Takut Tertipu, Ini Cara Kenali Ciri Madu Asli

Saat ini banyak sekali pedagang nakal yang menjual madu palsu atau madu asli namun telah ditambahkan berbagai bahan campuran lainnya, seperti gula tambahan. Jika Anda membeli dari peternakan lebah mungkin tidak takut jika madu tersebut palsu. 

Berbeda halnya jika Anda membelinya dari pedagang atau toko biasa. Lalu bagaimana cara mengenali ciri madu asli atau tidak? Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah madu asli atau oplosan. 

Ciri madu asli

Madu memiliki karakteristik dan ciri yang dapat Anda kenali, berikut beberapa di antaranya:

  • Madu itu kental. Madu berair atau mengalir dengan cepat saat madu dalam keadaan hangat, dan akan bergerak lambat saat dingin.
  • Madu memiliki kadar air yang rendah. Madu memiliki kelembapan kuran dari 18,6% atau biasnaya mendekati angka 12%. Ketika permukaan air lebih tinggi dari 18,6%, maka madu akan berfermentasi. Di sarang lebah, nectar akan berkumpul dan memiliki kelembapan yang lebih tinggi daripada madu. Lebah menambahkan enzim dari tubuh mereka ke nectar, dan menguapkan air darinya untuk membuatnya menjadi madu.
  • Madu bersifat higroskopis. Madu akan menyerap kelembapan dari sekitarnya. Ini bisa menjadi masalah di iklim lembap, karena madu dapat menyerap cukup kelembapan dari udara untuk berfermentasi. Secara historis, madu telah digunakan pada luka karena kemampuannya menyerap kelembapan dan sifat antimikrobanya. 
  • Madu bersifat asam. Madu memiliki pH sekitar 4. Jumlah pH 4 tersebut berarti bahwa itu sekitar 1.000 kali lebih asam daripada air biasa dan netral. 
  • Madu dapat disimpan anpa batas waktu, asalkan disimpan dalam wadah yang keris dan bebas hama. 

Mengapa madu paling banyak produk palsunya?

Sejak berabad-abad lalu, madu telah menjadi harta karun untuk kesehatan. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu mengonsumsi sedikit madu setiap harinya sudah dapat meningkatkan nutrisi dalam tubuh. Faktanya, hal inilah yang menyebabkan lonjakan permintaan madu murni di seluruh dunia meningkat. 

Sebagai kormoditas yang mahal, madu juga banyak yang palsu dipasaran. Baik itu madu mentah, madu organik, atau pun olahan. Banyak sekali penjual nakal yang memalsukan atau mencampur madu dengan berebagai bahan untuk menyerupai madu asli.  

Menurut para ahli, permintaan madu dapat menimbulkan penipuan. Bagaimana tidak, madu sering kali dibuat atau dicampur dengan sirup buatan, gula tambahan, gula bit, atau bahkan sirup gula tebu. Penggabungan tersebut dibuat sedemikian rupa shingga menyerupai madu. Namun, ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah madu tersebut asli atau palsu.

Bagaimana cara mengetahui ciri madu asli atau palsu?

  1. Uji kristalisasi

Karena madu dibat dari nectar, lebah memprosesnya dan memasukkannya ke dalam enzim khusus. Salah satu enzim ini, glukosa oksidase, memabntu menghilangkan air dari madu. Hasil dari proses ini adalah madu alami yang cenderung mengkristal dan menjadi lebih kental saat disimpan. Madu buatan tidak bisa. 

  1. Tes air

Madu asli tidak mudah tercampur dengan air. Jatuhnya satu sendok teh madu ke dalam segelas air dan Adna akan melihat ia mengendap di dasar wadah. Untuk memamasukkannya ke dalam cairan, madu asli perlu diaduk terlebih dahulu. Sebaliknya, madu palsu mudah larut dalam air bahkan tanpa tercampur. 

  1. Tes kertas

Tempatkan beberapa tetes sampel yang anda uji di atas tisu atau serbet. Madu yang murni akan tetap padat dan tidak meresap. Namun, jika madu tidak murni, akan membaasahi kertas dan bahkan mungkin meresap ke dalamnya. 

  1. Tes microwave

Tambahkan sekitar 2 sendok makan sampel Anda ke dalam mangkuk tahan panas (microwave) dan panaskan dengan daya tinggi selama 45 detik hingga 60 detik. Madu alami akan berubah menjadi caramel sedangkan madu buatan akan berbusa dan berbuih.

  1. Tes roti

Sebarkan madu di atas sepotong roti, jika madu itu adalah madu asli, maka bagian atas roti akan menjadi renyah dalam beberapa menit. Dan, jika madu palsu, roti akan menjadi lembek karena kadar air yang berbeda. 

Bagaimana, sudah bisakah Anda mengenali ciri madu asli atau palsu? Jangan sampai tertipu lagi, ya, saat membeli madu yang akan Anda konsumsi sehari-hari. Sehat selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *