Lapibal 500 untuk Perawatan Anemia Megaloblastik

Anemia adalah sebuah gangguan darah di mana jumlah sel darah merah (RBC) lebih rendah dibandingkan dengan angka biasanya. RBC akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup RBC, jaringan dan organ tidak akan mendapatkan cukup oksigen. Ada banyak jenis anemia yang memiliki penyebab dan karakteristik yang berbeda. Anemia megaloblastic dikarakterisasikan dengan RBC yang lebih besar dibandingkan dengan biasanya, dan kekurangan RBC. 

Saat RBC tidak diproduksi dengan benar, hal ini dapat menyebabkan anemia megaloblastik. Karena sel darah merah terlalu besar, RBC tidak dapat keluar dari sumsum tulang belakang untuk masuk ke dalam aliran darah dan membawa oksigen. Lapibal 500 adalah obat yang biasa digunakan untuk merawat anemia megaloblastik. 

Anemia megaloblastik dapat diatasi menggunakan Lapibal 500. Ada dua penyebab utama kondisi ini, yaitu defisiensi akan vitamin B12 dan juga defisiensi folat. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk memproduksi RBC yang sehat. Ketika Anda kekurangan keduanya, hal ini akan memengaruhi komposisi RBC. Hal ini dapat menyebabkan sel yang tidak membagi diri dan reproduksi sebagaimana mestinya. 

  • Defisiensi vitamin B12. Vitamin B12 adalah sebuah nutrisi yang ditemukan di makanan dan minuman seperti hati domba, sapi, dan jenis daging lainnya; ikan sarden, tuna, dan ikan jenis lainnya; telur; susu; dan ragi bernutrisi yang difortifikasi. Beberapa orang juga tidak dapat menyerap cukup vitamin B12 dari diet mereka, menyebabkan anemia megaloblastik. Anemia megaloblastik yang disebabkan karena defisiensi vitamin B12 dikenal dengan nama anemia defisiensi vitamin B12. Sangat mungkin untuk mengembangkan anemia defisiensi vitamin B12 karena tidak cukup vitamin B12 dalam diet Anda. Mengingat vitamin B12 tidak ditemukan secara alami dalam produk nabati, defisiensi vitamin B12 cukup umum dijumpai terjadi pada orang-orang yang menganut gaya hidup vegetarian dan vegan. Anda juga bisa menderita anemia defisiensi vitamin B12 apabila Anda mengonsumsi obat-obatan yang mengurangi vitamin B12, contohnya penghambat pompa proton dan metformin. Memiliki jenis operasi tertentu, seperti operasi bariatric, dapat juga mengakibatkan ketidakmampuan tubuh dalam menyerap vitamin B12. 
  • Defisiensi folat. Folat adalah jenis nutrisi lain yang penting untuk perkembangan RBC yang sehat. Folat dapat ditemukan dalam makanan, seperti hati sapi, bayam, Brussel sprout, alpukat, dan juga jeruk. Folat sering disalahartikan sama dengan asam folat. Pada dasarnya, asam folat adalah bentuk artifisial dari folat. Anda bisa menemukan asam folat dalam suplemen dan makanan dan sereal yang difortifikasi. Diet Anda adalah faktor penting apakah Anda mendapatkan cukup folat atau tidak. Defisiensi folat juga dapat disebabkan karena penyalahgunaan alkohol, mengingat alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap folat dan asam folat. Ibu hamil berkemungkinan lebih tinggi dalam menderita defisiensi folat karena jumlah folat yang lebih tinggi dibutuhkan untuk mengembangkan janin. 

Minum Lapibal 500 jika Anda memiliki anemia megaloblastik. Gejala umum anemia megaloblastik yang sering dijumpai di antaranya adalah kelelahan. Selain itu, gejala dapat bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Gejala lain yang perlu diwaspadai di antaranya adalah sesak napas, kelemahan otot, kulit yang tampak lebih pucat dibandingkan dengan biasanya, lidah membengkak atau glossitis, turunnya berat badan atau hilangnya nafsu makan, diare, mual, detak jantung yang cepat, kesemutan di tangan dan kaki, dan juga mati rasa di tangan dan kaki. Dokter akan merekomendasikan tes diagnostik guna mengetahui penyebab kondisi yang diderita dan juga membuat rencana perawatan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *