Kutilos Juga Bisa Mengobati Mata Ikan


Mata ikan atau clavus adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan dapat timbul di bagian tubuh mana pun, namun paling sering terjadi pada tangan, kaki, dan jari. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengoleskan Kutilos

Kutilos Larutan berkhasiat untuk mengobati mata ikan, kapalan, kutil dan kulit yang mengeras, peradangan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan, kulit kering, menebal, bersisik karena penurunan kekebalan tubuh (psoriasis). Kutilos Larutan mengandung asam salisilat dan asam laktat yang dapat mengatasi permasalahan kulit yang infeksi, kering dan mengeras. Kutilos Larutan dapat digunakan menggunakan menuangkan ke kapas dan ditempelkan hanya pada daerah yang membutuhkan, lalu tutup dengan plester.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan dan gesekan penyebab mata ikan.

  • Pemakaian sepatu yang sempit, longgar, dan tidak nyaman
  • Berjalan atau berlari terlalu sering atau lama
  • Sering menggunakan perkakas atau alat musik dengan tangan
  • Tidak memakai kaus kaki atau menggunakan kaus kaki yang kurang pas saat mengenakan sepatu
  • Tidak mengenakan sarung tangan saat menggunakan alat yang membutuhkan gerakan atau tekanan berulang pada tangan

Selain akibat tekanan dan gesekan, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita mata ikan, yaitu

  • Memiliki kelainan bentuk jari, seperti hammertoe dan bunion
  • Memiliki kelainan bentuk tangan dan kaki, seperti taji tulang
  • Menderita obesitas
  • Memiliki kelainan kelenjar keringat
  • Memiliki bekas luka atau kutil

Mata ikan ditandai dengan penebalan, pengerasan, serta penonjolan berbentuk bulat pada kulit. Kulit juga dapat menjadi bersisik atau kering. Mata ikan juga disertai dengan peradangan dan rasa nyeri, terutama ketika ditekan.

Berdasarkan bentuk dan tempat timbulnya, mata ikan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu

  1. Mata ikan keras

Mata ikan keras merupakan jenis yang paling sering terjadi. Mata ikan ini timbul di bagian kulit yang langsung bersentuhan dengan tulang. Gejalanya berupa penumpukan kulit yang terasa keras dan memiliki inti di tengahnya.

  1. Mata ikan lunak

Mata ikan lunak terjadi pada bagian kulit yang lembab, seperti pada kulit di sela jari-jari. Mata ikan ini berwarna keputihan atau abu-abu, terasa halus, dan bertekstur kenyal.

  1. Mata ikan kecil

Mata ikan jenis ini berukuran lebih kecil dari jenis mata ikan lainnya. Mata ikan kecil biasanya muncul pada bagian bawah kaki. Meski berukuran lebih kecil, mata ikan jenis ini juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Di mana pun letaknya, mata ikan dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada saat berjalan. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata ikan.

  1. Memanfaatkan batu apung

Anda dapat mengatasi mata ikan di telapak kaki dengan memanfaatkan batu apung. Caranya mudah, agar kulit mata ikan menjadi lebih lunak, rendam kaki menggunakan air hangat. Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki menggunakan batu apung secara perlahan untuk mengikis kulitnya. Setelah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang terkikis agar kulit tetap lembap dan halus. Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin sampai mata ikan hilang.

  1. Menggunakan obat-obatan

Anda dapat membeli obat penghilang mata ikan di apotek. Ada juga penghilang mata ikan berupa plester yang ditempelkan langsung pada area mata ikan. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang bersifat panas dan mungkin dapat membakar kulit atau menyebabkan kulit kemerahan. Agar kulit tidak sampai terbakar, baca cara pakainya dengan benar. Jika timbul keluhan tersebut pada kulit, segera hentikan pemakaian dan kunjungi dokter.

  1. Mengonsumsi obat dengan resep dokter

Biasanya dokter akan merekomendasikan obat atau prosedur medis untuk membuang mata ikan. Dokter juga akan membantu mencari penyebab terjadinya mata ikan.

  1. Menggunakan antibiotik dengan rekomendasi dokter

Penggunaan antibiotik berfungsi untuk mencegah dan mengatasi infeksi pada penanganan mata ikan yang dilakukan sendiri.

Jadi, itulah cara bisa Anda lakukan jika mengalami mata ikan selain mengoleskan kutilos. Jika Anda mengalami mata ikan jangan panik terlebih dahulu. Cari tahu dahulu penyebab dan jenisnya agar tidak salah dalam mengambil tindakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *