Obat Batuk Sirup untuk Batuk Berdahak dan Kering

obat batuk sirup

Batuk merupakan salah satu mekanisme tubuh Anda sebagai refleks atau respons jika ada zat asing yang mengiritasi tenggorokan atau saluran udara. Iritan atau zat asing tersebut akan merangsang saraf untuk mengirim pesan ke otak, kemudian otak akan memberi pesan kepada otot-otot di dada dan perut untuk mendorong keluar dari paru-paru agar zat iritan tersebut keluar dari tubuh. Batuk dapat dicegah dan diobati, salah satunya dengan menggunakan obat batuk sirup.

Batuk sesekali merupakan sesuatu yang normal dan sehat. Akan tetapi, jika batuk sudah berlangsung selama beberapa minggu bahkan mengeluarkan lendir yang berubah warna atau berdarah, maka hal ini dapat mengindikasikan suatu kondisi yang memerlukan perhatian medis.

Tak hanya itu, batuk juga dapat menjadi sangat parah. Batuk yang yang berkepanjangan dan parah dapat mengiritasi paru-paru yang menyebabkan lebih banyak batuk. Hal ini akan membuat tubuh lelah, sulit tidur, pusing bahkan pingsan, sakit kepala, muntah hingga tulang rusuk parah.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi batuk dengan mengonsumsi obat batuk sirup berikut, tentunya setelah berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

1. Hufallerzine Sirup

Obat batuk sirup dari Hufallerzine ini dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak yang disertai dengan alergi. Obat batuk ini mengandung promethazine HCl yang dapat mengobati gejala alergi, sedangkan kandungan guaifenesin bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak. 

Akan tetapi, obat batuk sirup ini memiliki efek samping seperti mengantuk, vertigo, telinga berdesir, kelelahan, insomnia, timbul persepsi bayangan ganda, penglihatan kabur, tremor, mual, dan muntah. Anda bisa mendapatkan obat batuk sirup Hufallerzine dengan harga Rp 6000 untuk kemasan isi 60 mL.

2. Woods Expectorant

Obat batuk sirup ini mengandung bromhexine HCl yang bersifat mucolytic atau untuk mengencerkan dahak. Selain itu obat Woods Expectorant juga mengandung guaiphenesin yang berfungsi untuk mengeluarkan dahak. 

Untuk menggunakannya pada anak-anak 6-12 tahun, konsumsi sebanyak 5 ml 3x sehari, sedangkan dewasa dan anak di atas 12 tahun sebanyak 10 ml 3x sehari. Obat ini juga memiliki efek samping seperti gangguan saluran pencernaan, dan efek yang jarang terjadi berupa alergi kulit dan mual. Anda bisa mendapatkan obat batuk sirup ini dengan harga Rp15.700 – Rp34.200.

3. Vicks Formula 44

Obat batuk sirup Vicks Formula 44 dapat digunakan untuk mengatasi batuk tidak berdahak atau kering yang disertai bersin-bersin karena alergi. Hal ini karena obat tersebut mengandung dekstrometorfan hidrobromida yang berfungsi untuk meredakan batuk kering sekaligus mengurangi frekuensi batuk. Obat batuk sirup Vicks Formula 44 juga dilengkapi dengan doksilamin suksinat sebagai antihistamin untuk meredakan reaksi alergi yang timbul seperti hidung tersumbat, pilek, dan bersin-bersin. Meski bermanfaat meredakan batuk kering, Anda sebaiknya tetap waspada terhadap efek samping obat yaitu gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sembelit, menyebabkan kantuk, serta pusing dan gelisah. Tak hanya itu saja, Vicks Formula 44 Sirup juga memberikan rasa hangat pada tenggorokan sehingga napas terasa lebih ringan. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 16.500 untuk kemasan ukuran 54 mL.

4. Siladex Mucolytic Expectorant

Obat batuk sirup Siladex memiliki manfaat untuk mengencerkan dahak sehingga mempermudah Anda untuk mengeluarkan dahak. Selain itu, obat batuk ini juga tanpa mengandung alkohol serta bebas gula sehingga aman untuk penderita diabetes, dan tidak menyebabkan kantuk.

Obat batuk sirup Siladex mengandung Bromhexine HCl serta Guaifenesin, dan tersedia dalam kemasan botol isi 30 mL, 60 mL, dan 100 mL. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 7.437 untuk kemasan botol isi 30 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *