Macam-Macam Produk Perawatan Wajah Pria dan Urutan Pemakaiannya


Attractive young man washing his face while standing in a modern bathroom in front of a mirror.

Siapa bilang perawatan wajah hanya perlu dilakukan oleh wanita? Sama seperti kulit wanita, kulit pria pun perlu dirawat dengan produk perawatan wajah pria. Hal ini penting demi memelihara kesehatan kulit pria untuk jangka panjang.

Saat ini, ada banyak produk perawatan kulit yang secara khusus ditujukan untuk pria. Produk jenis ini dilengkapi dengan kandungan yang sudah disesuaikan dengan kondisi kulit pria ada umumnya. 

Pilihan produk perawatan wajah pria

Ketika Anda akan memulai perawatan wajah pria untuk pertama kalinya, kenali dulu jenis-jenis produk yang Anda butuhkan. Produk ini cukup mudah untuk Anda dapatkan. Berikut produk-produk tersebut:

  • Sabun wajah

Sabuh wajah merupakan produk yang paling umum dan paling dasar. Anda perlu memiliki sabun yang secara khusus digunakan untuk mencuci wajah. Jangan membersihkan wajah menggunakan sabun yang sama dengan sabun untuk tubuh Anda. 

Carilah sabun wajah yang dikhususkan untuk pria. Pilih jenis sabun yang sesuai dengan kondisi kulit Anda, misalnya kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, kulit berminyak, atau kulit berjerawat. 

  • Pelembab

Pelembab atau moisturizer juga harus dimiliki oleh setiap pria. Biasanya, produk ini digunakan setelah Anda selesai mandi dan membersihkan wajah Anda dengan sabun. 

Beberapa jenis sabun wajah biasanya sudah dilengkapi dengan pelembab di dalamnya. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu lagi memakai pelembab. Sama seperti memilih sabun wajah, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis kulit Anda ketika akan memilih pelembab.

  • Tabir surya

Banyak pria yang meremehkan pentingnya menggunakan tabir surya. Padahal, baik pria maupun wanita sama-sama memerlukan produk perawatan wajah pria yang satu ini.

Tabir surya berperan penting dalam melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari berlebih. Ketika kulit terpapar terus menerus oleh sinar matahari, kulit menjadi rentan mengalami berbagai macam masalah, termasuk meningkatkan risiko terkena kanker kulit. 

  • Produk cukur

Pria tentunya memerlukan produk cukur dalam rangkaian perawatan wajahnya. Biasanya, salah satu kendala yang sering muncul ketika mencukur adalah luka yang tidak disengaja. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk cukur, seperti krim cukur. Produk ini bisa mengurangi risiko luka pada kulit akibat alat cukur. 

Urutan perawatan wajah pria

Sekarang, setelah memahami apa saja produk yang diperlukan, waktunya untuk mengetahui urutan yang benar dalam melakukan perawatan wajah pria. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Cuci wajah secara teratur menggunakan sabun khusus untuk wajah. Setidaknya, bersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari, sebelum beraktivitas di luar ruangan serta sebelum tidur. 
  2. Setelah mencuci wajah, waktunya untuk mencukur. Anda bebas mencukur area-area tumbuhnya rambut di wajah Anda sesuai keinginan. Gunakan produk cukur untuk melindungi kulit ketika mencukur.
  3. Gunakan pelembab sebagai langkah terakhir dalam perawatan wajah di malam hari. Oleskan pelembab secara merata ke seluruh wajah tanpa perlu dibilas. Gunakan juga pelembab di siang hari sebelum menggunakan tabir surya.
  4. Di pagi atau siang hari, tambahkan penggunaan tabir surya ke dalam urutan rangkaian perawatan wajah Anda. Bila tabir surya Anda sudah mengandung pelembab, maka Anda tidak perlu lagi memakai pelembab di siang hari. 

Ikuti langkah-langkah di atas agar bisa merawat wajah dengan baik. Gunakan produk perawatan wajah pria yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *