Yuk, Cari Tahu Kandungan dan Manfaat Susu Non Fat Di Sini

Susu non fat atau yang biasa disebut susu skim adalah susu yang telah melewati proses penghilangan kadar lemak yang cukup signifikan dibadingkan dengan susu jenis lain. Kadar lemak yang tersisa umumnya hanya sekitar 0,5 persen saja. 

Tidak hanya itu, susu non fat pun memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga membuat tekstur susu menjadi lebih cair dan memiliki kalori yang lebih rendah. Lalu, apa saja manfaat dari susu non fat ini? Berikut penjelasannya!

Manfaat susu non fat

Susu merupakan makanan padat nutrisi, yang memasok protein, mineral, dan vitamin penting ke makanan Anda dengan kalori relatif sedikit. Mengonsumsi susu tanpa lemak dapat membuat makanan ini semakin sehat, karena menghilangkan lemak jenuh. 

Menghilangkan lemak dari susu dapat meningkatkan angka nutrisi relatif untuk beberapa komponen makanan, sementara tingkat nutrisi lainnya tetap sama terlepas dari kandungan lemaknya, meskipun demikian, susu non fat menawarkan beberapa manfaat nutrisi untuk meningkatkan kesehatan yang optimal. 

  1. Protein 

Susu tanpa lemak atau non fat merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang kaya. Protein susu sebagian besar terdiri dari kasein dan whey, dan protein ini mengandung semua asam amino esensial atau protein pembangun, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda dan Anda butuhkan dalam makanan. 

Tubuh Anda dapat menggunakan protein ini untuk membangun otot serta mempertahankan massa tubuh tanpa lemak. Selain itu, protein dalam susu tanpa lemak mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, mengembangkan sistem peredaran darah yang kuat, dan membantu Anda mensintesis hormon dan enzim. 

  1. Mineral

Kalsium dan fosfor berlimpah dalam susu tanpa lemak. Di dalam tubuh Anda, mineral ini membentuk matriks yang memberikan struktur dan integritas pada tulang dan gigi Anda, keduanya mendukung pertumbuhan dan membantu mencegah osteoporosis. 

Susu non fat mengandung lebih banyak mineral ini daripada susu murni. Susu tanpa lemak menyediakan lebih banyak kalium daripada susu murni. Susu tanpa lemak juga menambahkan magnesium dan zinc ke dalam makanan Anda. 

  1. Vitamin 

Produsen susu memperkuat susu dengan vitamin A dan D, menjadikan susu tanpa lemak sebagai sumber vitamin penting yang sangat baik. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan bersama dengan nutrisi lain dalam susu, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Sementara vitamin A yang teradapat dalam susu non fat dapat meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Susu tanpa lemak juga memberi Anda riboflavin dan vitamin B12 dalam jumlah yang signifikan dan dengan jumlah yang lebih sedikit dari thiamin, niacin dan folat. Vitamin B ini berperan dalam memberikan energi pada tubuh Anda dan makanan yang Anda konsumsi. 

  1. Managemen berat badan

Kalsium pada produk susu, termasuk susu non fat, dapat membantu Anda mengatur berat badan. Ini akan merangsang pembakaran jaringan lemak dan menjaga metabolisme Anda saat Anda menjalani diet rendah kalori. Serta mencegah Anda menambah simpanan lemak saat kalori Anda berlimpah. 

Efek ini tidak berlaku jika Anda meningkatkan asupan kalsium dengan suplemen daripada dengan produk susu makanan utuh, karena asam amino dari bagian whey protein susu bekerja dengan kalsium untuk mempengaruhi efek ini pada lemak tubuh Anda. 

Lalu apakah susu non fat memberikan  nutrisi yang sama dengan susu murni?

Ya, susu tanpa lemak atau susu skim atau susu bebas lemak menyediakan vitamin dan mineral yang sama dengan susu murni. Karena porsi lemak susu tidak mengandung kalsium, Anda bisa menghilangkan lemak tanpa kehilangan kalsium. 

Jadi, susu non fat hadir dengan kandungan nutrisi dan manfaat yang kaya. Salah satunya adalah dapat membantu managemen berat badan. Anda dapat mengonsumsi susu non fat untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *