Manfaat Labu Air Baik Untuk Asam Lambung Anda!

Memilih makanan untuk penderita asam lambung terkadang cukup membingungkan. Pasalnya, jika salah memilih makanan, produksi asam lambung dapat meningkat dan memperparah keluhan akibat penyakit asam lambung yang diderita. Salah satu makanan yang aman untuk asam lambung adalah labu air,manfaat labu air begitu banyak. Hal ini karena manfaat labu air salah satunya adalah menyehatkan pencernaan. 

Labu air merupakan buah dari tanaman rambat bernama ilmiah Lagenaria siceraria. Bentuknya lonjong dengan warna kulit hijau terang serta daging buah berwarna putih. Labu air yang telah dimasak biasanya memiliki rasa tawar atau menyerupai mentimun.

Labu air adalah bahan pangan rendah kalori dengan nutrisi yang beragam. Seratus gram labu air mengandung 3,8 gram karbohidrat, 0,6 gram protein, serta 0,2 gram lemak. Berkat kandungan airnya yang tinggi, sayuran ini hanya mengandung 19 kalori.

Konsumsi labu air turut memberikan tubuh Anda kalsium, fosfor, natrium, kalium, dan zat besi. Selain itu, labu air juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, serta C. Vitamin C pada 100 gram labu air bahkan sudah memenuhi 10 persen kebutuhan harian Anda.

Contoh makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung adalah cokelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah-buahan yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih. Simak informasi berikut, untuk mengetahui pilihan makanan yang baik untuk penderita penyakit asam lambung atau GERD.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi penderita asam lambung, untuk mencegah asam lambung naik selain labu air.

1.Oatmeal

Penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

2.Jahe

Rempah yang satu ini tidak saja memberikan rasa hangat dalam tubuh, tapi juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal ini karena kandungan antiradang di dalam jahe dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

3.Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental untuk mengolah masakan.

4.Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

5.Daging tanpa lemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, kemudian olah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

6.Pisang

Kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah pisang menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Tidak hanya itu, jantung pisang juga sangat kaya akan serat sehingga baik untuk mencegah terjadinya asam lambung. Selain pisang, buah lainnya, seperti pir, apel atau melon, juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

7.Roti

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Jadi jika Anda mengalami asam lambung, konsumsi labu air agar bisa mendapatkan manfaat labu air yang menyehatkan pencernaan. Jika bosan dengan labu air, Anda bisa mengonsumsi makanan di atas untuk mengatasi asam lambung yang terjadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *