh. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memicu denging di telinga, serta tubuh dapat kehilangan cairan karena kafein bersifat diuretik. Hal tersebut berkebalikan dengan penderita vertigo yang dianjurkan untuk memenuhi cairan yang cukup guna mengurangi gejalanya. 

  1. Minuman mengandung alkohol

Minuman beralkohol  dianjurkan untuk dihindari karena mampu memperburuk gejala vertigo. Selain itu, minuman beralkohol juga memberi dampak negatif pada sistem metabolisme tubuh dan menimbulkan efek kesehatan lainnya yang kurang baik. 

Itulah informasi singkat mengenai makanan dan minuman yang harus dihindari penderita vertigo. Apabila gejala yang Anda alami berlangsung dalam waktu yang cukup lama, segera konsultasikan ke dokter terdekat. Upayakan JUGA  untuk menghindari pantangan dan memperbanyak makanan dan minuman yang tidak memicu vertigo, seperti: ginkgo biloba, jahe, kacang almond, dan asupan vitamin D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *