Kenali Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengobatinya

Kenali Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengobatinya

Hampir semua orang pasti pernah mengalami telapak tangan gatal. Memang, kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun bisa pula menandakan kondisi medis yang terbilang serius.

Telapak tangan yang gatal, sebelah kiri maupun kanan, memang sering dikaitkan dengan mitos memberi atau menerima uang. Sebenarnya, gatalnya telapak tangan dengan mitos tersebut tidak ada kaitannya sama sekali. 

Penyebab Telapak Tangan Gatal

Faktanya, saat telapak tangan terasa gatal, biasanya ini menjadi pertanda adanya kondisi medis tertentu. 

Tubuh memang biasa mengalami kondisi gatal, termasuk telapak tangan. Ada beberapa penyebabnya, yaitu:

  • Kulit kering
  • Iritasi kulit
  • Reaksi alergi
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan
  • Eksim atau dermatitis atopik
  • Psoriasis
  • Diabetes
  • Kudis
  • Sirosis bilier primer
  • Gangguan saraf

Cara Mengobati Telapak Tangan yang Gatal

Mengatasi telapak tangan yang gatal tentu disesuaikan dengan penyebabnya. Akan tetapi, ada beberapa cara mengatasi rasa gatal di telapak tangan dengan segera. Berikut yang bisa Anda lakukan:

Mengoleskan pelembap

Telapak tangan yang terasa gatal bisa diatasi dengan mengoleskan pelembap yang akan membantu meringankan gejala gatal yang muncul. 

Agar maksimal, Anda bisa menyimpan pelembab dalam lemari pendingin untuk beberapa lama agar dingin sebelum dioleskan ke kulit. 

Jika gatal disebabkan oleh eksim, maka Anda bisa mengoleskan pelembap saat kulit terasa kering atau setelah mencuci tangan.

Kompres air dingin

Gatal di telapak tangan bisa diatasi dengan kompres air dingin. Caranya, balut es batu dengan handuk atau kain apapun yang bersih. Bisa juga dengan merendam kain bersih dalam air dingin. Kemudian tempelkan kain tersebut pada telapak tangan yang gatal selama 5-10 menit.

Menggunakan obat steroid

Menghilangkan rasa gatal di telapak tangan juga bisa dengan menggunakan obat topikal steroid. Akan tetapi, pastikan sebelumnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Sebab, penggunaan krim steroid haruslah sesuai dengan petunjuk dan arahan dari dokter. Akan tetapi, menggunakan krim steroid ini tidak boleh terlalu sering karena menyebabkan kulit menjadi tipis.

Minum obat antihistamin

Obat antihistamin yang dengan mudah bisa ditemukan di apotek juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal di telapak tangan akibat reaksi alergi. 

Obat antihistamin ini memiliki efek samping berupa rasa kantuk yang akan membuat Anda tertidur meski telapak tangan terasa gatal.

Terapi sinar ultraviolet

Bagi penderita telapak tangan gatal yang sudah parah, bisa diatasi dengan melakukan terapi sinar UV. Terapi ini bekerja dengan memancarkan sinar khusus ultraviolet A yang menyinari telapak tangan. Dengan begitu, rasa gatal di telapak tangan pun bisa berkurang. 

Tentu saja Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan prosedur terapi sinar ultraviolet ini untuk mengatasi rasa gatal di telapak tangan.

Cara Mencegah Rasa Gatal di Telapak Tangan

Memang lebih baik mencegah dibanding mengobati, termasuk dalam kondisi telapak tangan gatal ini. Adapun langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah:

  • Menggunakan produk perawatan atau sabun yang tidak mengandung zat pewangi
  • Cuci tangan dengan air suam-suam kuku, jangan menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas
  • Menghindari penggunaan hand sanitizer yang tinggi kandungan alkoholnya, sebab ini membuat telapak tangan jadi terlalu kering
  • Mengoleskan pelembap setelah mengeringkan tangan
  • Menggunakan sarung tangan ketika mencuci atau saat bersentuhan dengan zat kimia. 

Umumnya, telapak tangan gatal memang bukan masalah medis yang serius. Akan tetapi, bila bila rasa gatal muncul terus menerus dan mengganggu, tentu hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Berkonsultasilah dengan dokter agar mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat yang bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *