Selain Batugin Elixir, Anda Bisa Mengonsumsi Ini Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Penumpukan atau pengendapan berbagai jenis mineral yang terjadi di dalam saluran kemih pada akhirnya akan membentuk batu. Batu ini dapat terbentuk di ginjal atau saluran kemih. Pembentukan dari batu ini terjadi dari beberapa faktor. Salah satunya adalah kurangnya mengonsumsi air putih. Jika Anda mengalami kondisi ini, mengonsumi Batugin Elixir bisa menjadi salah satu solusinya.

Batugin Elixir merupakan obat herbal yang bisa meluruhkan batu ginjal atau batu kandung kemih. Obat herbal ini mengandung ekstrak daun tempuyung dan keji beling yang yang akan mengeluarkan batu dalam ginjal maupun saluran kemih.

Jika tidak ingin menggunakan pengobatan medis, Anda bisa melakukan pengobatan secara alami. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batu kandung kemih atau batu ginjal. 

  1. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing memiliki sifat antibakteri, antioksidan dan antiradang, di mana sifat – sifat tersebut sangat bermanfaat untuk mengelurakan urine sehingga akan mencegah terjadinya penumpukan atau pengendapan mineral dan garam. Selain itu, tanaman kumis kucing juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat dan diabetes.

  1. Lemon

Kesegaran dari perasan lemon ternyata mampu untuk mengatasi penyakit ini. Proses pengendapan kristal dan mineral di dalam urine bisa dicegah melalui perasan air lemon. Hal ini bisa terjadi karena dalam air lemon mengandung vitamin C dan sitrat.

  1. Meniran hijau 

Ada sebuah penelitian eksperimental yang mengatakan bahwa tanaman meniran hijau ini dapat menghambat pembentukkan batu, pengendapan kristal, dan pembentukan struktur dari komposisi kristal. Meniran hijau yang rutin dikonsumsi akan menjaga kristal – kristal agar tetap terurai di urine sehingga terhindar dari pengendapan di saluran kemih.

  1. Buah delima

Buah dengan warna yang menggoda ini ternyata memiliki kandungan polifenol dan kaya akan antioksidan. Kedua kandungan ini nyatanya memiliki efek baik untuk melindungi ginjal dari berbagai gangguan kesehatan. Delima dipercaya dapat mencegah pengendalan kalsium, urea, dan asam di ginjal.

Selain mengonsumsi beberapa makanan sehat dan memperbanyak minum air putih, ternyata ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari. Anda harus menghindari makanan berikut ini tergantung dengan jenis batu ginjal atau batu kemih yang dialami.

  1. Kalsium

Jenis batu ginjal ini adalah batu ginjal yang terbentuk dari kalsium oksalat, kalsium maleat dan kalsium fosfat. Makanan yang harus Anda hindari adalah cokelat, keripik, kentang, kacang, bayam, buah bit dan makanan atau minuman lainnya yang mengandung oksalat tinggi.

  1. Asam urat

Batu ginjal jenis ini dapat terjadi pada Anda yang sedag menjalani kemoterapi dan pengobatan asam urat. Kondisi ini lebih banyak menyerang laki – laki dibandingkan dengan perempuan. Hindari makanan yang mengandung tinggi purin seperti kerrang, daging, ikan, bayam dan kopi.  Hal ini agar urine Anda tidak terlalu asam dan berujung dengan batu ginjal yang dikomplikasi dengan asam urat.

  1. Struvit

Batu ginjal jenis ini justru kebalikan dengan batu ginjal asam urat. Bila pada batu ginjal asam urat banyak terjadi pada laki – laki, maka batu ginjal struvit banyak terjadi pada perempuan. Kondisi ini terjadi karena adanya penyumbatan akibat infeksi ginjal. Jadi, agar struvit ini tidak semakin berkembang maka harus disembuhkan atau diatasi dahulu infeksi yang ada.

Itulah beberapa pengobatan secara alami yang bisa Anda lakukan selain mengonsumsi obat herbal seperti Batugin Elixir. Tetapi perlu diperhatikan, sebelum menentukan ingin menggunakan pengobatan secara alami, Anda sudah berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *