Tumbuh Bisul Di Pantat Apa Penyebabnya?

Bisul merupakan infeksi bakteri pada folikel rambut serta melibatkan jaringan di sekitarnya. Infeksi ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun, dan tidak hanya akan muncul di kulit kepala saja. Saat folikel rambut terinfeksi, peradangan terjadi. Hal ini menyebabkan benjolan merah berisi nanah pada kulit. Bisul di pantat, leher, paha, dan wajah merupakan kasus yang paling umum dijumpai.

Bisul di pantat, leher, paha, dan wajah akan berawal dalam bentuk benjolan jinak seperti jerawat pada kulit. Namun, saat infeksi berubah menjadi semakin parah, bisul mengeras dan terasa sakit apabila disentuh. Bisul mengandung nanah sebagai bentuk upaya tubuh dalam melawan infeksi. Tekanan juga dapat terbentuk, yang mana dapat menyebabkan bisul di pantat, leher, paha, atau wajah pecah dan mengeluarkan cairan nanah. Bisul akan terasa sangat sakit sebelum pecah dan akan mulai pulih saat nanah terkuras. Bisul dapat tumbuh dalam jumlah yang banyak dan tersambung satu sama lain pada suatu daerah tertentu di tubuh, kondisi ini disebut dengan istilah karbunkel. Selain peradangan pada kulit, karbunkel dapat menyebabkan gejala lain seperti demam dan tubuh menggigil (yang tidak akan terjadi pada bisul biasa).

Penyebab bisul

Bakteri yang umumnya menjadi penyebab bisul adalah Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasanya berkumpul di daerah sekitar kulit. S. aureus dapat menyebabkan infeksi apabila ada luka di kulit. Saat bakteri masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan berusaha untuk melawannya. Bisul di pantat, leher, paha, dan wajah juga merupakan hasil dari sel darah putih yang bekerja dalam membersihkan bakteri. Anda berisiko memiliki bisul di pantat dan bagian tubuh lain apabila sistem kekebalan tubuh Anda lemah atau Anda memiliki kondisi medis tertentu yang memperlambat proses pemulihan dan penyembuhan kulit. Diabetes dan eksim, sebuah gangguan penyakit kulit kronis yang dikarakterisasikan dengan kulit yang gatal dan sangat kering, merupakan dua buah contoh kondisi kronis yang dapat meningkatkan risiko Anda menderita infeksi bisul. Risiko Anda juga akan meningkat apabila Anda melakukan kontak langsung atau berdekatan dengan seseorang yang menderita bisul.

Perawatan bisul

Kebanyakan orang biasanya tidak membutuhkan perawatan medis khusus ketika mereka menderita bisul. Namun, apabila bisul terus berukuran besar, tidak pecah, dan terasa sangat sakit selama lebih dari 2 minggu, hubungi dokter. Biasanya, bisul di pantat akan kempis dan mulai sembuh dalam waktu tersebut. Perawatan bisul di pantat atau daerah lain di tubuh yang membandel biasanya berfokus pada metode pengurasan nanah dan pemulihan. Kompres hangat dapat membantu mempercepat pecahnya bisul. Tempatkan kompres lembap yang hangat pada bisul sepanjang hari guna memicu terjadinya pecah.

Selalu cuci tangan setelah menggunakan kompres dan bersihkan daerah bisul menggunakan sabun antibakteri guna mencegah penyebaran bakteri staph pada bagian lain tubuh Anda. Hubungi dokter apabila bisul di pantat tidak pecah atau menyebabkan rasa sakit parah. Anda mungkin membutuhkan antibiotik dan sayatan untuk menguras dan membersihkan infeksi. Dokter dapat menguras bisul secara manual menggunakan alat steril. Jangan mencoba untuk memencet, menusuk, atau memotong bisul seorang diri. Karena hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi yang lebih parah dan dapat meninggalkan bekas luka. Umumnya, bisul di pantat atau bagian tubuh lain tidak akan menyebabkan komplikasi dan tidak membutuhkan perawatan medis tertentu. Hubungi dokter apabila bisul tidak kunjung sembuh dan menyebabkan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *