4 Manfaat Jintan Hitam Sari Kurma Ajwa

Nigella sativa atau disebut dengan jintan hitam yang berasal dari tumbuhan berbunga di keluarga Ranunculacea. Berasal dari Asia barat daya dan Mediterania, sekarang tumbuh di seluruh India, Timur Tengah, dan Eropa. Nigella sativa telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan herbal untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu termasuk asma, bronkitis, dan peradangan. Ini juga telah lama digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan. Di Indonesia dijadikan suplemen Sari Kurma Ajwa yang berasal dari jintan hitam

Sementara penelitian tentang efek kesehatan Nigella sativa terbatas, temuan dari in vitro, hewan, dan sejumlah kecil penelitian pada manusia menunjukkan bahwa itu mungkin menawarkan manfaat peningkatan kekebalan dan antioksidan.

Sampai saat ini, ada kekurangan uji klinis yang menguji efek kesehatan Nigella sativa. Karena itu, terlalu dini untuk merekomendasikannya sebagai perawatan standar utama untuk kondisi apa pun.

Beberapa penelitian yang ada menunjukkan bahwa bijinya menjanjikan untuk pengobatan dan pencegahan asma, tekanan darah, dan kanker tertentu. Ini diyakini karena thymoquinone, bahan aktif dalam ekstrak minyak Nigella sativa yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-tussive, anti-hipertensi, anti-diabetes, antibakteri, dan anti-kanker.

  1. Asma dan Alergi

Menurut tinjauan tahun 2013 yang menyelidiki potensi terapeutik Nigella sativa dalam bentuk ekstrak rebus, penulis menyimpulkan bahwa bahan alami tersebut berpotensi meringankan gejala asma dengan melebarkan bronkiolus untuk memungkinkan aliran udara ke paru-paru.

Demikian pula, penelitian selama sebulan di tahun 2011 mengamati dampak Nigella sativa pada rinitis alergi. Dari sampel 66 pria dan wanita yang mengalami hidung tersumbat, hidung berair dan gatal, serta bersin, gejala Nigella sativa berkurang selama dua minggu pertama.

  1. Tekanan darah tinggi

Nigella sativa secara luas dilaporkan memiliki sifat anti-hipertensi, yang membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa minyak Nigella sativa secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik di antara 70 peserta.

Namun, sebuah studi dari 2017 berusaha untuk menguji sifat diuretik Nigella sativa dan kemampuan untuk mengekang aktivitas berlebihan dalam sistem saraf simpatis untuk mengukur apakah hal itu berdampak positif pada tekanan darah. Setelah pemberian ekstrak biji Nigella sativa dua kali sehari selama 28 hari, tekanan darah menurun, tetapi tidak sampai tingkat yang signifikan. Ajwa Sari Kurma Habbatussauda Kapsul juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. 

Studi lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

  1. Kanker

Sementara sebagian besar penelitian Nigella sativa telah dilakukan pada hewan, tinjauan tahun 2019 mengutip penelitian sebelumnya tentang sel kanker payudara, kandung kemih, serviks, prostat, dan ginjal manusia yang menemukan bahwa Nigella sativa berpotensi melawan kanker.

Studi menunjukkan bahwa thymoquinone menghambat penggandaan sel kanker dan dalam beberapa kasus, membunuh sel kanker.

  1. Penyakit Lainnya

Beberapa penelitian terbatas menunjukkan bahwa Nigella sativa mungkin memiliki potensi dalam pengobatan penyakit Alzheimer dan kolesterol tinggi.7 Kegunaan populer lainnya termasuk:

  • Peradangan
  • Kemacetan
  • Batuk
  • Masalah pencernaan
  • Migrain
  • Artritis reumatoid
  • Demam alergi serbuk bunga
  • Peningkatan kinerja mental
  • Eksim
  • Sakit maag
  • Sindrom metabolik
  • Hepatitis C.
  • Kejang
  • Kontrol kelahiran
  • Meningkatkan aliran ASI
  • Gangguan haid

Meskipun demikian, tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mengetahui secara pasti apakah Nigella sativa dapat membantu pengobatan kondisi ini.

Kemungkinan Efek Samping

Jika habbatussauda digunakan dalam makanan atau obat-obatan dalam jumlah kecil untuk waktu yang singkat, hal itu mungkin aman. Tetapi tidak ada cukup informasi untuk mengetahui dengan pasti apakah aman dalam jumlah yang lebih tinggi atau bila dikonsumsi untuk waktu yang lebih lama. waktu.

Tidak ada dosis standar Nigella sativa, tetapi jumlah yang berbeda telah dipelajari dalam penelitian. Misalnya, saat mempelajari efek habbatussauda pada asma, dua gram tanah Nigella sativa telah digunakan setiap hari selama 12 minggu. Juga, 500 miligram (mg) minyak jintan hitam telah diminum dua kali sehari selama empat minggu. Saat mempelajari pengaruhnya terhadap tekanan darah, setengah hingga dua gram bubuk habbatussauda telah dikonsumsi setiap hari hingga 12 minggu

Sementara siapa pun harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum memulai ramuan atau suplemen apa pun, kehati-hatian dan konsultasi sangat penting bagi individu tertentu karena masalah seperti berikut ini:

  • Pengujian pada hewan menunjukkan bahwa Nigella sativa dosis tinggi dapat merusak ginjal dan hati. Penggunaan dapat dipertimbangkan dengan hati-hati pada individu dengan masalah atau risiko ginjal atau hati yang ada.
  • Mengonsumsi Nigella sativa selama kemoterapi dapat menghambat efek obat kemoterapi.
  • Karena Nigella sativa selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah, hal itu menimbulkan risiko bagi mereka yang mengalami hipotensi.
  • Meskipun penelitian yang menganalisis efek Nigella sativa pada kehamilan dan menyusui berfokus pada hewan, wanita disarankan untuk berbicara dengan dokter sebelum mengkonsumsi Ajwa Sari Kurma Habbatussauda Kapsul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *