5 Cara Perawatan Menstruasi Kembali Teratur, Salah Satunya Dengan Herbal Menses

menses

Mengalami menstruasi tidak teratur dengan panjang siklus menstruasi terus berubah. Menstruasi Anda mungkin datang lebih awal atau terlambat. Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari, meskipun normal jika sedikit lebih pendek atau lebih lama dari ini. Haid Anda masih dianggap teratur jika datang setiap 24 hingga 38 hari.

Setelah pubertas, banyak wanita mengembangkan siklus teratur dengan jangka waktu yang sama antar periode. Tetapi tidak jarang itu bervariasi beberapa hari setiap kali.

Perawatan bergantung pada mencari tahu apa yang menyebabkan menstruasi Anda tidak teratur, tetapi ada solusi yang dapat Anda coba di rumah untuk mengembalikan siklus Anda ke jalur yang benar, salah satunya bisa dengan obat herbal menses. 5 Pengobatan rumahan yang didukung sains untuk menstruasi yang tidak teratur.

  • Berlatih yoga

Yoga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi. Sebuah studi 2013 dengan 126 peserta menemukan bahwa 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan menurunkan kadar hormon yang terkait dengan menstruasi tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup wanita dengan dismenore primer.

Jika Anda baru mengenal yoga, carilah sanggar yang menawarkan yoga pemula atau level 1. Setelah Anda mempelajari cara melakukan beberapa gerakan dengan benar, Anda dapat terus pergi ke kelas, atau Anda dapat berlatih yoga dari rumah menggunakan video atau rutinitas yang Anda temukan secara online.

  • Meditasi¬†

Meditasi adalah cara sederhana dan gratis untuk mengurangi stres di rumah atau di tempat kerja. Karena stres dan menstruasi tidak teratur menjadi saling terkait, mengurangi stres dapat membuat menstruasi lebih teratur.

Peneliti menyarankan bahwa meditasi dapat meningkatkan berbagai efek samping stres psikologis. Untuk mencoba meditasi:

  • cari tempat yang tenang untuk duduk
  • duduk tegak, dengan lengan rileks dan tangan di atas lutut
  • tarik dan keluarkan dalam-dalam
  • fokus pada suara nafas
  • mendengarkan suara lain di sekitarnya
  • akui pikiran saat muncul tetapi kemudian lepaskan

Pada awalnya, cobalah bermeditasi hanya beberapa menit dan tingkatkan waktunya satu menit setiap hari.

  • Konsumsi Jahe

Jahe digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jahe berhasil. Jahe memang memiliki manfaat lain terkait menstruasi.

Hasil dari satu penelitian terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi yang berat menunjukkan bahwa dengan meminum suplemen jahe setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi. Ini adalah penelitian kecil yang hanya mengamati gadis-gadis usia sekolah menengah, jadi diperlukan lebih banyak penelitian.

Mengkonsumsi 750 hingga 2.000 mg bubuk jahe selama 3 atau 4 hari pertama periode Anda telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk periode yang menyakitkan.

Studi lain menemukan mengonsumsi jahe selama tujuh hari sebelum periode meredakan suasana hati, fisik, dan gejala perilaku premenstrual syndrome (PMS).

  • Tambahkan vitamin D.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium di usus, yang penting untuk kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat membantu mengatur ovulasi. Sebuah studi tahun 2015 menemukan hubungan antara tingkat vitamin D yang rendah dan menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur adalah gejala umum sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sebuah uji klinis skala kecil 2014 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, bersama metformin, dapat membantu mengatur menstruasi untuk orang dengan PCOS.

Sinar matahari menyebabkan tubuh seseorang memproduksi vitamin D. Jadi untuk menambah vitamin D, habiskan waktu di luar di bawah sinar matahari. Mengonsumsi suplemen adalah cara lain untuk memastikan tubuh mendapat cukup vitamin D.

  • Pertahankan berat badan yang sehat

Perubahan berat badan Anda dapat memengaruhi menstruasi Anda. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat membantu mengatur menstruasi Anda.

Selain itu, penurunan berat badan yang ekstrim atau kekurangan berat badan dapat menyebabkan haid tidak teratur. Itulah mengapa penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Wanita yang kelebihan berat badan juga lebih mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur, dan mengalami pendarahan dan rasa sakit yang lebih berat daripada wanita dengan berat badan yang sehat. Ini karena dampak sel lemak terhadap hormon dan insulin. 

Jika Anda menduga berat badan Anda dapat memengaruhi periode menstruasi Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi target berat badan yang sehat, dan menghasilkan strategi penurunan atau penambahan berat badan.

Obat-obatan herbal untuk melancarkan haid

Memang belum banyak penelitian tentang obat-obatan herbal untuk melancarkan haid seperti obat herbal menses yang bermanfaat untuk melancarkan haid. Namun, tak ada salahnya mencoba berbagai bahan ini sebagai cara alami untuk melancarkan haid, seperti:

  1. Biji ketumbar: Rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam dua gelas air sampai berkurang menjadi satu gelas. Tambahkan gula pasir secukupnya dan minum. Ulangi 2 atau 3 kali sehari. Untuk pengobatan haid yang berlebihan, sebaiknya rebus 6 gram biji ketumbar dalam setengah liter air
  2. Tidak menerapkan pola makan sehat, stres maupun permasalahan hormon seringkali mengganggu siklus menstruasi pada wanita. Namun, kamu bisa mengobatinya dengan memanfaatkan ramuan umbi dari rumput teki.

Untuk meracik ramuan tersebut, pertama-tama kamu harus menyiapkan umbi rumput teki dan mencucinya hingga bersih. Lalu, haluskan umbi dan rebus hingga mendidih. Setelah proses pembuatan selesai, minum ramuan hasil rebusan tersebut secara teratur.

Adapun, manfaat tersebut dihasilkan dari kandungan minyak atsiri pada umbi rumput teki, di mana proses penguapan minyak menghasilkan efek esterogenik skala sedang untuk pengobatan masalah menstruasi yang tidak teratur pada wanita.

  • Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang dapat mengurangi peradangan. Beberapa penyebab haid tidak teratur melibatkan peradangan.

Beberapa orang percaya bahwa makan nanas dapat membantu mengatur menstruasi, meskipun penelitian belum menemukan hubungan antara keduanya. Peneliti perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah nanas dapat meningkatkan menstruasi yang tidak teratur.

Jus nanas, seperti jus buah lainnya, tinggi gula dan bukan pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

  • Kunyit adalah pengobatan rumahan yang populer untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk menstruasi yang tidak teratur. Namun, kemampuannya untuk mengatur menstruasi tidak terbukti.

Manfaat utama kunyit yang ditemukan para ilmuwan adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin, bahan aktif yang ditemukan dalam kunyit, memiliki efek antiinflamasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *