Rasakan Gejala Ini? Konsumsi Alginic Acid

Rasakan Gejala Ini? Konsumsi Alginic Acid

Anda mungkin akan merasa tidak familiar ketika mendengar obat berjenis alginic acid. Padahal, jenis obat yang berbahan dasar spesies rumput laut ini kerap digunakan orang-orang yang kerap mengalami masalah pencernaan. 

Alginic acid sendiri berfungsi melapisi bagian perut pengonsumsinya karena mampu membentuk cairan kental jika terkena asam lambung. Dengan kemampuan ini, alginic acid mampu mengurangi berbagai gejala yang berkaitan dengan masalah pencernaan. 

Jenis obat yang satu ini patut menjadi salah satu obat yang ada dalam kotak obat di rumah maupun tas Anda. Gunakan alginic acid ketika Anda mengalami berbagai gejala di bawah ini. 

  1. Kembung 

Gejala ini biasanya muncul sebagai akibat Anda terlalu banyak mengisap gas ke dalam perut. Makan yang terlalu cepat ataupun mengonsumsi minuman bersoda kerap menjadi pemicunya. Namun, perut kembung juga dapat menjadi tanda dari adanya penyakit tukak lambung. Alginic acid sendiri mampu meredakan masalah yang berhubungan dengan pencernaan ini. 

  1. Heartburn 

Gejala heartburn sering disalah artikan bahwa adanya masalah terkait jantung pada seseorang yang mengalami. Padahal, rasa panas yang umumnya terjadi di ulu hati atau perbatasan dada dengan perut ini lebih mengarah ke masalah pencernaan. Heartburn umumnya muncul karena naiknya asam lambung ke bagian tubuh atas sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di ulu hati dan bisa naik sampai ke dada sampai tenggorokan. 

  1. Sendawa

Sendawa merupakan proses mengeluarkan gas dari dalam tubuh secara alami. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan dan biasa terjadi setiap kali Anda habis makan. Namun, jika Anda bersendawa terus-menerus, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi alginic acid. Ini karena sendawa yang berkelanjutan dapat menandakan terlalu banyaknya gas di perut yang bisa berujung ke masalah nyeri perut. 

  1. Mual

Mual merupakan salah satu gejala yang kerap terjadi pada penderita refluks lambung. Umumnya, mual yang mengarah pada masalah asam lambung tidak disertai dengan muntah. Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi alginic acid sesuai aturan pakai bahkan jika perlu mengonsultasikannnya terlebih dahulu ke doktetr. 

  1. Diare 

Masalah asam lambung yang berlebih dan tidak terkendali juga dapat mengganggu sistem pembuangan kotoran. Orang-orang yang mengalami refluks lambung bisa mendapati gejala buang air besar secara terus-menerus dengan tekstur yang cair atau dikenal sebagai diare. Jika diarenya tergolong ringan, Anda bisa mencoba mengonsumsi alginic acid untuk mengurangi gejala ini. Namun jika diare tergolong berat, lekaslah berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih spesifik. 

  1. Kram Perut  

Kram perut merupakan gejala masalah pencernaan yang biasanya disebabkan oleh gangguan di lapisan dinding perut. Asam lambung yang berlebih dan naik ke atas dapat menjadi pemicunya. Anda akan merasa nyeri parah dan otot yang terasa kaku serta tegang di sekitar perut ketika mengalami gejala ini. Cobalah kompres dengan air hangat dan Anda bisa mempertimbangkan mengonsumsi alginic acid untuk meredakan gejala menyakitkan ini. 

  1. Sembelit 

Banyak hal yang menjadi penyebab dan pemicu Anda sulit buang air besar, salah satunya karena GERD. Jika Anda sudah berhari-hari tidak buang air besar alias sembelit, Anda pun akan semakin merasa tidak nyaman di bagian perut hingga ulu hati. Anda bisa mengurangi gejala ini dengan mengonsumsi makanan kaya serat serta alginic acid untuk meredakan ketidaknyamanan di ulu hati. 

*** 

Alginic acid umumnya dijual bebas dan bisa Anda peroleh di mana saja. Namun, mengonsumsinya pun perlu kehati-hatian. Mengonsultasikan penggunaan alginic acid terlebih dahulu dengan dokter untuk mengurangi gejala masalah pencernaan Anda menjadi langkah yang lebih bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *