6 Cara Menangani Hiperpigmentasi dari Rumah

Suka kesal tidak melihat bintik-bintik gelap atau sebagian area kulit yang menggelap baik di wajah maupun di bagian tubuh lainnya? Kondisi ini dikenal dengan sebutan hiperpigmentasi dalam dunia medis. Tentu saja ini menyebalkan karena sangat mampu merusak penampilan Anda. 

Penyebab hiperpigmentasi ada banyak. Hiperpigmentasi bisa terjadi karena masalah penuaan ataupun akibat dari suatu indikasi penyakit ataupun efek penggunaan obat tertentu. Namun, penyebab paling umum dari kondisi yang dipicu oleh meningkat drastisnya melanin dalam tubuh ini adalah paparan sinar matahari yang lama dan ekstrem. 

Penyebab hiperpigmentasi boleh jadi banyak. Namun, cara menanganinya pun tidak kalah beragam. Bukan hanya bisa mengandalkan dokter, Anda bahkan bisa menangani hiperpigmentasi dengan bantuan produk-produk yang ada di rumah atau dapur Anda, seperti di bawah ini. 

Lidah Buaya 

Lidah buaya tidak hanya mampu melembapkan kulit. Bahan alami ini juga terbukti cukup efektif memudarkan hiperpigmentasi yang Anda alami.  Ini karena ;idah buaya mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami, yang telah terbukti mencerahkan kulit dan bekerja secara efektif sebagai pengobatan hiperpigmentasi nontoksik. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya murni ke area yang mengalami hiperpigmentasi sebelum tidur. Diamkan semalam dan bilas dengan air hangat keesokan pagi. Anda bisa mendapatkan hasil hiperpigmentasi memudar dengan pemakaian yang konsisten tiap hari. 

Cuka Apel 

Cuka sari apel juga bisa Anda coba untuk menangani masalah hiperpigmentasi. Ini karena cuka apel mengandung asam asetat yang bisa meringankan hiperpigmentasi. Pastikan, Anda melarutkan cuka apel terlebih dahulu dengan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan larutan cuka apel tersebut ke area kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Diamkan selama 2—3 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi pemakaian larutan cuka apel ini dua kali sehari sampai Anda memperoleh hasil yang diinginkan. 

Susu 

Semua jenis susu yang diolah dengan beragam cara ternyata juga bisa menjadi cara jitu menyamarkan hiperpigmentasi yang kerap membuat Anda kesal. Kemampuan susu menangani hiperpigmentasi karena cairan ini mengandung asam laktat. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merendam bola-bola kapas dalam susu. Kemudian, Anda hanya perlu menggosokkannya ke bagian kulit yang gelap minimal 2 kali sehari. Ulangi pemakaian setiap hari sampai Anda mendapat hasil yang memuaskan. 

Tomat 

Cobalah menangani hiperpigmentasi dengan tomat. Caranya, Anda hanya perlu memeras setengah tomat, kemudian tambahkan dengan madu dan campur keduanya secara menyeluruh hingga menyerupai pasta tomat. Setelah itu, oleskan ke area kulit yang menggelap dan bersihkan dengan air setelah didiamkan sekitar 15 menit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Dermatology pada tahun 2011 menemukan, pasta tomat kaya akan likopen sehingga bisa melindungi kulit dari aspek kerusakan foto jangka pendek dan jangka panjang, termasuk dari hiperpigmentasi. Manfaat dari pasta tomat dalam mencerakan area gelap karena hiperpigmentasi biasanya mulai akan terlihat setelah pemakaian 12 minggu. 

 Teh Hijau 

Teh hijau memiliki bahan aktif utama epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Bahan aktif inilah yang dapat membantu mengubah pigmentasi kulit dalam beberapa kasus, khususnya menyamarkan hiperpigmentasi. Sebagai ulasan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery mencatat, EGCG merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu memblokir proses dalam sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih. Daun teh hijau sendiri juga mengandung asam galat dan asam ellagic bisa dapat membantu memperbaiki kondisi kulit Anda.

Bawang Merah 

Bawang merah juga bisa menjadi agen pemutih kulit yang bermanfaat bagi Anda yang bermasalah hiperpigmentasi. Sebuah studi 2011 di jurnal Natural Product Research mencatat, isolat dari bawang merah dapat memblokir tindakan sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih. Cara menggunakan bawang merah untuk memudarkan hiperpigmentasi tidak sulit. Anda hanya perlu menggiling bawang dan memasukkannya ke dalam kantong the kosong. Kemudian, oleskan kantong tersebut ke area hiperpigmentasi secara berkala tiap hari. 

Sekarang cek dapur Anda sekarang, kira-kira peralatan perang apa saja yang Anda miliki untuk bisa memudarkan hiperpigmentasi yang merusak penampilan Anda selama? Segera coba keampuhannya untuk menangani hiperpigmentasi tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *