Kenali Dampak Negatif Sinar Matahari Terhadap Kulit Wajah

sunscreen azarine

Sinar matahari sebenarnya merupakan vitamin natural yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak sekali manfaat baik yang dapat diberikan oleh sinar matahari mulai dari membantu menjaga kekebalan tubuh, membantu tubuh memproduksi vit D alami, serta mengatasi masalah kulit. 

Memang benar sinar alami matahari sangat baik bagi tubuh dan kulit, namun bukan hanya dampak positifnya saja yang harus diketahui, dampak negatif sinar matahari juga harus diketahui agar lebih bisa mengatasinya. Seberapa bahaya sebenarnya dampak negatif sinar matahari bagi tubuh terlebih kulit? Simak penjelasan berikut ini.

Sinar matahari mengandung UV

Selain mengandung vitamin D seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nyatanya sinar matahari mengandung sinar UV. Apa itu sinar UV? Sinar UV adalah bentuk radiasi gelombang yang dipancarkan oleh sinar matahari. Sebenarnya sinar ini tidak berbahaya bagi kulit jika kulit terlindungi dengan baik. 

Saat sinar UV terus-terusan terkena kulit, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Mulai dari kulit terbakar, kulit kasar, penuaan dini, noda hitam, serta kusam. Bahkan ada juga yang menyebut saat terlalu lama terkena sinar UV dapat menimbulkan penyakit berbahaya pada kulit.

1. Kulit terbakar

Terkena paparan sinar matahari yang terik dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit wajah terbakar. Cirinya adalah kulit wajah yang terasa panas dan perih yang disertai dengan kemerahan. 

2. Penuaan dini

Tanpa disadari, terlalu sering terkena sinar UV mampu menyebabkan kulit wajah menua sebelum waktunya. Kerutan dan keriput akan mudah terjadi, garis-garis pada wajah juga akan semakin terlihat. 

3. Muncul bintik hitam

Bintik hitam akan mudah timbul pada kulit wajah saat wajah terus menerus terkena sinar UV terlebih saat tidak dilindungi. Sinar UV akan memproduksi melanin yang berlebihan pada kulit wajah sehingga menyebabkan bintik hitam muncul ke permukaan kulit. 

4. Kusam 

Anda sering merasa tampilan wajah cenderung kusam dan tidak cerah? Bisa jadi ini salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Sebab saat kulit sering terkena sinar UV lapisan kulit akan mudah menebal dan cenderung terlihat kusam. 

5. Kanker kulit

Hal terparah yang dapat dihasilkan adalah kulit beresiko terkena kanker kulit. Hal ini bisa terjadi akibat sinar UV yang berhasil merusak sel-sel kulit. Sering bertambahnya intensitas sinar UV yang masuk dan berhasil merusak sel, semakin parah juga kondisi yang dapat ditimbulkan, salah satunya adalah kanker kulit.

Salah satu contoh kanker kulit yang bisa ditimbulkan adalah melanoma. Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit yang umumnya menyerang kalangan muda dengan rentang umur 15-29 tahun. Meski tak semua melanoma disebabkan dampak buruk sinar UV, namun seringnya terkena sinar matahari terutama saat anak-anak dinilai dapat berpengaruh dengan penyakit ini.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari berbagai dampak serta resiko sinar UV tersebut?

  • Rajin gunakan sunscreen setiap harinya

Penggunaan sunscreen pada kulit wajah akan memberikan proteksi atau perlindungan dari bahaya sinar UV. Minimal, kenakan SPF 30 saat Anda hendak beraktifitas diluar ruangan.

Untuk terus memberikan perlindungan pada kulit wajah, Anda dapat menggunakan sunscreen azarine ultra hydraglow SPF30 PA++. Di dalamnya terdapat kandungan kakadu plum australia, kolagen, ginseng korea, serta shea butter yang hanya melembabkan namun juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Beberapa manfaat lain yang juga ditawarkan oleh produk ini adalah mencerahkan kulit wajah, melembabkan dan menghaluskan, memperlambat penuaan dini, dan plusnya lagi dapat digunakan sebagai base makeup. Cukup oleskan sunscreen azarine ultra hydraglow secukupnya 30 menit sebelum beraktifitas diluar ruangan pada permukaan kulit wajah, kemudian pijat perlahan hingga produk meresap. 

  • Kenakan pelindung seperti payung atau topi

Saat harus beraktifitas dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama, Anda bisa gunakan payung atau topi untuk melindungi kulit wajah. Wajah akan sedikit terlindungi akibat kulit wajah yang tidak langsung terkena sinar matahari. Hal ini dinilai dapat meminimalisir dampak buruk dari sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Perlu diketahui, sinar matahari memang sangat baik bagi tubuh. Namun, saat kulit tidak dilindungi dengan baik hal inilah yang malah mampu memberikan dampak buruk pada kulit, terutama kulit wajah. Pastikan Anda selalu melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan dengan menggunakan sunscreen minimal 30 menit sebelum Anda beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *