Susu Organik dan Cara Dapatkan Omega-3 Tinggi

Salah satu alasan mengapa banyak orang mencari susu organik karena kandungan omega-3nya lebih tinggi daripada susu biasa. Omega-3 sendiri merupakan jenis asam yang sangat penting bagi kesehatan otak dan tubuh. Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi ini dari berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, tidak terkecuali susu organik

Manfaat omega-3 yang kerap didengungkan banyak orang adalah kemampuannya untuk membentuk otak dan saraf secara sempurna, khususnya bagi perempuan yang sedang hamil maupun di awal-awal kehidupan anak. Bukan hanya itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan asam omega-3 tinggi bisa meminimalkan risiko berbagai penyakit, seperti masalah penglihatan sampai penyakit jantung. 

Mencari kadar omega-3 yang tinggi lewat makanan-makanan alami pun sebenarnya tidak sulit. Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi luar biasa tersebut dari makanan-makanan di bawah ini. 

Ikan Makarel 

Ikan laut rata-rata mengandung omega-3 yang tinggi. Namun, jika Anda mencari yang tertinggi, pilihlah ikan makarel. Ikan ini termasuk ikan berlemak dengan ukuran kecil. Namun jangan tanya, kandungan omega-3 pada ikan ini bisa mencapai 5.134 miligram untuk tiap 100 gramnya. Anda bisa menyajikan ikan makarel dalam banyak menu, namun di negara-negara Barat, ikan berlemak ini biasanya diasap dan dijadikan fillet dalam bentuk utuh. 

Salmon 

Jenis ikan laut lainnya yang kandungan asam omega-3nya tidak kalah mencengangkan adalah salmon. Bisa dibilang, salmon merupakan makanan paling padat nutrisi di Bumi karena bukan hanya menawarkan asam omega-3 yang tinggi, melainkan kadar vitamin D, vitamin B, dan selenium yang tidak kalah besarnya. Khusus untuk kandungan omega-3 di salmon sendiri, tiap 100 gram ikan ini bisa mengandung 2.260 miligram untuk salmon budi daya dan 4.123 miligram omega-3 untuk salmon liar. 

Kerang 

Mengonsumsi terlalu banyak kerang memang kurang baik untuk kesehatan Anda karena makanan laut ini termasuk tinggi kolesterol. Namun dalam jumlah yang tepat, mengonsumsi kerang untuk mendapatkan kandungan omega-3 yang tinggi sangat direkomendasikan. Pasalnya dalam 100 gram kerang utuh, Anda bisa memperoleh kandungan omega-3 mencapai 3.500 miligram. 

Susu Organik 

Susu sapi merupakan salah satu sumber omega-3 yang bisa Anda konsumsi tiap hari. Anda bisa mendapatkan 183 miligram untuk tiap gelas susu yang dikonsumsi. Jumlah yang lebih besar dapat diperoleh dari susu organik. Menurut penelitian yang dilakukan University of Aberdeen, kandungan omega-3 pada susu organik dapat lebih tinggi hingga 71 persen dibandingkan yang Anda dapatkan di susu biasa. 

Biji Chia 

Jangan menganggap bahwa asam omega-3 baru bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi makanan yang bersumber dari hewan. Nyatanya, makanan nabati juga bisa memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Biji chia merupakan salah satu makanan nabati yang sangat tinggi kandungan omega-3. Dalam 100 gram biji chia, kandungan omega-3nya dapat mencapai 5.000 miligram! Anda bisa mengonsumsi biji chia sebagai campuran minuman atau menjadikannya sebagai campuran puding yang lezat. 

Kacang Merah 

Kandungan omega-3 pada kacang merah hampir mendekati susu. Anda bisa memperoleh sekitar 100 miligram omega-3 ketika mengonsumsi setengah cangkir kacang merah. Produk nabati yang tinggi protein ini biasa diolah sebagai tambahan menu masakan utama, di semua maupun kari. Sup kacang merah pun dipercaya menjadi makanan bergizi tinggi yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. 

Kedelai 

Kedelai kerap dijadikan sebagai pengganti protein bagi kaum vegetarian. Bagaimanapun, tumbuhan ini merupakan sumber protein dan serat yang selalu bisa diandalkan. Namun siapa sangka, kedelai juga bisa direkomendasikan untuk mendapatkan omega-3 yang cukup tinggi. Anda bahkan bisa memperoleh 670 miligram omega 3 dalam secangkir kedelai bervolume tidak sampai 50 gram. 

Pilihan mendapatkan asam omega-3 yang sangat berguna bagi tubuh ada banyak bukan? Bukan alasan Anda tidak bisa memperoleh omega-3 ketika tidak suka makanan lain. Soalnya, susu organik dan berbagai jenis biji-bijian maupun kacang-kacangan juga dapat diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *