Kebutuhan Kalori Per Hari Kurang, Ini Bahayanya

Memotong asupan kalori per hari menjadi jalan mayoritas yang dipilih orang untuk melakukan pengurangan badan. Namun baiknya ketika melakukan hal tersebut, Anda terlebih dahulu mempertimbangkan masak-masak mengenai risiko apabila kebutuhan kalori per hari dikurangi secara berlebihan.

kalori per hari

Ini kalori mengacu pada energi yang dimiliki seseorang untuk bisa melakukan beragam aktivitas fisik. Idealnya, kebutuhan kalori untuk laki-laki berada di kisaran 2.500 kalori per hari. Sementara kebutuhan kalori per hari untuk perempuan berada di kisaran 2.000 kalori. Selain jenis kelamin, kebutuhan kalori per hari juga bergantung pada beberapa faktor di bawah ini.

  • Usia

Orang-orang dengan usia produktif cenderung membutuhkan lebih banyak kalori harian.

  • Ukuran Badan

Tinggi dan berat badan juga berpengaruh pada kebutuhan kalori karena menentukan seberapat cepat Anda menggunakan energi.

  • Kegiatan

Apabila Anda semakin aktif dalam mobilitas dan berkegiatan harian, semakin banyak pula kebutuhan kalori per hari yang mesti dipenuhi.

  • Kondisi Badan

Sehat tidaknya badan Anda menentukan seberapa banyak kalori yang dibutuhkan per harinya. Ini karena kalori juga berguna untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Kebutuhan kalori per hari yang tidak terpenuhi akan membuat Anda tidak berenergi menjalani hari. Tidak hanya itu, risiko-risiko kesehatan juga mengintai tubuh Anda akibat tidak memadainya kebutuhan kalori yang Anda punya.

  1. Kelelahan Berlebih

Kebutuhan kalori per hari yang tidak terpenuhi agar membuat tubuh Anda tidak bisa menerima pasokan energi yang dibutuhkan. Anda pun akan lebih mudah merasa lelah, bahkan sangat lelah sehingga tidak mampu melakukan segala rencana aktivitas.

  • Malnutrisi

Kondisi malnutrisi kerap dijumpai pada orang-orang yang memilih menjalani pengurangan kalori untuk diet pengurangan berat badan. Ini khususnya terjadi pada orang-orang yang memilih diet tanpa mempertimbangkan keseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuh. Memilih diet ekstrem yang mengurangi kalori masuk sangat mudah membuat tubuh Anda kekurangan zat besi, folat, protein, juga vitamin B12.

  • Sembelit

Kebutuhan kalori per hari yang tidak terpenuhi dapat membuat Anda mengalami masalah pencernaan, khususnya berupa sembelit. Kondisi yang membuat Anda hanya bisa buang air besar kurang dari tiga kali seminggu ini terjadi karena kurangnya serat dalam tubuh karena asupan makanan yang sangat sedikit.

  • Mengurangi Kesuburan

Masalah kesuburan juga mengintai orang yang kerap mengalami kekurangan kalori harian. Pasalnya ketika Anda mengurangi jumlah asupan energi yang masuk ke tubuh, Anda risiko tubuh menjadi minim memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk kesuburan. Berdasarkan penelitian, kurangnya asupan kalori harian bisa mengurangi produksi hormon esterogen dan lutenizing. Padahal, kedua hormone ini diperlukan agar ovulasi pada perempuan dapat terjadi.

  • Masalah Batu Empedu

Sengaja mengurangi asupan energi untuk menyisihkan kebutuhan kalori per hari dapat berbuah serius dengan kemunculan batu empedu sebagai efek sampingnya. Kondisi ini terjadi karena ketika Anda terlalu banyak mengurangi kebutuhan kalori, hati akan mengeluarkan kolesterol ekstra yang berujung pada penumpukan dan pengkristalan kolesterol di empedu sehingga. Munculnya batu empedu ini akan menimbulkan beberapamasalah lain, mulai dari nyeri di tulang belakang, mual dan muntah, sampai gangguan pencernaan. 

  • Mudah Sakit

Ketika kebutuhan kalori per hari tidak terpenuhi, tubuh akan sulit memproduksi imunitas yang optimal. Anda pun akan lebih mudah sakit ketika melakukan aktivitas yang cukup berat. Anda juga akan mudah terserang bakteri dan virus, yang sebenarnya dapat ditangkal apabila imunitas Anda terjaga.

Mengurangi kebutuhan kalori harian sebenarnya sah-sah saja. Namun, ada syaratnya, yaitu harus dengan konsultasi terlebih dahulu kepada tim medis terpercaya. Apabila Anda asal mengurangi asupan kalori harian, bahaya-bahaya di atas mesti Anda hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *